Orang Pertama Mengerjakan Shalat

WartaIPTEK.com - Apakah Anda pernah mendengar kisah orang pertama yang mengerjakan shalat lima waktu? Rasulullah merupakan nabi terakhir yang diutus Allah SWT untuk membimbing manusia ke arah jalan kebenaran. Tidak seperti umat terdahulu, umat Rasulullah telah diperintahkan agar mengerjakan shalat lima waktu tiap hari. Hal ini merupakan kelebihan dan anugerah Allah terhadap umat Nabi Muhammad saw. Namun, siapakah orang yang pertama kali melaksanakan perintah shalat lima waktu?

Orang yang pertama mengerjakan shalat Subuh ialah Nabi Adam, yakni saat ia keluar dari surga dan diturunkan ke bumi. Hal pertama yang dilihat Adam yakni kegelapan sehingga keadaan ini sangat menakutkan. Jika Subuh telah tiba, Adam shalat dua rakaat. 


Orang yang pertama mengerjakan shalat Zuhur ialah Nabi Ibrahim yakni saat ia diperintahkan Allah menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Perintah shalat itu pada waktu tergelincir matahari, lalu sujudlah Ibrahim sebanyak empat rakaat.

Orang yang pertama mengerjakan shalat Asar yakni Nabi Yunus saat ia dikeluarkan Allah dari perut ikan nun (sejenis ikan paus). Ketika ikan itu memuntahkan Yunus di tepi pantai, saat itu sudah masuk waktu Asar. Yunus shalat empat rakaat sebab telah diselamatkan Allah dari empat kegelapan.

Orang yang pertama mengerjakan shalat Magrib yakni Nabi Isa saat ia diselamatkan Allah dari kejahilan dan kebodohan umatnya. Kejadian itu terjadi saat matahari sudah terbenam. Bersyukurlah Isa, lalu mendirikan shalat tiga rakaat sebab selamat dari kejahilan tersebut.

Orang yang pertama mengerjakan shalat Isya yakni Nabi Musa saat ia berdukacita dan diselamatkan Allah dari kesesatan jalan di negeri Madyan. Allah mencabut perasaan dukacita Musa itu pada waktu Isya yang akhir. Kemudian, shalatlah Nabi Musa empat rakaat sebagai tanda bersyukur.

0 Response to "Orang Pertama Mengerjakan Shalat"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.