iklan space 728x90px

4 Tips Memilih Cat Tembok Rumah yang Bagus


Cat tembok merupakan bahan untuk melapisi permukaan tembok supaya bisa  melindungi dan menambah indah tampilan. Tujuan dari mengecat tembok yakni agar dinding nampak lebih rapi, indah, dan segar. Dengan demikian suasana akan lebih nyaman dan kelihatan baru.

Kini di pasaran memang telah ada banyak merk cat tembok yang dijual secara online ataupun offline. Ada sebagian cat yang diproduksi khusus untuk kebutuhan tembok luar rumah (eksterior), tetapi ada pula cat untuk tembok bagian dalam (interior).

Cara Memilih Cat Tembok Rumah yang Bagus

Setiap merk tentunya mempunyai karakteristik masing-masing. Nah, Anda dapat melakukan cara-cara di bawah ini ketika memilih cat tembok rumah supaya memperoleh produk dengan kualitas yang baik.

1. Pahami lokasi tembok yang akan dicat

Rumah Anda pasti mempunyai beberapa bagian. Pada umumnya setiap bagian tersebut akan dibatasi oleh adanya pintu. Misalnya saja kamar tidur yang di dalamnya dilengkapi dengan kamar mandi. Kecuali pintu, ada pula jendela pada dinding yang bisa menunjukkan bahwa rumah Anda mempunyai bagian interior ataupun eksterior rumah. Pada setiap bagian tersebut membutuhkan perlakuan khusus supaya tampilannya menjadi lebih menarik.

Contohnya Anda akan memperindah bagian depan rumah dengan warna-warna yang elegan. Anda bisa memilih merk cat tembok khusus eksterior yang tahan pada perubahan cuaca, debu, ataupun polusi. Sementara itu Anda bisa memilih cat tembok khusus interior untuk memperindah dinding rumah bagian dalam yang water-based supaya mudah dibersihkan. Dengan demikian cat tembok yang diterapkan tidak mudah pudar lantaran mempunyai formulasi khusus.

2. Perhatikan daya tahan dari merk cat tembok yang akan dibeli

Setiap cat tembok tentunya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda-beda sehingga tidak mengherankan bila daya tahannya pun berbeda-beda. Cat tembok yang daya tahannya bagus tentunya bisa dianggap mempunyai kualitas yang baik. Daya tahan yang dimaksud di sini adalah warna cat rumah tidak gampang mengelupas, tidak cepat luntur ketika terkena pancaran sinar matahari atau terpaan hujan, tak mudah berjamur, dan lain sebagainya.

Umumnya hal itu pun akan berbanding lurus pada harga jual yang ditentukan. Semakin baik daya tahannya, maka akan semakin mahal juga harganya. Dengan menggunakan produk cat tembok bermutu tinggi, Anda tidak perlu mengadakan pengecatan ulang untuk beberapa waktu sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran?

3. Tentukan hasil akhir cat tembok 

Anda tentu tahu bila setiap cat tembok mempunyai karakteristik yang berlainan. Ada cat tembok yang dapat memberikan hasil akhirnya doff atau matte, glossy (high gloss dan semi gloss) , satin, maupun eggshell. Nah, hasil akhir cat tembok manakah yang Anda ingini?

Bila Anda ingin mempunyai tembok luar rumah dengan kesan semuanya menempel secara baik, maka Anda bisa memilih doff atau matte. Tetapi Anda bisa memilih glossy jika menginginkan tembok rumah Anda nampak berkilau ketika terkena cahaya. Di samping itu, satin bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan kesan mewah tetapi tidak terlampau mengkilap. Selebihnya Anda bisa memilih eggshell jika ingin dinding rumah nampak seperti mempunyai tekstur.

4. Sesuaikan warna tembok rumah dengan kesan yang diharapkan

Umumnya setiap merk akan menyediakan berbagai macam warna yang bisa Anda pilih sesuai kehendak. Bila Anda ingin ruangan rumah yang sempit mempunyai kesan luas, maka warna putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi ungu, biru muda, hijau lumut, dan hijau tosca bisa Anda pilih untuk memberikan kesan ruangan yang tenang dan elegan.

Untuk Anda yang ingin mengedepankan kesan ceria pada tembok rumah, maka bisa memilih warna kuning lemon, hijau limau, dan merah muda. Di samping itu, warna kuning, cokelat, merah, dan merah orange adalah contoh pilihan warna yang tepat guna menghadirkan kesan bersemangat, hangat, nyaman, dan harmonis. Sedangkan supaya suasana di rumah sesuai dengan karakter Anda yang berani dan tegas, maka memilih warna merah menyala, biru dongker, biru tua, dan hijau tua adalah langkah yang jitu.

Berbicara soal cat tentu Anda pernah mendengar atau malah familiar dengan Avian? Nah, dua produknya yakni Avitex One Coat dan Sunguard All-In-One menjadi merk cat tembok terbaik di Indonesia dan telah mempunyai Green Label Singapore. Dengan demikian produk ini ramah terhadap lingkungan, aman untuk kesehatan, dan tentunya aman digunakan untuk mengecat tembok rumah Anda. 

Menariknya cat tembok Avitex One Coat bisa memperindah tembok rumah cuma dengan 1 kali pengecatan. Walaupun begitu, waktu pengeringannya pun tidak terlampau lama sebab karakter cat ini memang cepat kering. Sehingga Anda bisa menghemat waktu sekaligus biaya. Cat tembok dengan bahan dasar air ini mempunyai hasil akhir matte yang tentu saja juga anti jamur, tidak gampang berlumut, dan tidak cepat pudar.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "4 Tips Memilih Cat Tembok Rumah yang Bagus"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.