iklan space 728x90px

Yuk Kenali Apa Itu Out Of Home Advertising!


Apakah Anda pernah melihat adanya konten digital di layar TV mini di pinggir-pinggir jalan? Atau pada direktori digital yang ada di mal, maupun papan reklame digital di bagian sebelah bus? Itu semuanya merupakan contoh penerapan dari out of home advertising.

Perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook sudah memimpin dalam dunia periklanan online. Tetapi saat mereka ingin menyebarluaskan berita mengenai produk atau fitur terbaru mereka, mereka berubah memakai teknik out-of home advertising dengan cara membeli iklan papan reklame di seluruh penjuru dunia.

Dalihnya simple yakni ketika Anda ingin pesan pemasaran online diperhatikan, Anda mesti melakukan out of home advertising. 

Apakah Itu Out of Home Advertising

Out of home advertising (OOH) merupakan salah satu jenis advertising yang bisa ditemui di luar rumah, baik di jalan-jalan, di dalam mal, dan lain sebagainya.  

OOH advertising saat ini memadukan dengan perkembangan teknologi digital guna membuatnya menjadi sarana yang efektif untuk para pengiklan dan pemasar.

Out of home advertising atau kerap dinamakan outdoor advertising adalah bentuk iklan yang targetnya ada di luar rumah. OOH dapat dikatakan fleksibel sebab dapat menjangkau audiens yang tengah “on the go” atau tengah bergerak dan diselaraskan dengan kebiasaan mereka. 

Bisnis-bisnis dan perusahaan-perusahaan menggunakan Out of Home Advertising ini untuk mempromosikan brand sekaligus menyampaikan pesan-pesan mereka.

Jenis-jenis out of home advertising adalah sebagai berikut:

  • Papan reklame/billboard
  • Retail advertising
  • Vehicle advertising


Manfaat OOH Advertising

Sesudah mengetahui pengertian dan contoh pemanfaatan out of home (OOH) advertising, pastinya anda penasaran dengan manfaatnya untuk perusahaan atau brand.

Ini merupakan penyebab OOH penting dan ampuh untuk dimanfaatkan:

1. Meningkatkan brand awareness

Dengan memajang iklan di area-area publik, Anda akan menaikkan brand awareness untuk orang-orang yang tak terjangkau oleh iklan Anda di media sosial. 

Teknik ini pun cocok digunakan bila Anda ingin mempromosikan produk atau layanan yang baru dirilis oleh perusahaan Anda.

Bila dibandingkan dengan teknologi marketing yang lainnya, pemasangan billboard di area yang padat mempunyai impression yang lumayan tinggi.

2. Menjangkau lebih banyak target pasar

Out of home advertising atau ooh advertising bisa menjangkau lebih banyak target pasar atau malah menarik orang yang sebelumnya belum masuk ke dalam target pasar Anda. 

OOH advertising merupakan model iklan yang tak dapat dilalui dan seolah-olah menuntut Anda untuk melihatnya.

Saat melihat iklan online di media sosial,  Anda dapat saja memilih untuk melalui iklan itu. Tetapi dengan iklan OOH yang terpajang jelas di depan mata, mau tak mau anda akan melihat dan memerhatikannya bila memang iklan itu menarik.

Dengan memakai OOH advertising, Anda pun bisa meyakinkan orang yang melihat iklan itu bahwa produk yang diiklankan ada di area seputar mereka.

3. Menyampaikan pesan secara efektif

Terakhir, manfaat penggunaan OOH advertising ialah menyampaikan pesan secara efektif. 

Salah satu contoh penyampaian pesan yang efektif memakai billboard ialah iklan Go-Jek di tahun 2017. Go-Jek memasang billboard di wilayah yang amat padat dan nyaris selalu macet, yakni salah satu perempatan di Kuningan, Jakarta Selatan.

Billboard itu tak ada gambar seperti umumnya, cuma tulisan panjang dari awal sampai akhir. Tulisan iklan itu ialah, “Dari tadi belum nyampe perempatan Kuningan juga? Go-Jekin aja.”

Ini menjadi salah satu contoh iklan billboard yang lumayan menarik perhatian. Karena iklan ini mengajak orang yang sedang terjebak di kemacetan untuk berinteraksi dan di akhirnya langsung menjual layanan sebagai solusinya untuk mencegah kemacetan itu. 

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai out of home (OOH) advertising. Walaupun membutuhkan bujet yang relatif tinggi, OOH advertising tetap merupakan salah satu siasat yang menurut berbagai perusahaan masih dipandang ampuh dalam meningkatkan bisnisnya.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Yuk Kenali Apa Itu Out Of Home Advertising!"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.