iklan space 728x90px

10 Tips SEO On Page untuk Peningkatan Page Rank Website

WartaIPTEK.com - SEO (Search Engine Optimiztion) kini sudah menjadi kebutuhan utama suatu website. Bahkan telah muncul profesi baru berkatt salah satu fenomena Mesin Pencari ini. Contohnya saja sebuah penyedia jasa SEO di Indonesia berani menawarkan harga mencapai Rp 10.000.000,- hanya untuk menjadikan suatu website mendapat peringkat 10 besar di situs mesin pencari.

Nah, coba bayangkan apa saja yang bisa Anda lakukan jika Anda menguasai teknik ini. Untuk itulah pada ulasan kali ini kita akan membahas teknik dasar SEO yang perlu Anda ketahui jika ingin mulai belajar lebih dalam lagi. Namanya On Page SEO. Tujuannya adalah menjadikan mesin pencari lebih peka terhadap konten yang ada di dalam website kita. 


Nah, bagaimana melakukannya? Simak tips - tips SEO On Page berikut.

1. Format aturan penulisan: atas - bawah, kiri - kanan
Behavior situs mesin pencari dalam membaca halaman website adalah membaca konten dari atas ke bawah dan kiri ke kanan. Berbekal pengetahuan tentang behavior ini, aturlah halaman website Anda di antaranya dengan: 1. Membuat teks judul yang mengandung kata kunci ditulis pada bagian kiri atas, 2. Setelah teks judul letakkan konten halaman, 3. Bagian lain yang kurang penting letakkan di bagian kanan bawah halaman.

2. Keyword density
Anda harus mengenal keyword density (kerapatan kata kunci). Dalam isi konten halaman, jangan sampai terlalu banyak menggunakan kata kunci karena bisa membuat mesin pencari justru menghindari website Anda. Pergunakanlah sekitar 2 sampai 7% dari total kata-kata yang ditulis di isi konten halaman.

3. Nama domain mengandung kata kunci
Walaupun mesin pencari Google kini menerapkan algoritma Panda yang justru akan melakukan inspeksi lebih dalam lagi pada nama domain yang mengandung kata kunci, setidaknya metode ini masih digemari oleh mesin-pencari lainnya. Namun berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak memasukkan kata kunci dalam nama domain Anda agar situs Anda tidak semakin 'dibenci' oleh algoritma Panda milik Google.

4. HTML tag dan Image tag
Manfaatkanlah HTML tag dari script website Anda. Misalnya meta tag, title tag, content tag, dll. Berikan juga alt tag & title tag pada setiap image yang ada di konten halaman Anda. Karena mesin pencari tidak bisa membaca gambar.

5. Urutan prioritas kata kunci
Urutan prioritas kata kunci suatu halaman yang dibaca mesin pencari adalah: Nama Domain > URL halaman > Title Tag > Image Tag > 200 kata pertama > kata-kata setelahnya. Ikutilah urutan tersebut untuk meletakkan kata kunci Anda. Namun tetap jangan lupa untuk memperhatikan faktor keyword density-nya.

6. Link setiap halaman yang ada di website ke halaman home
Ketika pengunjung datang ke halaman website melalui pencarian artikel pada mesin pencari, tidak semuanya mengunjungi halaman home Anda. Inilah sebabnya navigasi ke halaman utama sangatlah penting untuk memancing visit pengunjung ke halaman home Anda.

7. Buat sitemap website
Sitemap adalah sebuah file yang berisi susunan direktori seluruh halaman website Anda: Tujuannya adalah memudahkan mesin pencari untuk menjaring setiap halaman website Anda. Cara membuatnya pun sangat mudah dan banyak sekali tutorialnya yang bisa Anda dapatkan di Google dengan kata kunci "XML Sitemap Generator".

8. Buat file robots.txt ke direktori public_html hosting Anda
File robots.txt akan dibaca pertama kali oleh setiap mesin pencari yang berkunjung untuk melakukan sensus terhadap website Anda. Tutorial cara membuatnya juga sangat mudah didapatkan dengan melakukan pencarian Google. Coba saja.

9. Pelajari juga teknik SEO produk saingan.
Pelajarilah juga bagaimana saingan Anda menggunakan kata kunci. Bisa jadi nantinya Anda akan menemukan trik-trik lain yang bisa Anda tiru untuk meningkatkan teknik SEO Anda.

10. Pemilihan kata kunci yang tepat.
Adapun cara mendapatkan kata kunci yang tepat bisa Anda ikuti pada 3 langkah berikut:
Langkah 1:
Buka situs keyword tools external. Anda bisa. memanfaatkan keyword checker milik Google pada URL:
https://adwords.google.com/select/Keyword-ToolExternal. Kemudian masukkan kata kunci yang ingin dicari. Misalnya Hosting.

Langkah 2:
Untuk mencari kata kunci yang populer di Indonesia, klik Advanced Option. Kemudian pada Location dan Language pilih Indoneia. Masukkan captcha dan klik search.

Langkah 3:
Maka akan muncul daftar keyword yang paling sering digunakan di pencarian kata kunci Hosting. Kata kunci yang paling baik adalah kata kunci dengan angka Monthly Search yang tinggi dan tingkat competition yang rendah.

Masih banyak lagi teknik SEO yang bisa kita pelajari. Misalnya teknik SEO Off Page. Teknik ini merupakan kebalikan dari SEO On Page, optimasinya kita lakukan dari luar halaman website. Dalam teknik ini, kita mengoptimalkan kepekaan search engine dengan menambah infrastruktur jalur search engine dalam menemukan website kita. Contohnya adalah dengan menitipkan backlink/inbound link ke situs kita pada website lain.

Nah sekian dan semoga tips SEO On Page yang dihadirkan ini bisa membantu Anda untuk mulai mempelajari teknik SEO lebih dalam lagi. Selamat mencoba!
Follow Warta Iptek di Google News

6 Responses to "10 Tips SEO On Page untuk Peningkatan Page Rank Website"

  1. Untuk poin yang kedua, terkadang Saya melebihi 2 sampai 7% mas. Kalau begitu, saya akan mencoba untuk tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci. Terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg bagus 0,5-3%. Kebanyakan pasang KW dlm 1 artikel malah dianggap Keyword Stuffing sama Google. Mending bikin internal link ke halaman lain yg ada di blog itu. Cari kata2 di dlm artikel itu yg merupakan kata kunci pada artikel lainnya di blog itu.

      Hapus
    2. Keyword Densiyty disesuaikan saja dengan jumlah kata dalam artikel tersebut. Kalau 300 kata 0,5-3% juga sdh cukup, 500 - 800 kata bolehlah 2-7% he he he

      Hapus
    3. Kalau blog-nya pakai WP dan sdh terpasang Yoast SEO .... gampang mengetahuinya jika kita kebanyakan menggunakan kata kunci. Kalau kelebihan kita tinggal menghapus atau mengganti kata kunci tsb sampai point parameternya berwarna hijau. Kalau di Blogspot tdk ada plugins Yoast SEO

      Hapus
  2. Satu tahun terakhir ini baru tau Trik2 SEO on page. Dulu mah ngasal aja kak wkwk btw thank you tipsnya kak

    BalasHapus

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.