iklan space 728x90px

8 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah, Cepat dan Aman


Memiliki perut buncit tentunya mengganggu kenyamanan Anda ketika berpakaian. Namun cuma ada sebagian cara mengecilkan perut buncit yang mudah, cepat, dan aman. Menimbunnya lemak di dalam perut termasuk menjadi penyebab perut Anda buncit. Kondisi ini dapat dialami oleh siapapun, bahkan oleh orang yang bertubuh kurus sekalipun. 

Karena ada berbagai hal yang jadi penyebab membuncitnya perut, seperti genetik dan gaya hidup. Nyatanya pola makan dengan gizi yang cukup pun belum cukup untuk menghindari perut membuncit. Anda perlu mengimbanginya dengan rajin melakukan olahraga untuk membakar lemak di dalam perut. 

Lantas, apa saja cara mengecilkan perut buncit yang mudah, cepat, dan aman dilakukan? Mari, simak beberapa caranya berikut ini. 

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut yang telah dirangkum untuk mengecilkan perut yang buncit. 

1. Rajin berolahraga 

Rutin melakukan olahraga merupakan cara mengecilkan perut buncit yang barangkali kerap terdengar oleh Anda. Biasanya lemak perut akan tertimbun pada orang-orang yang tak pernah melakukan olahraga dan menyebabkan perut menjadi besar sampai bergelambir. 

Usahakan untuk tetap berolahraga setiap hari selama 30 menit, Anda bisa mencoba olahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan, bersepeda, berenang, jogging, dan senam. Bila Anda melakukannya secara teratur, maka cara menghilangkan perut buncit ini dapat membantu menjaga berat badan, membakar lemak tubuh, dan meningkatkan denyut jantung. 

2. Perbanyak asupan serat dan protein 

Di samping berolahraga yang rutin, Anda bisa mulai memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein dan serat untuk menghilangkan perut buncit Anda. Pada sistem pencernaan, serat diproses memerlukan waktu yang lama sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. 

Akhirnya Anda pun bisa mengurangi asupan kalori. Di samping itu, serat dapat menjaga fungsi dari sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut tampak kecil dan perut kembung. 

Sebuah riset yang terdapat pada jurnal Nutrition and Metabolism (2012) menyatakan bila protein dapat membantu tubuh untuk memperbaiki jaringan otot dan membuat tubuh merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Riset ini juga mendapatkan bila orang yang mengonsumsi protein seperti susu, telur, daging memiliki kadar lemak perut amat rendah. 

3. Kurangi mengonsumsi karbohidrat olahan 

Tidak cuma meningkatkan asupan protein dan serat, Anda juga mesti mengurangi mengonsumsi makanan olahan yang tinggi dengan karbohidrat seperti gula. Anda tentunya tahu bila karbohidrat merupakan sumber energi tubuh, tetapi tak semua jenisnya baik untuk Anda konsumsi. 

Misalnya, mengonsumsi terlampau banyak gula dapat menaikkan kadar lemak pada darah bahkan bisa menyebabkan diabetes. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat bagi tubuh, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Lantas tidak kalah penting pula untuk mengecilkan perut dengan mengurangi karbohidrat pun mesti diikuti dengan memenuhi AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian. 

4. Lakukan latihan ketahanan 

Latihan ketahanan atau resistance training ialah sebuah cara untuk mengecilkan perut yang amat terkenal di kalangan masyarakat. Olahraga ini dipercaya tepat untuk Anda yang ingin mengurangi kalori, tetapi tetap ingin mempunyai massa otot. 

Di samping itu, meningkatkan massa otot juga dapat membantu tubuh untuk membakar kalori yang banyak sekali meskipun Anda sedang beristirahat. Anda bisa melakukan latihan ketahanan, seperti angkat beban, squat, dan lunges. 

5. Penuhi asupan cairan 

Bila terbangun dan ukuran perut Anda kelihatan lebih besar, bisa jadi Anda mengonsumsi makanan terlampau banyak di malam hari. Tetapi, tak perlu cemas karena ada cara agar perut tidak buncit, yaitu dengan mencukupi asupan cairan setiap harinya.

Mengonsumsi cairan bukan cuma dari air putih saja. Sumber cairan yang tubuh perlukan dapat Anda peroleh melalui makanan yang mengandung air seperti sup, jus buah, dan smoothies. 

Mengonsumsi smoothies dan buah-buahan saat sarapan bukan cuma dapat menghilangkan perut buncit, tetapi pula membantu memperlancar sistem pencernaan agar tidak sembelit. 

6. Jam tidur yang cukup 

Di samping bermanfaat bagi kesehatan, menjaga kebutuhan tidur supaya selalu terpenuhi juga merupakan cara untuk mengecilkan perut. Suatu penelitian dari jurnal Metabolism menyatakan bila kurang tidur dapat memengaruhi hormon pengatur nafsu makan. 

Hal itulah yang membuat Anda merasa mudah lapar, terutama pada malam hari saat semestinya tubuh Anda beristirahat. Di samping itu, para peneliti juga mencatat bila meningkatkan kualitas durasi tidur dapat membantu menurunkan berat badan. 

Hal itu pun berlaku ketika Anda ingin mengusir lemak visceral dalam perut sehingga Anda mesti mengatur aktivitas harian serta mengurangi begadang. 

7. Meningkatkan kebutuhan asupan lemak sehat 

Lemak terdiri dari dua jenis yang berbeda, yaitu lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Lemak tak jenuh lazim kita kenal dengan sebutan lemak sehat karena lemak ini amat baik bagi tubuh. Mementingkan lemak sehat pada menu makanan Anda setiap hari merupakan cara mengecilkan perut yang amat mudah dilakukan. 

Sumber lemak sehat yang baik untuk mengatasi perut yang buncit antara lain minyak zaitun, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak wijen, dan selai kacang bebas gula tambahan. 

8. Kunyah makanan pelan-pelan 

Tahukah Anda bila makan terlampau cepat bisa menyebabkan tubuh mendapatkan asupan kalori yang berlebihan? Karena mengunyah makanan terlampau cepat dapat membuat otak Anda tidak mendapatkan waktu untuk mengirimkan sinyal perasaan kenyang ke dalam tubuh. 

Di samping itu, mengunyah makanan perlahan-lahan bisa  membantu menghindari rasa kembung dalam perut. Bila makanan tidak Anda kunyah dengan baik, tubuh pun akan kesulitan untuk mencernanya dan berisiko Anda menderita sembelit. Untuk itu cobalah untuk mengunyah makanan perlahan-lahan agar nantinya perut Anda tidak bertambah buncit. 

Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit yang dapat Anda coba mulai dari sekarang. Lakukanlah semua cara di atas secara konsisten agar Anda memperoleh hasil yang optimal. 


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "8 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah, Cepat dan Aman"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.