iklan space 728x90px

Mengenal Peran E-Commerce Enabler Indonesia untuk Pebisnis

Mengenal Peran E-Commerce Enabler Indonesia untuk Pebisnis

Kesuksesan e-commerce di Tanah Air tidak luput dari peran serta e-commerce enabler Indonesia. Lalu, apa itu e-commerce enabler dan apa peran atau manfaatnya bagi pebisnis atau perusahaan?

Berbelanja secara online lewat platform e-commerce sekarang semakin disukai masyarakat dari berbagai kalangan usia, pekerjaan, dan latar belakang sosial. Ini menyebabkan persaingan di pasar industri kian ketat. Mau tidak mau, pelaku usaha yang ingin terus bertahan dan mengembangkan bisnisnya mesti beradaptasi dengan perubahan zaman itu.

Tidak sedikit diantara brand-brand ternama di Indonesia pun tidak mau ketinggalan sehingga ikut terjun di pasar online. Tetapi untuk menjalankannya tentunya membutuhkan sumber daya profesional supaya mampu mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Namun hal itu tak lagi menjadi masalah dengan adanya e-commerce enabler. 

Apa Itu E-commerce Enabler Indonesia?

E-commerce enabler Indonesia adalah perusahaan penyedia layanan jasa di Indonesia yang memberikan solusi one-stop untuk membantu brand mengeksekusi segala macam strategi bisnis digitalnya.

Enabler memberikan berbagai macam solusi, seperti produksi konten, optimalisasi website, performance marketing, serta customer care dan pengiriman produk hingga ke tangan konsumen.

Ringkasnya, e-commerce enabler akan menjalankan berbagai cara untuk menunjang dan memfasilitasi kesuksesan brand dalam aktivitas berjualan online.

Peran E-commerce Enabler Indonesia untuk Pebisnis

E-commerce enabler berperan sebagai media yang menjembatani brand dengan partner lainnya dalam mata rantai e-commerce, seperti online marketplace yang menjadi platform untuk melakukan penjualan, jasa logistik pihak ketiga yang mengelola urusan distribusi produk, dan payment gateway sebagai gerbang untuk melakukan transaksi jual-beli.

Berikut adalah beberapa peran e-commerce enabler di Indonesia yang penting Anda ketahui.

1. Melakukan Strategi Pemasaran Online Secara Efisien

Salah satu dari peran penting e-commerce enabler Indonesia adalah untuk melaksanakan strategi marketing atau pemasaran dengan cara online. Pihak itu bekerja sama bersama perusahaan brand dengan cara merencanakan strategi marketing yang ampuh. Di samping itu, mereka akan menerapkan perencanaan itu lewat platform digital.

Dengan menggandeng pihak enabler tentu saja memberikan keuntungan untuk perusahaan sehingga tidak mesti menambah sumber daya untuk menangani hal itu. Di samping itu, pihak-pihak yang bekerja sama pun mempunyai keahlian di bidang masing-masing. Langkah ini termasuk cukup strategis untuk menaikkan omset penjualan lewat platform daring.

2. Mengelola Toko Online berbasis Multi Channel

Saat suatu perusahaan ingin terjun di pasar e-commerce maka membangun sebuah toko online resmi (official online store) merupakan hal yang tak dapat ditunda. Walau demikian, membuat toko online tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Pengusaha perlu mengupahi tenaga ahli untuk membuat sebuah toko online yang mewakili brand tertentu. 

E-commerce enabler Indonesia terkenal sanggup memberikan layanan itu kepada perusahaan sehingga tak perlu mencari sumber daya tambahan yang tentu saja membutuhkan biaya tersendiri. Terlebih untuk membuat sebuah toko online pun mesti memilih platform mana yang paling efektif untuk memasarkan produk sehingga penjualan dapat terus meningkat. 

Disinilah salah satu dari peran strategis e-commerce enabler lantaran mampu membuatkan toko online resmi perusahaan di berbagai platform marketplace sekaligus. Seperti Shopee, BliBli, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, akulaku dan JD.ID. Dengan mengelola toko online resmi di berbagai platform sehingga distribusi produk semakin menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Menangani Pemesanan hingga Pengiriman Barang

Bisnis e-commerce pastinya tak lepas dari proses pemesanan secara online dan pengiriman barang. Dengan hadirnya enabler, pemilik usaha bisa melakukan tugas itu secara mudah, efektif, dan efisien. Salah satu wujud layanan enabler ialah mengakomodasi pergudangan sekalian mengelola stok produk.

Selain itu, enabler umumnya akan bekerja sama dengan perusahaan logistik dalam hal pengiriman barang hingga ke tangan pelanggan/konsumen. Kegiatan ini pasti memerlukan waktu dan tenaga khusus yang bisa jadi menambah fokus bisnis untuk pengusaha besar. Oleh karena itu, peran perusahaan layanan itu amat berarti untuk brand.

4. Menyerahkan Laporan Hasil Penjualan

Laporan penjualan merupakan aspek utama dalam upaya mengembangkan atau ekspansi bisnis sebuah perusahaan. Perusahaan e-commerce enabler Indonesia pun memberikan layanan pembuatan laporan penjualan dari setiap akun resmi toko online brand terkait. Meliputi antara lain laporan transaksi penjualan di beberapa marketplace.

Dengan terdapatnya laporan itu, maka perusahaan yang bekerja sama bisa melakukan evaluasi  pada kinerja toko di beberapa platform marketplace. Jadi dapat menentukan langkah ataupun strategi penjualan secara lebih tepat untuk masa yang akan datang.

Endee Communications adalah salah satu e-commerce enabler Indonesia yang terkemuka dan terpercaya. Banyak perusahaan yang telah menggunakan jasa Endee Communications, di antaranya Advan, Niko, Avian dan lain sebagainya.

Bagi Anda selaku pebisnis online yang memiliki brand sendiri, e-commerce enabler "Endee Communications" bisa Anda lirik. Terlebih dengan banyaknya manfaat e-commerce enabler bagi pengusaha yang amat membantu akan sangat memberikan keuntungan. Mulailah bangun brand Anda sendiri dan bergabunglah dengan Endee Communications, e-commerce enabler Indonesia terkemuka dan terpercaya.

Follow Warta Iptek di Google News

2 Responses to "Mengenal Peran E-Commerce Enabler Indonesia untuk Pebisnis"

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.