iklan space 728x90px

Apakah Sunat Perempuan Wajib Dilakukan? Lalu, Seperti Apa Metodenya?


Jika membahas mengenai sunat sering kali fokus pada anak laki-laki saja, lalu bagaimana dengan perempuan? Di Indonesia sendiri sunat perempuan sudah dikenal sejak nenek moyang, namun metode yang digunakan beda dengan penanganan pria. Yang mana bisa dikatakan sebagai pembersihan alat kelamin saja. Tetapi ada beberapa pendapat pula yang mengatakan hal itu tidak perlu dilakukan, justru dalam dunia medis dengan penanganan yang kurang tepat dapat membahayakan. 

Sosial dan budaya sering dijadikan alasan wanita melakukan sunat, padahal istilah tersebut kurang tepat. Karena memang metode yang dilakukan bukan pemotongan layaknya pada pria, tetapi lebih kepada pembersihan dan sedikit pemotongan pada bagian lapisan luar kulit atau klitoris. Namun jika Anda berniatan untuk melakukan sunat, lebih baik memang harus dilakukan dari tenaga medis profesional. Ditakutkan sering kali masyarakat yang melakukan sembarangan sering menyebabkan masalah.

Sunat perempuan yang dipotong adalah sedikit atau sebagian lipatan kulit atau yang mengelilingi klitoris. Jika dalam islam sendiri dikatakan itu sunnah bukan wajib, jadi jika memang dirasa tidak perlu bahkan tidak ada alasan medis yang memperkuat lebih baik tidak dilakukan. Namun jika Anda tetap lakukan, perlu konsultasi dengan pihak profesional. Misalnya saja pada RUSUNDA yang melayani berbagai tindakan sunat, baik bayi, anak-anak, maupun dewasa. 

RUSUNDA sendiri direkomendasikan untuk Anda melakukan konsultasi persunatan karena beberapa hal:

  1. Penanganan langsung dari tenaga medis dan dokter profesional.
  2. Memberikan tawaran pelayanan yang sangat modern sehingga tidak memberikan rasa sakit dan tetap nyaman.
  3. Proses yang cepat sampai dengan kontrol yang dapat dilakukan secara online.

Dari semua pemaparan diatas bisa dikatakan sunat untuk perempuan itu sunnah, tetapi jika berniatan untuk melakukan boleh saja. Sebagai pendukung keamanan dari segi kesehatan, pastikan Anda menggunakan tenaga dari ahli yang sudah profesional. Seperti pada RUSUNDA yang memang fokus melayani konsultasi hingga tindakan sunat. Hadir dengan beberapa cabang yang memudahkan Anda untuk menemukan, terutama di daerah Karawang. Yuk, konsultasikan terlebih dahulu!

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Apakah Sunat Perempuan Wajib Dilakukan? Lalu, Seperti Apa Metodenya?"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.