Info Baru
Loading...

Belibis Kembang (Dendrocygna Arcuata), Burung Pengembara yang Pandai Berenang

WartaIptek.com - Belibis Kembang yang dalam bahasa Latin disebut Dendrocygna arcuata adalah sejenis burung yang hidup di air. Gambar-gambar di halaman ini menunjukkan betapa burung belibis kembang ini mirip sekali dengan Bebek atau Itik yang kita kenal.

Warna bulunya kecokelat-cokelatan, lehernya agak panjang dan kecil, sedangkan paruh dan kakinya berwarna hitam. Kakinya berselaput renang seperti kaki Bebek atau Itik. Burung ini tidak saja pandai berenang dengan kaki renangnya, tetapi juga pandai dan kuat terbang jauh. Biasanya burung ini terbang berkelompok dengan susunan khusus, sambil mengeluarkan suara seperti siulan. Karena belibis ini pandai bersiul, orang Inggris menyebutnya "Itik bersiul".

Belibis jenis ini dikenal juga sebagai burung pengembara yang suka berpindah-pindah tempat. Kalau sedang berpindah tempat, tak jarang mereka terbang pada malam hari, tinggi di angkasa gelap. Apa maksud mereka terbang di malam hari, hanya mereka sajalah yang tahu.


Belibis Kembang biasa kita jumpai mencari mangsa di daerah-daerah tambak dekat pantai, di rawa-rawa dan juga di danau-danau yang terdekat di pegunungan. Makanannya berupa binatang-binatang kecil yang hidup di air, tanaman air dan juga biji-bijian. Pada waktu sepasang Belibis Kembang hendak bertelur, burung ini membuat sarangnya di permukaan tanah, biasanya di rerumputan. Sebuah sarang Belibis Kembang dapat berisi telur sampai sebanyak 9 butir. Anaknya seperti anak-anak itik peliharaan, sehari setelah ditetaskan sudah pandai berenang, beriringan meninggalkan sarang bersama induknya mencari makan.

Belibis Kembang banyak diburu orang karena rasa dagingnya yang memang enak dimakan. Oleh sebab itu jenis binatang ini di khawatirkan akan punah. Untuk mencegah kepunahannya pemerintah mengeluarkan undang-undang perburuan yang mengatur cara dan ketentuan-ketentuan yang harus ditaati para pemburu di dalam melakukan pemburuannya. Daerah penyebaran Belibis Kembang meliputi daerah yang luas mulai dari Indonesia, Pilipina sampai ke kepulauan Fiji dan Australia. Belibis Kembang termasuk ke dalam suku Anatidal atau Itik-itikan.   Jenis-jenis  burung  air yang masuk suku Anatidal tidak kurang dari 15 jenis, satu jenis di antaranya yang telah dilindungi oleh undang-undang adalah Cairina scentulata atau Itik Liar.

0 Response to " Belibis Kembang (Dendrocygna Arcuata), Burung Pengembara yang Pandai Berenang"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.