Apa Itu Bitcoin?


Perkembangan teknologi menjadikan segala sisi kehidupan ikut berubah, salah satunya terkait urusan finansial atau keuangan. Bitcoin adalah salah satu hal luar biasa yang timbul dari cepatnya kemajuan teknologi. Namun apa itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah aset kripto berbentuk mata uang digital atau mata uang virtual. Bitcoin merupakan uang yang tak dapat disentuh secara langsung seperti mata uang kita Rupiah sebab Bitcoin beroperasi pada sebuah jaringan yang memakai algoritma rumit.

Akan tetapi walau tidak berwujud seperti Rupiah, ia ada dan tetap nyata. Cuma Bitcoin biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan transaksi online di internet, misalnya OVO, Dana atau GoPay. Bentuknya di alam nyata tak kelihatan, namun di dunia nyata Bitcoin mempunyai harga yang amat tinggi.

Berapa sih harga Bitcoin bila dikonversikan ke dalam Rupiah? Bitcoin ternyata pernah mencapai harga $20.000 yang bila di-rupiahkan nilainya lebih dari 2 Milyar. Selanjutnya Bitcoin pun diprediksi akan mempunyai nilai yang semakin tinggi.

Selain itu Bitcoin yang disingkat BTC ini dapat jadi alat transaksi di internet yang mempermudah orang dalam hal mengirim maupun menerima uang lewat internet, malah kepada seseorang yang tak kita ketahui atau tak percayai.

Meski Bitcoin bersifat virtual namun ia tetap dapat dikonversikan ke dalam mata uang tradisional seperti rupiah, yen, dolar, dan yang lainnya. Oleh karena itu saat kita memperoleh kiriman Bitcoin, kita dapat menukarnya menjadi rupiah dengan cara melakukan withdraw. Jadi Bitcoin dapat dipakai dalam kehidupan setiap-hari bila kita merubahnya jadi mata uang biasa semisal Rupiah.

Bitcoin diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Pada awalnya Bitcoin diciptakan sebagai sistem pembayaran alternatif yang didesentralisasi. Di beberapa negara, cryptocurrency ini masih menjadi cara yang lebih murah dan lebih efektif untuk melakukan transfer uang lintas negara dan beberapa perusahaan rintisan pengiriman uang menggunakan fitur ini.

Banyak orang merasa lebih nyaman menggenggam sebagian dari aset mereka dalam Bitcoin yang disimpan secara aman dimana otoritas pusat tak bisa memblokir aksesnya, apalagi memotongnya.

Belakangan ini aset kripto paling mahal ini pun sudah mengambil fungsi aset investasi lantaran  para penabung kecil, investor institusi, dan pedagang sudah sadar terhadap potensi keuntungan dari kenaikan harga Bitcoins. Bitcoin yang terus-menerus beredar kian menambah tingkat kegunaannya untuk kalangan pengguna.

Bitcoin didesain untuk metode pembayaran elektronik peer-to-peer. Bitcoin beroperasi pada sebuah jaringan canggih yang tak dapat diatur oleh pemerintah maupun lembaga manapun guna mengawasi pengeluaran dan pendistribusian Bitcoin.

Sementara itu jumlah Bitcoin pun telah ditetapkan cuma 21.000.000 saja, tak lebih dan tak kurang dari jumlah tersebut sehingga jumlahnya akan amat langka dan semakin mahal bila semua Bitcoin telah berhasil diterbitkan dan didistribusikan.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang Bitcoin? Indodax Academy adalah tempatnya.  Indodax Academy adalah sebuah platform belajar terbesar di Indonesia mengenai Blockchain dan aset kripto seperti Bitcoin. Anda bisa belajar mengenai Blockchain dan aset kripto serta belajar trading Bitcoin di Indodax secara gratis. Materi belajar bisa diakses di website dan YouTube milik Indodax Academy. Ayo tunggu apalagi? Buruan belajar di Indodax Academy!

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :