Cara Cek Kecepatan Internet di Komputer dan HP, Mudah dan Praktis


Kini internet telah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Hal ini karena kehidupan keseharian manusia tidak luput dari internet. Ada berbagai kegiatan manusia yang dapat dilakukan dengan hadirnya internet, seperti belanja online atau bermain game online. Kecepatan internet itu setidaknya akan berpengaruh ketika Anda belanja online, bermain game online atau ketika men-download sebuah file. Lantas bagaimana cara cek kecepatan internet, baik di komputer (PC) maupun HP?

Kecepatan internet ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berapa banyak perangkat yang tersambung dalam koneksi internet tersebut atau terkait besaran file yang diunduh. Mengetahui kecepatan internet nyatanya sangatlah perlu karena Anda dapat mengestimasi kira-kira dapat mengunduh pada kecepatan internet sekarang ataukah tidak. Menurut MikirTekno.com cara cek kecepatan internet di HP ataupun di komputer itu  terbilang mudah. Berikut ini akan diulas cara mengeceknya.


Cara Cek Kecepatan Internet di Komputer

1. speedtest.net

Speedtest.net adalah website untuk cek kecepatan internet yang paling populer. Kunjungi alamat website speestest.net dan pilihlah opsi “GO” di bagian tengah halaman guna mulai menjalani tes kecepatan internet. Speedtest.net akan segera menghitung kecepatan internet pada jaringan Anda  secara realtime. Tunggulah sampai hasil perhitungan usai. 

2. Speedtest Indihome 

Anda pun bisa menjalankan tes kecepatan internet indihome secara mudah plus akurat. Bukalah website Speedtest Indihome di https://fast.indihome.web.id/. Kemudian pilihlah menu yang ada tulisan MULAI dan tekan tombol berupa lingkaran bertuliskan MULAI tersebut. Selama proses pemeriksaan berlangsung, tunggulah sampai hasilnya muncul. 

Speedtest Indihome akan menampilkan hasil perhitungan di layar monitor berupa akumulasi ketika mengunduh dan mengunggah data atau file. Anda pun secara otomatis bisa mengetahui jitter dan ping dari hasil perhitungan itu.

3. fast.com

Website cek kecepatan internet selanjutnya ialah fast.com. Di situs ini kita tidak perlu repot-repot meng-klik apapun guna menguji kecepatan internet Anda. Anda cuma perlu mendatangi website-nya saja, lantas fast.com secara otomatis akan langsung menge-tes kecepatan internet pada jaringan yang Anda gunakan.

4. Bandwidth Place

Silakan kunjungi saja website Bandwidth Place (https://www.bandwidthplace.com/speedtest/). Kemudian di halaman website tersebut akan muncul tulisan “Start.” Klik “Start” dan tunggulah hasilnya. Bandwidth Place akan mengeluarkan hasil tes berbentuk kecepatan unduh, unggah, dan ping pada jaringan internet Anda.

5. Ping-Test.net

Website Ping-Test.net ini menyajikan fasilitas pengecekan dan perhitungan kecepatan internet secara sederhana, namun lengkap. Hasil yang diterbitkan berupa kecepatan unduh, unggah, ping dan jitter.


Cara Cek Kecepatan Internet di HP dengan Menggunakan Aplikasi Mobile

1. Speedtest by Ookla

Selain tersedia di komputer atau laptop, Speedtest dari Ookla juga hadir di perangkat mobile/HP berupa aplikasi Android. Anda bisa mengetahui kecepatan download dan upload serta ping secara realtime. Anda cuma butuh klik “Begin Test” dan biarkan Speedtest memeriksa hasil kecepatan internet Anda. 

2. V-SPEED Speed Test

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam cek kecepatan internet di HP Anda. Dengan aplikasi ini Anda akan mengetahui kecepatan internet berbentuk kecepatan unduh dan unggah. Tidak hanya itu aplikasi V-SPEED Speed Test inipun menyediakan fasilitas guna mencari sinyal WiFi.

3. Speed Test

Cheetah Mobile pun tidak mau kalah, ia telah meluncurkan sebuah aplikasi untuk mengecek kecepatan internet yang diberi nama Speed Test. Anda akan mengetahui hasil uji kecepatan internet berbentuk kecepatan unduh, unggah, dan ping serta memeriksa kecepatan jaringan WiFi yang berada di sekeliling Anda.

4. FAST Speed Test

Aplikasi ini dirilis oleh Netflix dengan julukan FAST Speed Test. Sama dengan versi website-nya, aplikasi FAST Speed Test ini pun tidak memerlukan Anda meng-klik apapun. Anda cuma perlu menunggu hasilnya saja, yakni hasil tes kecepatan internet secara otomatis berupa kecepatan unduh dan unggah. 

5. Internet Speed Test 

Dengan hanya klik satu kali Anda langsung dapat mengetahui seberapa cepat jaringan internet Anda. Aplikasi Internet Speed Test yang diciptakan oleh Yuhi Development, LLC ini menyajikan fasilitas cek kecepatan internet. Setelah Anda menginstal aplikasi ini, maka Anda dapat masuk ke dalam aplikasinya. Kemudian klik “Perform” untuk mengetahui berapa kecepatan jaringan internet yang Anda miliki dan lihatlah hasilnya. 

Demikianlah beberapa cara cek kecepatan internet di komputer dan HP. Caranya ternyata sangat mudah dan tidak pakai ribet, hanya memerlukan satu kali ketuk saja dan hasil kecepatan internetnya langsung terlihat. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :