iklan space 728x90px

5 Manfaat Alpukat Mentega untuk Tubuh yang Perlu Diketahui


Alpukat adalah salah satu jenis buah-buahan yang amat disukai. Rasa daging buahnya yang lezat dan kaya dengan manfaat menyebabkan banyak orang berburu buah alpukat, terutama jenis alpukat mentega. Manfaat alpukat mentega untuk tubuh pun termasuk sangat banyak. 

Alpukat mentega adalah buah asal Amerika Tengah. Alpukat mentega mempunyai bentuk dan warna buah yang tak jauh berbeda dengan alpukat pada umumnya. Cukup sulit untuk membedakan mana jenis alpukat mentega dan alpukat biasa secara fisik.


Perbedaan Alpukat Mentega dan Alpukat Biasa

Walau sulit membedakan alpukat mentega dan alpukat biasa melalui visual terdapat dua perbedaan yang utama antara alpukat mentega dan alpukat biasa. 

1. Rasa Alpukat Mentega

Cita rasa alpukat mentega dan alpukat biasa berbeda lho. Alpukat mentega mempunyai cita rasa yang lebih gurih daripada alpukat biasa dengan daging buahnya yang halus dan lembut.

2. Harga Alpukat Mentega

Perbedaan lainnya antara alpukat mentega dan alpukat biasa adalah dari sisi harga jual keduanya. Harga alpukat mentega terbilang lebih mahal dibandingkan dengan harga alpukat biasa. 

Apabila membeli di pasar, satu kilogram alpukat mentega bisa mencapai Rp30.000 dan yang alpukat biasa satu kilogram bisa Rp20.000. Tetapi ketika alpukat dijual di toko buah modern harga dua alpukat ini pun bisa melambung. 

Manfaat Alpukat Mentega

Alpukat mentega merupakan varietas unggul. Keunggulan Alpukat Mentega diantaranya produktivitas buahnya sepanjang tahun dan tahan terhadap ulat berkat kandungan enzim antiprotease.

Sesuai dengan namanya, daging buah dari alpukat mentega berwarna kuning layaknya mentega. Lantaran daging buahnya yang tebal membuat alpukat jenis ini kaya dengan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tanaman dengan nama latin Persea americana ini diperkaya dengan 20 kandungan nutrisi penting seperti mineral, vitamin, dan zat bergizi lainnya sehingga alpukat mentega lazim dicari sebagai obat dari beragam macam penyakit. 

Berikut manfaat mengonsumsi alpukat mentega yang dapat Anda peroleh.

1. Alpukat Mentega Mampu Mendetoks Racun dalam Tubuh Secara Alami

Walau tak terlihat, tubuh manusia mempunyai racun yang dapat mengganggu sistem metabolisme. Untuk mencegah penghambatan dalam tubuh ini Anda perlu melakukan detoks secara teratur. Alpukat mentega dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin mendetoks racun di dalam tubuh. 

Alpukat mentega mampu melancarkan sistem pencernaan dan mengoptimalkan gerakan peristaltik karena banyak mengandung serat. Usus yang bisa bergerak secara baik akan mempermudah organ pencernaan untuk menjalani fungsinya. Serat yang ada pada alpukat mentega ini sanggup menghindari radang dan inflamasi.

2. Alpukat Mentega Menghindarkan Tubuh dari Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah salah satu kondisi yang cukup mencemaskan. Untuk menghindari osteoporosis Anda perlu mengonsumsi kalsium supaya bisa menguatkan tulang. Di dalam alpukat mentega ada kandungan vitamin K yang diketahui baik sanggup melindungi dan menguatkan tulang. Bila Anda mengonsumsi alpukat mentega dengan cara rutin, resiko timbulnya pengeroposan tulang akan jauh menurun.

3. Alpukat Mentega Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Persea Americana mengandung vitamin E dan gluthatione yang berperan sebagai senyawa antioksidan. Dengan hadirnya zat ini alpukat mentega bisa menangkal serangan radikal bebas dan menghindari penyakit kanker. Sebagaimana yang kita ketahui, radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa merusak jaringan sel dan berkembang menjadi kanker.

4. Alpukat Mentega Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang kerap datang mendadak dapat merenggut nyawa seseorang. Tanpa mengenal waktu dan usia, penyakit jantung tak pandang bulu dalam mencari korbannya. Guna mengurangi risiko terkena penyakit jantung ini Anda perlu mengonsumsi mineral magnesium dan asam folat.

Di dalam alpukat mentega terkandung mineral magnesium dan asam folat yang dapat Anda peroleh sekaligus. Paduan dari dua zat ini diketahui sanggup menjaga kesehatan pembuluh darah yang ada pada area jantung. Dengan demikian aliran darah ke bagian organ itu menjadi lebih lancar lagi.

5. Alpukat Mentega Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Sedang menjalani program penurunan berat badan? Bila iya, Anda perlu mencoba mengonsumsi alpukat mentega sebagai cemilan harian. Meski mengandung asam oleat dan serat, mengonsumsi alpukat mentega bisa membuat Anda kenyang lebih lama dari lazimnya.

Walau mengandung lemak, bukan berarti alpukat mentega tak dapat dijadikan sebagai menu utama dalam program penurunan berat badan. Karena kandungan lemak pada alpukat mentega ditengarai sebagai lemak baik yang bisa membantu program penurunan berat badan.

Penasaran ingin merasakan manfaat alpukat mentega? Segera dapatkan di Sesa.id. Sesa.id atau Sesa Indonesia adalah supermarket sehat online yang menyediakan kebutuhan sehat komplit dari mulai makanan sehat, produk kesehatan dan kecantikan, hingga alat rumah tangga. Untuk mempermudah berbelanja, Anda bisa download aplikasi sesa.id di App Store dan Play Store. 

Sumber Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-alpukat-mentega


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "5 Manfaat Alpukat Mentega untuk Tubuh yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.