iklan space 728x90px

Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, 8 Pertanyaan Ini Pasti Ada!


Kuliah di luar negeri adalah dambaan banyak mahasiswa. Persyaratannya lumayan banyak dan dokumen yang dibutuhkan amat kompleks. Salah satu tahapan dalam seleksi beasiswa adalah sesi interview atau wawancara. Wawancara ini merupakan seleksi untuk menguji kemampuan berbicara Anda dan jawaban yang berasal dari diri Anda sendiri yang diucapkan secara langsung.

Ketika mahasiswa melamar sebuah program beasiswa, salah satu tahapan yang harus dilewati adalah wawancara. Penting diingat, penentu kelulusan yang relatif besar ialah wawancara. Anda mesti tahu deretan pertanyaan yang kerap muncul pada wawancara beasiswa kuliah di luar negeri. Oleh sebab itu pula mahasiswa perlu latihan menjawab pertanyaan - pertanyaan yang kerap muncul.

Namun jangan bingung, karena ada beberapa contoh pertanyaan dan cara menjawabnya yang dapat Anda jadikan referensi. Berikut ini 8 pertanyaan yang pasti ada ketika wawancara beasiswa kuliah di luar negeri.

1. Tell us about yourself

Pertanyaan ini berguna untuk mencari tahu seperti apa diri Anda menurut deskripsi Anda sendiri. Anda bisa menjawabnya dengan bakat, minat atau potensi yang Anda miliki. Jangan Anda ceritakan dulu mengenai prestasi Anda hanya untuk mendapatkan pengakuan.

2. Why do you choose this major?

Apa sih yang terbayang di pikiran saat Anda ditanyai mengenai jurusan yang Anda minati? Apakah jurusan tersebut bisa menghasilkan lulusan dengan masa depan cerah dan berpenghasilan tinggi? Apakah jurusan tersebut Anda minati dan bisa membantu Anda mengembangkan bakat? Atau apakah jurusan tersebut sepi peminatnya sehingga Anda mempunyai kans yang lebih besar?

Apabila Anda mendapatkan pertanyaan seperti itu, maka jawablah dengan membalik pertanyaan tersebut di atas. Misalnya. Karena saya melihat peluang karier pada jurusan ini dan bisa menjamin masa depan saya nanti. Atau, karena saya mempunyai minat yang besar terhadap jurusan ini dan ingin mempunyai keahlian itu untuk membangun karier saya di masa depan. Boleh juga menjawab ini, peminat pada jurusan ini tidak banyak sehingga kemungkinan saya dapat masuk pada jurusan ini menjadi semakin besar.

3. How do you see yourself in 5 years?

Jelaskan apa saja yang Anda harapkan di 5 tahun mendatang. Barangkali Anda ingin memulai penelitian, menjadi seorang pekerja, atau memulai usaha. Anda dapat mengatakan bahwa lewat  beasiswa ini, Anda memulai perjalanan di 5 tahun mendatang serta menyusun dan menyicil rencana masa depan selama mengikuti pendidikan.

4. Why do you deserve this scholarship?

Tentunya beasiswa juga mempunyai klarifikasi, seperti berasal dari keluarga yang memang kurang mampu, nilai rapornya yang termasuk baik, sertifikat penghargaan, dan lain sebagainya. Bila Anda betul-betul memenuhi persyaratan beasiswa tersebut, maka Anda pantas mendapatkan beasiswa itu.

Anda pun bisa menjawab bahwa Anda mempunyai kemampuan yang sebaiknya tak dipendam saja dan bahkan akan bermanfaat di sekolah atau kampus kelak.

5. Why do you need this scholarship?

Pertanyaan ini bisa Anda jawab apa adanya bila memang berminat untuk meringankan biaya pendidikan Anda. Jelaskan bahwa beasiswa ini akan menjadi cara untuk membantu Anda menuntut pendidikan dengan lebih mudah dan Anda tetap dapat mengembangkan potensi dan bakat Anda.

6. Tell us about your achievements

Ini waktunya bagi Anda untuk menceritakan prestasi atau pencapaian Anda. Barangkali Anda pernah mengikuti lomba yang berhubungan dengan jurusan Anda atau pernah mengikuti organisasi dan lain sebagainya.

7. Why did you choose this school?

Saat Anda ditanya mengenai hal ini, Anda dapat menjawabnya dengan cara menjelaskan reputasi sekolah tujuan Anda, kualitas pendidikannya, program studi yang Anda cari, atau dapat menceritakan mengenai potensi Anda yang dapat dikembangkan di sekolah itu.

8. What are your career goals?

Bila Anda menemui pertanyaan ini, jelaskan dengan rinci karier impian Anda atau bisnis yang ingin Anda bangun berbekal pengetahuan yang Anda dapatkan dari menempuh pendidikan di sekolah. Pastikan ilmu yang Anda dapatkan dari sekolah tujuan Anda selanjutnya memberikan dampak yang cukup signifikan untuk karier Anda di masa depan.

Selain itu tips lancar menghadapi wawancara beasiswa ini ialah jangan grogi, tunjukkanlah kemampuan atau bakat dan minat Anda serta jelaskan bahwa beasiswa ini akan amat membantu Anda.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Kuliah di Luar Negeri, 8 Pertanyaan Ini Pasti Ada!"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.