Penyebab Artikel tidak Muncul di Google


Google adalah alat pencarian yang banyak digunakan oleh banyak orang, jika anda menulis artikel pada laman website atau blog yang anda miliki, mungkin artikel yang anda tulis juga akan muncul di halaman pencarian Google, dan ini yang membuat peluang agar para pengunjung melihat website anda.

Tidak munculnya artikel anda pada halaman pencarian Google disebabkan oleh tidak diindexnya oleh Google tersebut, hal ini bisa disebut dengan deindex. Deindex Google adalah kondisi saat dimana artikel yang anda buat tidak diindex. 

Namun ada juga artikel yang anda tulis tidak muncul di halaman pencarian Google, dan itu tentu menjadi salah satu kerugian, dan tidak munculnya tulisan artikel yang anda tulis di website pada halaman pencarian Google ada sebabnya loh.., ini dia penyebab artikel mu tidak muncul di Google. 

1. Salah Setting Konfigurasi Visibilitas

Jika anda menggunakan Wordpress untuk membuat website dan memasukakan artikel di dalamnya, maka kemungkinan untuk tidak munculnya artikel anda pada laman pencarian Google adalah karena anda salah menyetting konfigurasi visibilitas.

Konfigurasi ini berguna untuk membuat artikel atau tulisan anda tidak lihat dan jika anda ingin artikel anda terlihat maka matikan konfigurasi visibilitas itu. Adconomic menjadi salah satu yang dapat membantu untuk melakukan setting Wordpress untuk website anda.  

2. Copy Paste

Copypaste disini ada dua jenis, copy paste pertama yang dimaksud adalah jika anda copy paste pada tulisan anda sendiri yang sudah pernah anda posting, dan yang kedua tentu ada kemungkinan anda copy paste dari website orang lain.

Perihal yang pertama mungkin sangat mudah mengatasinya, namun yang kedua mengenai jika anda copy paste dari website orang lain Google akan mengetahui dan melarangnya, maka tentu Google tidak akan menampilkannya pada halaman pencariannya.

3. Keyword Stuffing

Keyword stuffing adalah teknik SEO yang melanggar ketentuan google sehingga saat ini sudah tidak bisa digunakan kembali. Mungkin anda memasukan keyword berlebihan dengan harapan mendapatkan rating dengan rangking yang tinggi, namun jika berlebihan dan tidak memiliki variasi membuat rangking tersebut merosot dan bisa juga menyebabkan artikel anda tidak muncul dan deindex.

4. Website Terkena Virus

Website anda mungkin terkena virus, malware atau bahkan hacker, Google bisa mendeteksi ini dengan mudah Google tidak akan menampilkan artikel anda dihalaman pencarian. Google akan dengan sengaja melakukan ini, website anda mungkin akan di deindex dengan tujuan keamanan. 

Namun anda bisa menggunakan Google Search Console sebagai tools untuk mendeteksi adanya malware, jika anda sudah menemukannya anda bisa lebih mudah memperbaikinya.

5. Teknik Cloaking

Cloaking adalah penyalahgunaan penyelubungan pengguna Google masuk ke website yang berbeda dengan website sebelumnya, sebagai contoh, misalnya anda ingin masuk ke website untuk menonton film namun malah diarahkan masuk ke halaman perjudian online, ini mungkin terjadi karena adanya hacker.

Karena masalahnya sama yaitu karena hacker maka anda bisa mengatasi dengan cara yang sama dengan point ke empat yaitu dengan menggunakan Google Search Console, namun jika anda pengguna Wordpress anda bisa menggunakan plugin seperti Wordfence atau Secupress untuk mengatasinya.

Itu dia kelima masalah yang mungkin ada pada website anda, dan meyebabkan tulisan anda tidak muncul pada halaman pencarian di Google, namun selain itu ada masalah-masalah lain yang mungkin terjadi, anda harus mengindentifikasi masalah yang sebenarnya terjadi, lalu anda baru bisa menyelesaikan masalah tersebut. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk menggunakan jasa pembuatan website atau anda merekrut tim website dan content untuk menjaga dan mengatur website perusahaan anda. 


Share this article / Bagikan Artikel Ini! :