iklan space 728x90px

Ragam Manfaat Cek Tarif Ongkir yang Perlu Diketahui


Kegiatan mengirimkan paket atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya saat ini  menjadi hal yang biasa. Dalam melakukan hal ini ada berbagai hal penting yang mesti Anda ketahui. Selain mengemas barang dengan baik, melakukan cek tarif ongkir juga amat penting.

Kini di Indonesia ada banyak sekali jasa pengiriman barang yang dapat membantu Anda dalam mengirimkan barang atau paket. Bila dulu kita kerap merasa kesulitan saat akan mengirim barang, paket, atau bahan logistik, maka sekarang dengan adanya jasa ekspedisi atau cargo terdekat, kita semakin mudah dalam berkirim paket. 

Akan tetapi sering kali yang menjadi pertimbangan kita saat akan mengirim paket atau barang adalah tarif layanannya. Setiap jasa pengiriman atau ekspedisi pastinya mempunyai tarif yang berbeda-beda. Tarif ongkir reguler dengan beratnya kurang dari 5 kg tentunya akan tidak sama dengan pengiriman kargo. 

Pengiriman kargo biasanya lebih digunakan untuk mengirimkan barang atau paket dalam jumlah yang besar dan banyak sekaligus. Biasanya, minimum berat yang termasuk ke dalam kategori pengiriman kargo ialah barang yang mencapai berat 10 kg atau 50 kg.

Cara Cek Tarif Ongkir

Saat akan mengirim barang maupun berbelanja online, sebagian orang akan melakukan cek ongkir terlebih dulu.

Orang-orang yang menggulati dunia bisnis online seperti pedagang ataupun pembeli online tentu mengharapkan biaya ongkir yang murah.

Tetapi murah tidaknya ongkos kirim sebetulnya berhubungan erat dengan berat barang, alamat tujuan pengiriman, dan jenis dari layanan yang digunakan.

Sementara itu cara mengetahui besaran biaya ongkos kirim ini tidak sulit. Anda tak perlu repot datang jauh-jauh ke kantor atau agen ekspedisi/jasa pengiriman cuma untuk mencari tahu biaya ongkos kirim barang Anda.

Perkembangan teknologi informasi sudah mempermudah nyaris semua sektor kehidupan. Salah satu diantaranya adalah dalam hal pengecekan tarif ongkir barang atau paket.

Melakukan cek tarif ongkos kirim sekarang cukup dari laptop/PC atau gadget Anda di rumah maupun di mana saja Anda berada.

Cara untuk mengetahui tarif ongkos kirim adalah pertama-tama membuka website resmi perusahaan jasa ekspedisi atau cargo yang bersangkutan atau melalui website khusus cek tarif ongkir.

Setelah halaman cek tarif ongkir tampil Anda cukup mengisi nama kota asal dan kota tujuan barang/paket itu dikirim pada kolom/kotak yang sudah tersedia. Selanjutnya tinggal enter/tekan kolom/kotak Cari. Nanti akan terpampang hasilnya di bagian bawah.

Kini, umumnya kebanyakan perusahaan jasa ekspedisi memang telah mempunyai website resminya sendiri-sendiri di mana pengunjung website dapat mencari tahu tarif ongkir di website jasa ekspedisi itu. Bahkan jasa pengiriman seperti Sentral Cargo sudah memiliki aplikasi mobile, baik Android (Google Play Store) maupun iOS (App Strore).

Manfaat Cek Ongkos Kirim

Cek tarif ongkos kirim perlu dilakukan sebelum Anda mengirim barang atau paket. Tarif ongkos pengiriman barang ditentukan oleh berbagai hal, seperti berat, volume, jarak, dan jenis barang. 

Penghitungan tarif ongkir akan berbeda karena tergantung dari jenis pengirimannya. Untuk pengiriman barang reguler biasanya ongkir dihitung menurut berat barang per kilogramnya. Sementara itu untuk pengiriman cargo, ongkos kirim dihitung menurut berat volume atau dimensi.

Berikut ini beberapa manfaat melakukan cek tarif ongkir sebelum mengirimkan paket atau barang.

Mengetahui Biaya Pengiriman

Manfaat utama melakukan pengecekan tarif ongkos kirim ini sudah tentu untuk mengetahui secara pasti dan rinci biaya ongkir barang yang akan Anda kirimkan sehingga bisa menyiapkan uangnya. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa  membantu pengguna untuk melihat perkiraan atau prediksi biaya kirim dari sebuah paket atau barang selain mengunjungi langsung ke website resmi perusahaan jasa ekspedisi/pengiriman barang tersebut.

Mengetahui Kemungkinan Adanya Biaya Tambahan

Setiap barang yang orang kirim umumnya mempunyai ukuran berbeda. Kadang-kadang ada pula jenis barang yang tidak boleh pecah atau terbentur terlampau keras. Disamping membutuhkan penanganan tersendiri barang atau paket khusus seperti umumnya juga mempunyai biaya pengiriman khusus.

Tentu saja pihak jasa pengiriman barang mempunyai aturan dan perhitungannya sendiri-sendiri dalam memberikan tarif biaya barang seperti ini. Oleh sebab itu Anda mesti melakukan cek tarif biaya supaya terhindar dari kesalahan perhitungan.

Bisa Menentukan Estimasi Waktu Pengiriman

Umumnya setiap jasa pengiriman menawarkan paket kirim reguler dan kilat. Biasanya tawaran ini mempunyai perbedaan dari sisi kecepatan waktu estimasi barang sampai di tempat tujuan. Perbedaan lainnya tentunya dari segi harga.

Demikianlah beberapa manfaat melakukan cek tarif ongkir sebelum mengirimkan paket atau barang. Kemudahan yang didapat dalam melakukan pengecekan biaya ongkos kirim ini membuat Anda bisa menyiapkan uang pas saat mengantarkan paket ke jasa pengiriman/ekspedisi barang atau paket.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Ragam Manfaat Cek Tarif Ongkir yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.