Info Baru
Loading...

Gak cuma Bikin Berat Badan Turun, 6 Penyakit ini Juga Bisa diatasi dengan Diet

WartaIPTEK.com - Diet selalu dikaitkan dengan cara menurunkan berat badan, tapi apa kamu tahu bahwa ada manfaat lain dari diet? Yang banyak diketahui selain bisa menurunkan berat badan diet juga membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Hal ini secara tidak langsung bisa mencegah bahkan mengatasi penyakit yang ada di dalam tubuh kamu. Asupan nutrisi dan gizi yang tepat membuat sistem kekebalan tubuh kamu semakin baik dan imun yang ada bisa membasmi penyakit. Apalagi untuk kamu yang masih remaja, cara diet remaja yang baik harus dilakukan agar tidak menganggu tumbuh kembang kamu ya.

Mengurangi porsi kalori makan saat diet sudah menjadi hal wajib yang kamu jalani, tapi diet tidak selalu hanya membatasi jumlah kalori suatu makanan loh. Cukup menjaga pola makan yang sehat dan memilah makanan yang bermanfaat tanpa mengurangi asupan yang dibutuhkan tubuh adalah cara yang tepat. Lalu penyakit apa saja ya yang bisa diatasi dengan kita melakukan program diet, berikut beberapa penjelasannya.


Penyakit Mulut
Saat kamu diare, demam tinggi atau keracunan makanan pasti akan mengalami mulut kering. Kondisi seperti ini tentu membuat tidak nyaman, mulut kamu bisa terluka atau akan merasakan rasa sakit ketika menelan makanan. Untuk menanggulanginya kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang biasa digunakan saat diet, makan sup dilengkapi dengan minum air yang sudah dicampur irisan jeruk lemon merupakan pilihan tepat. Makanan dan minuman tersebut baik untuk menghidrasi tubuh kamu seperti semula.

Metabolisme Tubuh Menurun
Tubuh mulai terasa mudah terserang penyakit merupakan tanda sistem metabolisme kamu sudah menurun. Sistem metabolisme dalam tubuh memiliki peran yang cukup penting seperti mempromosikan anabolisme, memecah nutrisi, dan mengasimilasi nutrisi. Ada baiknya kamu mulai mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat seimbang yang diperlukan tubuh dan bisa mengembalikan kekebalan tubuh kamu. Agar tidak salah kamu perlu memilih jenis karbohidrat yang baik dan mengonsumsi dengan bijak.

Kehilangan Nafsu Makan
Kehilangan nafsu makan pasti kamu alami saat sakit ya. Kerja sistem pencernaan juga akan menurun sehingga makanan yang dicerna akan lama dan tidak maksimal. Kalau kamu mengalami hal tersebut sebaiknya kurangi jumlah porsi makan. Makan lah dengan porsi kecil serta pilihlah menu makanan yang halus dan mudah diserap oleh tubuh.

Asam Lambung Meningkat
Buat kamu yang memiliki penyakit maag tentu sering mengalami hal ini bukan? Sistem pencernaan yang tidak baik, dehidrasi dan hilangnya keseimbangan elektrolit dalam tubuh membuat asam lambung meningkat. Jika sudah seperti ini pastilah kamu akan sulit beraktivitas. Agar hal ini bisa teratasi baiknya hindari makanan yang bersifat pedas, dan konsumsi makanan yang lunak.

Mual-Mual
Rasa mual biasa datang ketika kita mabuk darat atau masuk angin, tapi mual juga bisa terjadi saat kamu sedang mengonsumsi obat-obatan. Untuk menghilangkan rasa mual kamu bisa makan kismis. Kismis bisa memberikan tambahan energi dari zat gula yang ada didalamnya. Selain itu kismis juga mengandung serat larut yang menyehatkan pencernaan.

Sembelit
Penyakit yang satu ini bisa menyerang kamu kapan saja, sembelit bisa terjadi karena dehidrasi, masa kehamilan, kurang berolahraga, stress, konsumsi serat yang tidak seimbang dan banyak lagi lainnya. Mengatasi sembelit kamu bisa melakukan diet khusus dengan mengonsumsi buah, sayur dan gandum. Jenis makanan tersebut sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan karena kaya akan serat didalamnya.

Jangan selalu berpikiran bahwa diet hanya untuk menurunkan berat badan saja, karena pada intinya diet adalah untuk melatih diri agar bisa menjaga pola hidup yang sehat. Jadi, dari pada harus menghindari makanan-makanan tertentu, alangkah baiknya kamu mengurangi konsumsi dari porsi sehari-hari karena tubuh tetap harus mendapatkan asupan yang seimbang. Nah sekarang kamu sudah tahukan bahwa diet tidak hanya untuk melangsingkan tubuh tapi juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berlatih hidup sehat mulai dari sekarang yuk! Mau tips lain seputar cara diet remaja yang baik dan sehat? Baca terus website ini ya.

0 Response to "Gak cuma Bikin Berat Badan Turun, 6 Penyakit ini Juga Bisa diatasi dengan Diet"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.