iklan space 728x90px

Tips Memilih Provider SD-WAN yang Tepat untuk Perusahaan


Dalam mengelola kebutuhan prasarana pada bisnis perusahaan pusat maupun cabang yang semakin besar, tentunya hal ini membutuhkan biaya operasional yang tinggi.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut perusahaan Anda dapat menggunakan teknologi SD-WAN (software-defined wide area network), dimana teknologi ini mampu melakukan penekanan biaya karena efisiensi dan optimalisasi operasional pada hybrid WAN.

Penggunaan dari SD-WAN bisa menghasilkan kinerja bandwidth yang efisien serta memberikan kemudahan seperti instalasi, operasional, dan arsitektur. Selain itu, solusi keamanan yang lengkap supaya bisa membagi bandwidth dengan beberapa koneksi dan menurunkan latensi untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan pengalaman pengguna.. 

Supaya bisa memaksimalkan kinerja tersebut, pemilihan penyedia atau vendor SD-WAN merupakan hal pertama yang wajib  diperhatikan, supaya tujuan efisiensi operasional bisa tercapai dengan baik. Provider SD-WAN tersebut harus memiliki aspek sebagai berikut: 

1. Pengelolaan Terpusat 

Pengurangan kompleksitas pada infrastruktur yang mendasar adalah hasil dari jaringan yang berhasil dikelola. Pada pengelolaannya solusi seperti inilah yang ditawarkan oleh  SD-WAN, jaringan yang harus mudah digunakan. Penyatuan semua jaringan perusahaan dengan lengkap pun, harus menampilkan konektivitas SD-WAN yang diatur oleh sistem, dimana hal ini diawali dari hybrid WAN pada kantor cabang ke prasarana Cloud. Kemudian penggunaan jaringan LAN nirkabel ataupun berkabel, harus dijangkau oleh sistem end-user. Sehingga vendor SD-WAN yang menyediakan pengelolaan terpusat seperti ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi jaringan perusahaan.

2. Implementasi Secara Remote

User yang tersebar dan terpisah oleh jarak jauh, membutuhkan konsep SD-WAN yang berbasis Cloud. Oleh karena itu, solusinya SD-WAN harus mempunyai struktur orkestrasi dan konektivitas dari pusat manajemen ke tempat pengguna secara remote. Vendor SD-WAN juga harus memiliki kesanggupan untuk melancarkan integrasi dengan router yang ada sampai sarana yang lain dapat menghasilkan jaringan cepat secara optimal. 

3. Visibilitas Jaringan

Jaringan software-defined mempunyai peranan yang penting pada visibilitas jaringan. Sehingga lebih baik perusahaan Anda memilih vendor SD-WAN yang menyediakan alat terintegrasi dan memberikan visibilitas end-to-end dari end-user ke Cloud. Visibilitas jaringan sangat penting serta membantu perusahaan Anda untuk mengawasi  pemilihan jalur pada aplikasi atau mengutamakan lalu lintas jaringan berdasarkan aplikasi dan pengguna maupun lokasi. 

4. Melindungi Bisnis Anda

Di era yang sudah maju ini, peretasan menjadi topik utama yang harus dicegah oleh perusahaan-perusahaan di luar sana. Keamanan pada teknologi SD-WAN sendiri seharusnya sudah termasuk dalam paket layanan. Dukungan terpusat untuk keamanan yang sudah disediakan oleh vendor, dapat membantu menyederhanakan dan mengkonsolidasikan manajemen peralatan jaringan secara keseluruhan. 

Keempat penjelasan di atas adalah aspek yang harus dimiliki oleh vendor atau  penyedia SD-WAN, yang salah satunya dapat mengatasi kompleksitas jaringan perusahaan Anda. Pastinya aspek-aspek tersebut dimiliki oleh  SD-WAN Telkom. SD-WAN Telkom menjadi solusi dalam mengelola WAN lebih efisien. Solusi ini mendukung beberapa teknologi (yaitu MPLS, 4G/LTE dll) dan menyediakan pengganti ringan untuk router WAN tradisional. Level up perusahaan Anda dengan SD-WAN Telkom sekarang! 

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Tips Memilih Provider SD-WAN yang Tepat untuk Perusahaan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.