Info Baru
Loading...

Mengenal Jeroan PC (Komputer) Rakitan

WartaIPTEK.com - Anda pasti pernah jalan ke sentra-sentra penjualan PC (komputer), terus menemukan flyer yang ditempel di gerai-gerainya yang tulisannya heboh, seperti "paket super murah", "khusus gamers", atau "paket deluxe". Eniwei, harga yang ditawarkan bakalan bikin kita kesengsem, soalnya dibanding beli PC branded, tabungan kita tidak bakalan kekuras banyak. Tapi jangan salah. Kalau Anda tak ingin kecele dengan paket PC rakitan itu, milihlah sesuai pepatah: teliti sebelum membeli.

Sebuah PC rakitan biasanya terdiri dari Central Processing Unit (CPU), monitor, dan kibor+mouse. Yang disebut paling awal mempunyai beberapa komponen (baca: peripheral) sendiri-sendiri yang bisa di-customized sesuai keinginan Anda. Apa saja sih jeroan umum CPU rakitan? Kita kenalan saja yuk!

PC Rakitan - © www.pcbranded.com

Prosesor

Prosesor adalah otak dari sebuah PC. Ukuran kecepatannya menunjukkan kadar kecerdasan PC. Makin kenceng, makin cerdas. Kecepatannya diukur lewat satuan Giga Hertz (giga). Makin tinggi ukuranny, makin cepat kinerjanya.

Ada dua macam prosesor yang banyak ditemui di pasaran: Intel dan AMD. Intel biasanya dipilih buat kinerja software yang berat, dan harganya lebih mahal. AMD biasa dipilih buat penggunaan grafis atau game. Di pasaran dewasa ini, prosesor Intel Pentium 4 1,8 GHz sampai 3,2 GHz atau Pentium Dual Core 2,2 GHz hingga 3,2 GHz mudah kita dapatkan. Khusus AMD, Athlon 1,8 GHz sampe Barthon 3,2 GHz jadi pilihan kebanyakan pelajardan mahasiswa.

Mainboard

Banyak pengamat bilang, investasilah pada mainboard saat hendak merakit PC. Yap, soalnya mainboard jadi tempat lalu lintas data saat PC beroperasi. Makin handal kinerja mainboard, makin jarang juga data-data kita "macet". Pilih mainboard setelah Anda pilih prosesor, soalnya Intel dan AMD harus kompatibel sama mainboard-nya masing-masing.

Random Access Memory (RAM) 

Yang ini fungsinya jadi short term memory atau pengingat sementara berbagai perintah yang dijalankan. Makin besar ukurannya, ruangnya semakin lega, jadi lebih banyak perintah yang bisa disimpan sekaligus. Kalau ukurannya pas-pasan, kinerja PC bakal lemot.

Buat Microsoft Windows 7 diperlukan standar minimal RAM 1 GB untuk Windows 7 32-bit atau RAM 2 GB untuk Windows 7 64-bit. Cuma, Anda disarankan memakai RAM minirnal 4 GB supaya tidak keberatan waktu kita membuka MS Word, Photoshop dan winamp sekaligus atau multitasking. Khusus gamers, mending memakai 4 GB ke atas, biar nantinya langkah jagoan Anda tidak patah-patah waktu mau nembak musuh.

Penjual biasanya memberi tiga tawaran: SDRAM, DDRAM, atau RDRAM. Meskipun kinerjanya tergolong "menengah", DDRAM jadi primadona pengguna PC rakitan saat ini. Selain itu, umumnya mainboard support dengan jenis yang satu ini.

Kartu Grafis

Sering juga disebut VGA card. Fungsinya untuk memperlihatkan tampilan grafis di monitor kita. Makin besar ukurannya, makin detil tampilannya. Kalau Anda amatin, ukuran 32, 64, sampe 128 MB sudah banyak kita temukan di pasaran. Coba pilih yang "DDR" dan ber-AGP 8x, dijamin Anda bakalan puas main game.

Anda yang memakai PC seringnva MS-Word saja, mendingan pilih mainboard yang sudah menyediakan kartu grafis on board, alias sudah nempel duluan. Konsekuensinya RAM Anda dicomot. Misal, kalau Anda memakai kartu grafis on board yang memorinya 32 MB. RAM Anda yang sudah nempel "dicuri" sebesar 32 MB untuk pemakaian kartu grafis tadi. Tapi, dengan begini, budget kita bisa dipangkas dan dialokasikan buat peripheral yang lain. 

Kartu Suara

Yang ini nih, gunanya biar PC Anda bisa bunyi. Kalau cuman butuh suara buat game, setel film, tau winamp doang, pilih kartu suara yang sudah on board di mainboard-nya. Kecuali kalau kita tertarik sama musik digital, pilih sound card yang lebih "wah" biar demo Anda makin bening.

Hard Disk

Fungsinya gudang data semua file-file Anda. Makin besar kapasitasnya, makin lega ruang buat menyimpan file-file tadi. Anggap saja peripheral ini gudang di rumah Anda, dan file-file jadi barang-barang yang disimpan. Makin gede ruang gudang, makin banyak barang yang bisa disimpan 'kan? Luas "gudang" ini juga diukur dengan satuan giga. Ukuran 20,40, 80,120, 230, 350, 500 giga sudah umum dijual.

Hal lain yang patut jadi pertimbangan adalah soal merk dari masing-masing peripheral ini. Jangan kejebak dengan harga-harga yang murah, mendingan kita browsing buat tambah-tambah info. Sudah begitu, waktu membeli jangan lupa tanyakan soal garansi kepada penjual. Kalau sudah dapat PC rakitan, jangan dipakai buat nge-game terus, nanti kelupaan belajar.

0 Response to "Mengenal Jeroan PC (Komputer) Rakitan"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.