Itik Liar Kerdil, Jenis Itik Terkecil Yang Pandai Menyelam

WartaIPTEK.com - Itik atau bebek adalah binatang peliharaan manusia yang banyak manfaatnya, karena ia menghasilkan telur yang dapat dimakan atau dijual oleh manusia untuk kesejahteraannya. Kita mengenal itik manila dan itik peliharaan biasa yang dihalau berbondong-bondong oleh anak-anak gembala itik ke tempat mereka mencari makan umpamanya di sawah dan kembali ke kandangnya di waktu sore hari.

Itik peliharaan yang telurnya dimanfaatkan oleh manusia itu, berasal dari itik liar. Diduga bahwa itik liar yang dijinakkan itu berasal dari daratan negeri Cina. Itik adalah sejenis burung air yang sangat pandai berenang, karena mempunyai selaput pada kakinya. Di antara jenis-jenis itik ada pula yang pandai terbang menempuh jarak jauh. Jenis demikian itu disebut juga burung penggembara yang terbang bepergian jauh dari tempat asalnya. Salah satu dari jenis itik yang pandai terbang itu adalah yang disebut Itik Liar Kerdil, dan dalam bahasa Latinnya disebut Nettapus coromandelianus. Ukuran panjang badan seluruhnya kurang lebih 30 cm sehingga jelaslah bahwa Itik Liar Kerdil merupakan jenis itik yang paling kecil yang pernah dikenal di tanah air kita.


Sebagian besar dari bulu badan Itik Liar Kerdil berwarna putih, kecuali di beberapa bagian tertentu. Di bagian atas kepalanya berwarna coklat tua dan mengkilat sedangkan bagian punggung terus sampai ke ekornya berwarna hijau metalik yang berkilat ungu. Pada sayap hewan jantan yang juga berwarna hijau terdapat bulu-bulu putih yang tidak ditemukan pada betinanya.

Itik liar yang pandai berenang itu memiliki kelenjar minyak pada pangkal bulunya. Cairan kelenjar ini senantiasa meminyaki bulu-bulu itik tersebut sehingga seluruh tubuh itik liar itu tidak basah dan tetap mengkilat sekalipun ia berkali-kali menyelam ke dalam air. Telah menjadi kebiasaan bahwa pada jenis-jenis burung jantannya lebih besar dengan bulu yang lebih indah dan lebih mengkilat jika dibandingkan dengan betinanya. Demikian juga halnya dengan itik liar ini. Jenis binatang  ini hidupnya tidak bergerombol, tetapi berpasang-pasangan seperti halnya dengan banyak jenis-jenis burung lainnya.

Itik Liar Kerdil berkembang biak dengan menetaskan telur-telurnya. Pada usia sangat muda anak-anaknya dituntun dan dijaga oleh induknya untuk hidup dan mencari makan. Tempat hidup Itik Liar Kerdil di hutan-hutan, bertengger di atas pohon-pohon yang tinggi pada siang hari, sedangkan di pagi dan sore hari biasanya terbang menuju ke daerah rawa-rawa, sungai-sungai atau sawah-sawah dan padang rerumputan yang berair untuk mencari makan. Makanan Itik Liar Kerdil adalah udang-udang kecil, ikan-ikan kecil, serangga-serangga air dan binatang air kecil-kecil lainnya. Jenis burung ini menyebar di Asia Tenggara dan Malaysia sampai ke Papua dan Australia. Sekarang jenis binatang ini jarang ditemukan, kadang-kadang terlihat hidup sendirian atau berpasang-pasangan. Jenis itik liar ada juga yang dilindungi undang-undang, yaitu Cairina scutulata.

0 Response to "Itik Liar Kerdil, Jenis Itik Terkecil Yang Pandai Menyelam"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.