Info Baru
Loading...

Cara Mencari dan Menghapus File Berukuran Besar Tersembunyi

WartaIPTEK.com - Semakin banyak aplikasi yang Anda instal dan data yang disimpan di gadget, tentunya semakin sesak kapasitas dari memory internal serta eksternal. Solusinya adalah menguninstal aplikasi tak terpakai atau menghapus foto serta file lainnya yang ada di SD card.

Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja dilakukan, namun sebenarnya tak sepenuhnya tuntas karena masih ada file berukuran besar yang tersembunyi di dalam direktori memory. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi bernama FileHog. Aplikasi ini dapat memindai gadget dan mencari file berukuran besar yang tak terpakai, berikut menawarkan opsi penghapusan.



Cara Mencari dan Menghapus File Berukuran Besar Tersembunyi

Saat pertama kali dijalankan, FileHog akan langsung melakukan proses pemindaian. Oleh karena itu tunggu sejenak hingga prosesnya selesai. Jika sudah, maka daftar file akan ditampilkan sesuai dari ukurannya, dari yang terbesar ke yang terkecil (atas ke bawah). 

Anda dapat secara cepat mencari file yang akan dihapus berdasarkan kategori. Sapukan layar dari sisi kiri ke tengah untuk menampilkan panel di samping kiri. Di dalamnya terdapat kategori seperti External, Pictures, Movies, Music dan Download. Biasanya file yang memiliki ukuran besar disimpan di dalam memory eksternal, oleh karena itu default opsi yang aktif adalah External. 

Di sini Anda dapat menambahkan direktori (folder) secara manual sehingga FileHog akan menampilkan semua file yang ada di dalamnya. Caranya tampilkan panel di kiri lalu tap Settings. Tap ikon"+" di sudut kanan bawah. 

Pilih folder yang terdapat di memory eksternal yang tentunya di dalamnya terdapat potensi file-file berukuran besar. Tap tombol Add untuk menambahkan. Jika sudah maka folder yang telah Anda pilih akan ditampilkan di halaman Directory Settings. 

Kembali ke menu dengan menekan ikon tanda panah di sudut kiri atas. Tampilkan kembali panel di sisi kiri, lalu pilih folder yang telah ditambahkan. Untuk menghapus file, langsung saja tap file yang diinginkan. Muncul sebuah jendela, dan Anda dapat mengecek file dengan menekan tombol View. Jika sudah yakin menghapusnya, tap tombol Delete. 

Demikianlah cara mencari dan menghapus file berukuran besar tersembunyi dengan bantuan aplikasi FileHog yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

0 Response to "Cara Mencari dan Menghapus File Berukuran Besar Tersembunyi"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.