ASUS ROG Gladius, Mouse Gaming untuk Gamer FPS Bertangan Kanan

WartaIptek.com - Dalam lini ROG dari ASUS, tak banyak seri gaming mouse yang tersedia, apalagi yang mengkhususkan diri pada genre game tertentu. Namun untuk mouse gaming ASUS ROG Gladius yang menyediakan 6 tombol untuk gamer bertangan kanan ini, cocok untuk genre FPS. Selain itu untuk desain bodinya diklaim pihak ASUS cocok untuk gamer yang bermain dalam style palm, claw dan fingertip. Berikut ulasannya.

Desain Bodi
Gladius memiliki finishing berwarna abu-abu tua pada bodinya yang bermaterial plastik. Saat dipegang, permukaannya terasa lembut. Permukaan semacam ini membantu mouse terasa dingin sehingga telapak tangan tidak mudah berkeringat. Di sisi kiri dan kanan, terdapat rubber grip berwarna hitam yang membuat ibu jari, jari manis dan kelingking menempel dengan nyaman di sisinya selagi bertugas menggerakkan mouse. Walau material yang digunakan adalah plastik, tapi bodinya terasa solid seperti produk ROG lainnya.

Bentuknya juga didesain seoptimal mungkin sehingga menawarkan kenyamanan urrtuk berbagai genggaman yang gamer gunakan. Untuk gamer dengan style palm misalnya, ibu jari, telunjuk dan jari tengah dapat langsung beristirahat dengan nyaman di bodi mouse. Terlebih dengan permukaan klik kiri dan kanan yang cekung mengikuti jari. Untuk jari manis dan kelingking memang tidak tersedia "sayap" sebagai area istirahat, namun rubber grip yang ada di sisi kanan masih terasa nyaman dan dapat membantu jari untuk melakukan kontrol gerakan mouse. Bobot Gladius adalah 116 gram tanpa opsi pengaturan berat melalui pemberat sehingga bagi beberapa gamer mouse ini terasa cukup berat. Tapi sebagian orang justru merasa nyaman karena mantap di tangan.

Dibekali Switch Omron
Di sisi depan, dapat ditemukan sebuah port microUSB karena kabel USB yang ada bisa dilepas untuk meningkatkan sisi ketahanan. ASUS pun menyediakan 2 buah kabel dengan panjang 2 meter yang memiliki kabel braided serta panjang 1 meter yang menggunakan lapisan karet. Tak perlu cemas kabel USB terlepas dari port microUSB karena terdapat mekanisme pengunci yang harus diakses terlebih dahulu untuk melepas kabel. Tersedia juga sebuah travel pouch untuk menyimpan mouse ini saat bepergian.

Tombol klik kiri dan kanan memiliki dasar switch Omron yang terpisah dari bodi utama untuk meningkatkan respon. Switch Omron ini memiliki daya tahan hingga 20 juta klik. Menariknya terdapat sepasang switch yang tersedia dalam paket penjualan sebagai cadangan. Di sisi kiri bodi terdapat sepasang tombol yang dapat diakses ibu jari. Lalu diapit kedua tombol klik, terdapat scroll whell yang dilapisi dengan bahan karet dengan kontrol yang nyaman berkat ALPS encoder. Terakhir adalah tombol switch DPI untuk berganti antar 2 tingkat DPI yang dapat diprogram. Hanya saja sebagai sebuah mouse yang ditujukan untuk game FPS, tak tersedia tombol Sniper Mode seperti pada Logitech G402 dan Corsair Vengeance M65.

Aplikasi Bawaan dan Performa
Untuk memprograrn tombol yang ada di Gladius, dibutuhkan aplikasi ROG Armoury. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi firmware dari Gladius, dan menyediakan update jika tersedia.

Sama seperti aplikasi bawaan mouse gaming lainnya, ROG Armoury diciptakan dengan konsep profile. Memory built-in pada Gladius memungkinkan Anda untuk menyimpan sebuah profile dalam satu waktu dan tentunya Anda dapat membuat profile lainnya untuk disimpan pada PC. Sayangnya tidak terdapat fitur otomatis untuk berganti profile mengartikan Anda harus membuka aplikasi dan mengaplikasi profile baru secara manual tiap kali ingin mengubahnya. Sehingga jika Anda ingin berganti profile secara cepat di dalam game, Gladius tidak cocok.

Pengaturan yang tersedia dapat digunakan dengan cepat. Menu yang ada juga mudah diakses, dengan daftar berisi profile yang selalu terlihat jelas sehingga Anda dapat mengeditnya dengan mudah. Mengaplikasikannya ke mouse pun bisa dilakukan dengan cepat menggunakan metoda drag and drop. Berbagai profile dan macro dapat disimpan dan di-share dengan teman.

Total 6 tombol yang ada di bodi mouse dapat diprogram dan diubah fungsinya. Terdapat beberapa fungsi dasar Windows yang tersedia, seperti menutup aplikasi, menampilkan desktop, cut, copy, paste dan undo. Bahkan Anda dapat menonaktifkan tombol jika ingin. Tentunya Anda juga dapat mengaplikasikan macro yang telah disimpan sebelumnya.

Pada tab Performance, tersedia pengaturan tingkat DPI antara 50 hingga 6.400 dalam interval 50 DPI. Lalu pada tab Lighting, Anda dapat mengatur bagaimana LED berpendar di 3 area, yakni scroll wheel, switch DPI dan logo ASUS ROG.

Soal performa, mouse ini dapat berjalan lancar dalam berbagai tingkatan DPI. Anda dapat merasa nyaman menggunakannya dalam desktop atau game. Tetapi tentunya karena menggunakan sensor optical, mouse ini tak dapat berjalan dalam semua permukaan, dan disarankan untuk menggunakan mousepad. Soal harga ASUS ROG Gladius sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan mouse gaming FPS lainnya, seperti Corsair Vengeance M65 atau Logitech G402.

Spesifikasi:
Teknologi Konektivitas : Kabel
Tracking: Optical
Dukungan OS: Windows 10, Windoww 8.1, Windows 7
Dimensi: 126 x 67 x 45 mm
Berat: 116 g
Warna: Steel Grey 
Resolusi: 6400dpi
Harga: Rp 785.000

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :