iklan space 728x90px

TP-LINK CPE220 VS TOTOLINK CP300, Mana Nih yang Lebih Baik?


WartaIptek.com - Kadang kita membutuhkan sebuah router outdoor untuk memperluas WiFi atau untuk sebagai pemancar WiFi dan bahkan kita bisa gunakan untuk nembak WiFi tetangga. Nah untuk mendapatkan hasil yang bagus sering kita bingung memilih router outdoor yang akan kita gunakan.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membandingkan untuk jenis router outdoor yang satu dari TP-Link dan yang satunya lagi dari Totolink. Kita akan coba bandingkan router TP-Link Pharos CPE 220 dan router Totolink CP300.

Perbandingan TP-Link CPE220 dan Totolink CP300

Di sini kita akan mencoba membandingkan dua jenis router ini mulai dari harga router, model router, spesifikasi router, fitur operation mode pada router, cara setting router dan juga perbandingan untuk kualitas sinyal WiFi. Dengan melakukan beberapa perbandingan ini kita bisa menyimpulkan akan membeli router yang mana untuk kita gunakan.

Harga
Oya, untuk yang pertama kita akan coba bandingkan dari segi harga router. Harga router TP-Link Pharos CPE 220 ini cukup mahal di kisaran harga Rp500 ribuan hingga Rp700 ribuan. Sedangkan untuk router Totolink CP300 ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp350.000 sampai Rp450.000. Ini bisa kita simpulkan bahwa router Totolink CP300 ini lebih murah dibandingkan dengan router TP-Link Pharos CPE220. 

Model
Untuk yang kedua kita akan coba bandingkan dari segi model dari kedua router ini. Model dari kedua router ini ini bentuknya hampir sama. Yakni berbentuk kotak memanjang dengan warna putih. Bentuk model braketnya agak berbeda untuk bracket dari router TP-Link CPE220. Modelnya lebih bagus. Adapun untuk kualitas material dari kedua router ini, material yang digunakan pada router TP-Link CPE220 terlihat lebih bagus dibandingkan material yang digunakan pada router Totolink CP300. Nah dari segi model dan juga material yang digunakan pada router masih lebih bagus router TP-Link CPE220 dibandingkan router Totolink CP300.

Spesifikasi
Ketiga kita akan coba bandingkan dari segi spesifikasi router. Spesifikasi dari kedua router ini ini sebenarnya hampir mirip, tetapi pasti berbeda karena dari 2 merek yang berbeda. Router TP-Link CPE220 menggunakan Qualcomm Atheros 560 MHz 12 dbi 2x2 dual polaris directional MIMO antena. Untuk interfacenya ini ada dua port LAN. Satu untuk POE dan satu lagi untuk LAN. Ada reset dan juga ada grounding terminal. Wireless yang digunakan ini menggunakan frekuensi 2,4 GHz.

Sementara itu spesifikasi dari router Totolink CP300 untuk CPU ini tidak ada informasinya. Router ini menggunakan Flash dbi 2x2 dual polaris antena. Jadi untuk antenanya ini belum mengusung teknologi MIMO. Untuk interfacenya, ada satu port ethernet LAN yang sudah support POE, ada juga tombol reset. Wireless yang digunakan ternyata menggunakan frekuensi di jaringan 2,4 GHz. 

Hasil perbandingan spesifikasi dari kedua router ini bisa kita simpulkan bahwa spesifikasi dari router TP-Link CPE 220 ini lebih lengkap. Spesifikasinya router TP-Link CPE220 lebih bagus dibandingkan dengan router Totolink CP300.

Operation Mode/Mode Operasi
Keempat kita akan membandingkan fitur operation mode. Router TP-Link CPE220 memiliki 6 mode yang bisa kita gunakan. Ada mode access point, mode client, mode repeater, mode bridge, mode AP router dan yang terakhir mode WISP. Sementara itu router Totolink CP300 hanya memiliki empat mode yang bisa kita gunakan. Ada mode repeater, ada mode access point, ada mode WISP, dan yang terakhir mode client. Hasil perbandingan dari fitur operation mode, router TP-Link CPE220 memiliki lebih banyak mode dengan 6 operation mode yang bisa kita gunakan.

Cara Setting
Kelima kita akan membandingkan untuk cara setting kedua router ini. Cara setting dari router TP-Link CPE220 dan router Totolink CP300 ini sama. Kita bisa menggunakan jalur kabel LAN, menggunakan port ethernet LAN pada POE. Kita setting IP address secara statik. Untuk router TP-Link CPE220 kita menggunakan Network 192.168.0.0 + 24, sedangkan untuk router Totolink CP300 menggunakan Network 192.168.1.0 + 24.

Sementara itu untuk mengakses ke web management dari router TP-Link CPE220 menggunakan IP address 192.168.0.254. Sedang untuk router Totolink CP300 menggunakan IP address 192.168.1.1. Dari hasil pengujian untuk cara setting dan cara mengakses ke web manajemen ini caranya sama. Namun untuk cara settingnya ini lebih mudah router TP-Link CPE220, cukup sekali reboot, maka router TP-Link CPE220 akan langsung tersetting.

Kualitas
Perbandingan yang terakhir ini kita akan membandingkan dari segi kualitasnya. Untuk pengujian kualitas sinyal pada router TP-Link CPE220 dan router Totolink CP300 ini sumber internetnya menggunakan modem Orbit dengan kartu Orbit. Kecepatan internet yang didapat berada di kisaran 20-30 Mbps. Hasil perbandingan kualitas sinyal dari router TP-Link dan juga router Totolink. Hasilnya lebih bagus router TP-Link CPE220. Sedangkan untuk kecepatan internet yang didapat ini lebih bagus router Totolink CP300.

Demikianlah tadi kita telah membandingkan dua jenis router outdoor yaitu router TP-Link CPE220 dengan router Totolink CP300. Kita bisa tarik kesimpulan bahwa router TP-Link ini lebih unggul mulai dari model, spesifikasi dan cara setting. Sedangkan untuk router Totolink CP300 ini lebih unggul di sisi harga dan juga kualitasnya. Untuk harganya ini lebih murah, tetapi untuk kualitas sinyalnya ini lebih bagus.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "TP-LINK CPE220 VS TOTOLINK CP300, Mana Nih yang Lebih Baik?"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.