iklan space 728x90px

Wireless Outdoor Totolink CP350 VS Totolink CP300, Bagusan yang Mana?


WartaIptek.com
- Kali ini kita akan coba mengulas perangkat nirkabel outdoor yaitu Totolink CP350 dan Totolink CP300. Kedua perangkat outdoor untuk jaringan internet ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk kita bandingkan!

Baik, kita mulai saja untuk membandingkan kedua perangkat outdoor ini yang pertama yaitu dari segi harga. Totolink CP350 ini memiliki harga Rp370.000-an di online shop. Sedangkan untuk Totolink CP300 ini memiliki harga Rp400.000-an lebih di online shop.

Selanjutnya adalah mode kedua perangkat outdoor. Totolink CP350 dan Totolink CP300 ini sama-sama memiliki 4 buah mode. Pertama mode client, yang kedua mode access point, yang 3 mode extender atau repeater dan keempat mode client.

Kemudian dari segi fitur. Totolink CP350 memiliki kelebihan yaitu bisa direset dari bawah karena di adaptor yang sekaligus POE sudah terdapat tombol reset supaya CP350 ini bisa kita reset dari bawah tentunya jika kita ingin melakukan konfigurasi ulang. Akan tetapi untuk CP300 ini tidak memiliki tombol reset di POE-nya sehingga kemungkinan besar kita tidak bisa meresetnya dari bawah otomatis. Untuk itu kita harus menurunkan CP300 ini dari tiang untuk meresetnya karena tidak memiliki tombol reset di POE-nya.

Fitur selanjutnya yang akan dibahas adalah Totolink CP350 bisa kita buat atau bisa kita rangkai atau rakit menjadi POE untuk client yang lain atau router yang lain. Artinya CP350 ini bisa menghidupkan perangkat lain milik kita dengan rangkaian atau dengan pengkabelan POE. Adaptor dari Totolink CP350 ini bisa menghidupkan perangkat CP300 misalnya melalui lubang LAN yang ada di belakang CP350. Pasalnya adaptor dari CP350 ini sudah dibekali dengan output DC sebesar 24 volt. Jadi 12 volt untuk CP350 dan 12 volt lagi untuk CP300. Sementara itu pada CP300 tidak bisa dibuat rangkaian POE sehingga CP300 hanya bisa untuk menghidupi dia sendiri.

Berikutnya dari segi antena. Totolink CP350 sudah dibekali dengan antena 12 dbi artinya sinyal WiFi yang keluar dari CP350 ini agak sedikit melebar. Sehingga kemungkinan besar tidak mampu menyebarkan sinyal WiFi agak jauh. Sedangkan untuk Totolink CP300 ini sudah dibekali dengan antena internal 2x11 dbi sehingga CP300 mampu melontarkan sinyal WiFi cukup jauh dan langsung ke HP. 

Nah untuk point to point di sini diklaim bahwa CP350 ini bisa kita buat jaringan point to point dengan jarak kurang lebih 3 km. Sedangkan untuk Totolink CP300 mampu membuat jaringan point to point hingga 4 atau 5 km. Mengapa wireless outdoor ini memiliki daya pancar WiFi lebih jauh karena CP300 ini memiliki antena 11 dbi. 

Kemudian untuk fitur lainnya. Totolink CP300 sudah dilengkapi dengan bandwidth control yang bisa kita langsung aktifkan pada saat kita membuat CP300 sebagai access point WiFi. Bandwidth control berguna untuk membagi kecepatan internet supaya trafik internet menjadi stabil. Sedangkan di Totolink CP350 ini tidak memiliki yang namanya bandwidth control.

Dari segi channel. Channel yang dimiliki oleh kedua perangkat ini, Totolink CP350 dan Totolink CP300, sama-sama memiliki channel dari 1 sampai 13 channel. Kita bisa menyesuaikan supaya tidak terjadi interferensi atau konflik sehingga tidak tumpang tindih atau terjadi pergesekan antara sinyal WiFi yang ada di sekitar kedua perangkat ini.

Untuk bandwidth, Totolink CP350 sudah dilengkapi dengan bandwidth 20 MHz dan 40 MHz sama juga dengan Totolink CP300 ini sudah dibekali frekuensi 20 MHz dan 40 MHz. Sementara itu untuk kestabilan internet, lebih stabil CP300 ini daripada CP350.

Totolink CP350 bisa juga digunakan sebagai pemancar atau antena hotspot untuk memperluas sinyal WiFi. Begitu juga dengan Totolink CP300 ini bisa kita gunakan untuk memperluas sinyal WiFi hotspot.

Selanjutnya dari segi fitur koneksi internet yang bisa kita pakai. Pada Totolink CP300 sudah support koneksi internet seperti DHCP, IP statik, PPPoE dan bisa kita memasang akun VPN, PPDB atau L2DP. Sedangkan untuk CP350 tidak ada fitur tersebut.

Kedua perangkat ini, baik CP350 dan CP300 bekerja di frekuensi 2,4 GHz. Kedua perangkat ini bisa diterima oleh semua jenis HP, baik HP jadul maupun HP keluaran sekarang.

Kedua body dari perangkat wireless outdoor bikinan Totolink ini sudah anti-air. Perangkat jaringan ini memang dirancang khusus untuk dipasang di luar ruangan dan sama-sama memiliki kecepatan total yaitu 300 Mbps.

Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun lebih rekomended Totolink CP300 karena memiliki banyak sekali fitur untuk jaringan WiFi, baik RT RW Net atau untuk WiFi rumahan. 


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Wireless Outdoor Totolink CP350 VS Totolink CP300, Bagusan yang Mana?"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.