Info Baru
Loading...

Cara Mudah Menginstal File APK Langsung Dari PC (Komputer/Laptop)

WartaIPTEK.com - Untuk mendownload aplikasi atau game, tentunya lokasi utama yang dituju adalah Google Play Store. Dengannya Anda dapat langsung mencari apa yang diinginkan, kemudian langsung mendownload sekaligus proses instalasi dilakukan. Cepat dan praktis karena proses dilakukan via smartphone atau tablet.

Namun ada kalanya halangan saat ingin mendownload aplikasi atau game via Play Store. Entah karena paket internet yang habis atau WiFi tidak dapat terkoneksi dengan baik. Tak perlu cemas karena terdapat alternatifnya, yakni mendownload file installer aplikasi (yang dikenal sebagai APK) secara langsung dari berbagai website yang menyediakannya. Tetapi yang perlu dicatat adalah Anda harus berhati-hati saat mendownload karena bisa saja file APK yang disediakan berbahaya, dalam hal ini mengandung malware. Oleh karena itu diperlukan informasi yang benar bahwa website penyedia haruslah kredibel.

Setelah file APK didapatkan, langkah selanjutnya adalah menghubungkan gadget ke PC (komputer/laptop) untuk memindahkan file APK. Selanjutnya proses penginstalan dapat dilakukan secara manual pada gadget.

Tetapi tahukah Anda jika terdapat cara yang lebih praktis? Yakni semuanya dilakukan via PC. Maksudnya di sini adalah cukup dengan PC, Anda dapat mendownload file APK sekaligus menginstalnya langsung ke gadget. Keuntungannya di sini adalah jika PC atau laptop terhubung dengan internet, proses download aplikasi jauh lebih mudan dilakukan. Selain itu tak diperlukan proses root di sini.

Berikut ulasan mengenai cara instal file APK langsung dari PC (komputer/laptop).

Pure APK Install

Di sini kita akan menggunakan bantuan aplikasi bernama Pure APK Install. Aplikasi ini tersedia di website apkpure.com. Tak hanya itu saja, website ini menyediakan juga link langsung untuk berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store sehingga Anda dapat mendownload file APK dari aplikasi yang diinginkan secara langsung. Lebih jelasnya dapat Anda lihat langkah-langkah di bawah ini.
Penginstalan
  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal aplikasi Pure APK Install. Akses halaman apkpure.com/apk-install.htm kemudian klik tombol "Download Now." 
  2. Setelah itu instal aplikasi, dan pastikan opsi "Associate .apk & .xapk files" dicentang. 

Mendownload File APK

Website apkpure.com menyediakan akses untuk mencari aplikasi di Play Store dan Anda dapat mendownload file APK dari aplikasi tersebut. Menariknya adalah versi aplikasi yang disediakan selalu yang terbaru sesuai yang ada di Play Store. Yang perlu dicatat adalah aplikasi yang tersedia hanya yang gratis saja.
  1. Klik menu GAME atau APP untuk mencari game atau aplikasi yang ingin didownload. Tiap menu membawa submenu berupa kategori dari game atau aplikasi.
  2. Di contoh ini Komputek pun mencoba untuk mendownload salah satu game di kategori Action. Halaman akan menampilkan daftar game (atau aplikasi) berikut ratingnya. Klik yang Anda inginkan untuk membawa ke halaman detail. 
  3. Pada halaman detail Anda dapat melihat informasi dari game, berikut tombol download. Bila diperhatikan terdapat 2 tipe file di sini, yakni APK dan XAPK. Untuk file APK tentunya Anda sudah tahu. Sedangkan untuk file XAPK, merupakan file installer plus file data dari game, atau yang biasa Anda kenal dengan file OBB. Namun di sini Anda tak perlu pusing memindahkan file OBB secara manual karena secara otomatis nanti proses penginstalan akan melakukannya untuk Anda. 
  4. Klik tombol Download untuk mendapatkan file APK atau XAPK dan disimpan pada PC. 

Menginstal File APK ke Gadget

Setelah mendapatkan file APK dari aplikasi atau game, kita akan menginstalnya ke gadget. Siapkan kabel data USB untuk melakukannya.
  1. Sebelum itu pastikan pada gadget opsi "Allow USB Debugging" di menu Settings>Developer Options sudah dicentang.
  2. Jika menu Developer Options belum ada, akses menu Settings>About Phone. Kemudian tap Build number 7 kali hingga ada informasi bahwa Anda telah menjadi developer.
  3. Setelah siap, pastikan Anda sudah menginstal driver dari gadget agar dapat dikenali oleh PC atau laptop. Jika belum maka proses penginstalan tidak dapat dilakukan. Kemudian hubungkan gadget dengan kabel data USB dan pastikan opsi "Allow USB Debugging" sudah tercentang. Jika sudah beralih ke PC dan jalankan aplikasi Pure APK Installer. Jika muncul peringatan, klik kanan shortcut dan pilih opsi "Run as administrator."
  4. Jendela Pure APK Install akan muncul, dan klik tombol "Open APK file" untuk mencari file APK atau XAPK yang telah didownload. Atau Anda bisa langsung men-drag file ke dalam jendela ini. 
  5. Selanjutnya file APK atau XAPK akan dikenali, dan muncul opsi dimana Anda akan menginstalnya pada gadget. Opsinya adalah Auto select, Internal android memory dan External SD card. Opsi pertama membiarkan sistem akan men-ginstal aplikasi berdasarkan opsi penyimpanan default yang Anda pilih di menu Settings>Storage>Default Write Disk. Untuk opsi kedua dan ketiga masing-masing memerintahkan aplikasi untuk diinstal di memory internal atau eksternal (SD card). Jika sudah menentukan pilihan klik tombol "Install."
  6. Proses penginstalan akan berjalan cukup cepat untuk file APK.
  7. Untuk file XAPK, ditampilkan informasi bahwa file OBB akan disalin. Prosesnya sedikit lebih lama dibandingkan dengan penginstalan file APK, tergantung juga dengan besarnya ukuran file.
  8. Jika sudah terinstal, maka shortcut aplikasi atau game dapat langsung Anda cari di app drawer karena tidak ditampilkan di home screen (kecuali jika Ul gadget tidak memiliki app drawer).

0 Response to "Cara Mudah Menginstal File APK Langsung Dari PC (Komputer/Laptop)"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.