Info Baru
Loading...

Nanas Dapat Atasi Kulit Kering

WartaIPTEK.com - Buah yang memiliki daging berwama kuning ini ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Banyak mitos yang berkembang bahwa buah nanas dapat membuat keguguran ketika hamil muda. Tapi nyatanya, buah nanas dapat digunakan sebagai pelembab alami. Nanas kaya akan kandungan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan yang baik untuk kulit dan dapat mengatasi masalah kulit kering.

Hampir semua kaum hawa mendambakan kecantikan yang sempuma dengan kulit yang sehat, bebas dari keriput, halus, kencang dan lembab. Oleh sebab itu kelainan kulit seperti jerawat, vlek hitam, komedo, kulit kering dan kusam membuat kaum hawa khawatir dan kepercayaan dirinya menurun. Masalah kulit wajah bisa terjadi karena seseorang tidak rajin melakukan pembersihan wajah. Tidak hanya itu, pancaran sinar matahari yang kuat tanpa melindungi diri dengan sunblock menjadi salah satu pemicu kulit menjadi kusam bahkan kering.

Penyebab kulit kering karena berkurangnya air di permukaan kulit. Hal itu dapat terjadi karena banyak hal seperti menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit, serta produksi lemak dan keringat yang berkurang karena penuaan, penggunaan detergen, dan sebagainya. Kulit kering bisa juga terjadi karena lapisan penahan cairan di kulit kurang berfungsi. Untuk itu, memerlukan perawatan khusus agar permasalahan kulit tidak timbul yang membuat penampilan wajah tidak bagus.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering agar mendapatkan perlindungan secara maksimal. Seperti Anda dapat melindungi kulit dengan berbagai macam krim pelembab yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Selain itu, di klinik-klinik kecantikan ditawarkan berbagai treatment untuk mengatasi kulit kering. Tentu dengan melakukan berbagai treatment kecantikan secara modern harus membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tidak semua orang mampu untuk melakukannya.

Namun, tidak melulu melakukan perawatan kecantikan kulit seperti mengatasi kulit kering secara modem saja. Anda tentu dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, mineral dan antioksidan tinggi yang mampu merawat kesehatan kulit. Salah satunya dengan buah nanas.

Buah Nanas
Buah nanas dipercaya dapat mengatasi kulit kering sehingga menjadi lebih lembab. Buah dengan nama Latin Ananas Comosus L Merr ini sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. Buah ini berkulit hijau ketika la masih muda, dan berwarna kuning saat sudah matang. Kulitnya yang tebal dan sedikit berduri terkadang membuat sebagian orang enggan untuk mengonsumsinya. Namun, buah yang rasanya manis saat sudah matang ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Tanaman nanas memiliki bentuk pohon yang tidak terlalu tinggi. Daunnya bertumbuk dan berduri. Untuk menaman tanaman ini, cukup di area tanah yang sedikit gembur, tidak terlalu kering yang kemudian batang pada bagian akar pohon ditanam begitu saja ke dalam tanah. Seiring bertambahnya hari, tanaman ini akan tumbuh subur bila dirawat dengan cara menyiram setiap hari secara rutin. Tanaman nanas akan menghasilkan buah yang berkualitas jika tumbuh dengan subur dan sempurna.

Dalam satu buah nanas, kaya akan kandungan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan mineral tinggi yang dapat merawat kesehatan kulit termasuk mengatasi kulit kering. Vitamin A memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu memperbaiki jaringan serta membran mukosa. Selain itu, nanas mengandung mineral tinggi seperti kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, tiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa). Nanas juga mengandung enzim bromelain, yaitu suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein dan mengandung cukup banyak serat.

Memang benar buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Pasalnya kandungan pada vitamin A dan C sebagai antioksidan dan kaya mineral yang dapat merawat kulit. Ada dua cara yang dapat dilakukan agar buah nanas dapat digunakan sebagai pengobatan secara alami, yaitu: 

Dikonsumsi Langsung
Sebelum mengonsumsi, pastikan buah nanas sudah dipisahkan dengan bagian kulit paling luar dan dalam. Bersihkan dengan air mengalir sampai bersih. Potong buah nanas beberapa bagian sesuai selera. Setelah itu, buah yang memiliki rasa tajam dengan rasa campuran asam manis dan sangat menyegarkan ini boleh langsung dikonsumsi. Bisa juga dijadikan olahan seperti jus, manisan ataupun salad. Lebih disarankan dengan cara dikonsumsi secara langsung, karena kandungannya tidak tercampur dengan campuran bahan pendukung lain. 

Konsumsi buah nanas setiap hari minimal 1-2 kali dalam sehari dan tidak berlebihan.

Masker Nanas
Buah nanas dapat dijadikan masker kulit wajah untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Memang tidak secara langsung dengan buah nanas kulit yang kering akan menjadi lembab. Namun dengan cara mengoleskan secara langsung pada bagian kulit dapat membantu memaksimalkan fungsi nanas setelah dikonsumsi. Caranya, pertama buah nanas yang sudah dikuliti dan dicuci bersih, potong menjadi setengah bagian lalu parut sampai lembut. Hasil parutan tersebut dapat digunakan sebagai masker. Tempelkan ke seluruh bagian kulit wajah. Lakukan kegiatan ini setiap malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya, baru dicuci dengan air bersih.

Meski berbahan alami yang aman untuk tubuh serta bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ada catatan penting dalam mengonsumsi buah nanas yang perlu diperhatikan. Saat mengonsumsi buah yang satu ini tidak boleh berlebihan. Karena kandungan asam oksalat yang tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Alasannya, banyak terdapat kandungan gula sehingga bagi penderita diabetes agar mengonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. 

Sedangkan dari segi kedokteran, memang benar antioksidan baik dan asam yang terdapat dalam buah-buahan seperti nanas mengandung asam glikolat dapat mengatasi kulit kering secara alami dan digunakan sebagai salah satu cara terapi. Namun, jika ingin hasil sempurna tentunya dibantu dengan menggunakan masker ataupun pelembab yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Dan cara lain yang dapat dilakukan dengan banyak minum air putih, menghindari sabun yang mengandung deterjen terlalu kuat dan penyebab lain yang menjadikan kulit menjadi kering.

Nah, bagi Anda yang care terhadap kesehatan dan kecantikan tubuh Anda, dapatkan berbagai produk kesehatan dan kecantikan di www.kesehatan.tips.

0 Response to "Nanas Dapat Atasi Kulit Kering"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.