iklan space 728x90px

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Seperti Ingus


Keputihan merupakan hal yang wajar saja dialami oleh para wanita. Bentuk dari keputihan pada setiap wanita juga berbeda-beda. Ada yang mengalami keputihan dengan konsistensi cair dan bening, ada pula yang mengalami keputihan yang kental seperti ingus, namun tidak diiringi oleh gatal pada area v4gin4.

Lalu, apa penyebab keputihan kental seperti ingus tidak gatal? Apakah kondisi ini termasuk dalam jenis keputihan normal atau tidak normal?

Keputihan sendiri pada umumnya memiliki tekstur yang encer hingga kental. Untuk warnanya pun biasanya bening atau putih seperti susu. Selama keputihan tersebut tidak disertai dengan gatal, keputihan masih bisa dianggap normal. 

Namun, untuk lebih pastinya, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter secara langsung. Anda bisa konsultasi secara online di sini.

Agar Anda lebih paham, berikut ini penjelasan lengkapnya tentang keputihan yang dialami wanita.

Keputihan normal vs tidak normal

Keputihan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu keputihan normal dan juga keputihan tidak normal. Umumnya, keputihan tidak normal menjadi tanda bahwa ada infeksi yang menyerang organ intim kewanitaan. Berikut ini penjelasan lengkap dari keputihan normal dan tidak normal:

Keputihan normal 

Keputihan merupakan hal yang normal dialami para wanita. Keputihan merupakan salah satu cara alami tubuh untuk membersihkan organ intim kewanitaan. Keputihan ini juga memiliki fungsi menjaga kelembapan yang ada pada v4gin4. 

Setiap wanita, akan memiliki ciri-ciri keputihan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan warna, jumlah, dan tekstur dari keputihan itu dipengaruhi oleh hormon yang diproduksi oleh tubuh wanita. 

Biasanya, enam bulan sebelum anak perempuan menstruasi, ia akan mengalami kondisi keputihan ini. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh adanya perubahan hormon saat pubertas. Keputihan ini juga biasanya muncul pada wanita yang menyusui atau sedang mengalami stres. Bisa juga karena adanya rangsangan seksual.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari keputihan yang normal dialami para wanita:

  • Tidak memiliki bau yang menyengat
  • Tidak menimbulkan gatal atau nyeri pada v4gin4
  • Memiliki tekstur yang encer atau sedikit kental
  • Berwarna bening atau bisa juga berwarna putih susu

Jika Anda mengalami keputihan seperti gejala di atas, berarti kondisi tersebut masih tergolong normal dan tidak terlalu membutuhkan penanganan khusus. 

Keputihan tidak normal

Keputihan jenis ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada organ intim kewanitaan. Infeksi tersebut bisa saja dikarenakan oleh jamur, bakteri, maupun parasit. Keputihan tidak normal atau abnormal ini dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu, infeksi menular dan tidak menular. 

Pada infeksi yang tidak menular, biasanya keputihan ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri maupun jamur. Kondisi tersebut biasanya disebut dengan vaginosis bakterialis dan juga candidiasis. 

Untuk jenis infeksi yang menular, keputihan biasanya terjadi akibat adanya penyakit menular seksual (PMS) seperti, gonore, trikomoniasis, dan juga chlamydia. 

Keputihan tidak normal atau abnormal ini juga menjadi tanda dari adanya kanker pada rahim atau leher rahim wanita. Berikut ini adalah ciri-ciri dari keputihan tidak normal:

  • Memiliki bau yang tidak sedap. Biasanya berbau amis atau busuk
  • Menimbulkan rasa gatal atau nyeri pada v4gin4
  • Memiliki warna yang kekuningan, hijau, ataupun keabu-abuan

Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya Anda segera konsultasikan ke dokter, ya.

Penyebab keputihan seperti ingus 

Keputihan yang memiliki tekstur seperti ingus namun tidak gatal, bisa saja dikarenakan Anda sedang berada pada masa subur atau berada pada masa akhir haid. Pada masa ini, biasanya organ intim kewanitaan akan mengeluarkan keputihan dengan konsistensi yang agak kental.

Pada masa ini, hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh berada dalam kadar yang rendah. Hal inilah yang mengakibatkan konsistensi dari keputihan menjadi sedikit berubah.

Kondisi ini merupakan kondisi yang normal dan tidak diperlukan adanya penanganan yang berlebih. Justru ini keputihan seperti ini bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang berada di masa subur. Bagi Anda yang sedang menunggu kehadiran buah hati, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk berhubungan dengan pasangan.

Pada intinya, selama keputihan tersebut tidak disertai dengan adanya gatal maupun bau yang tidak sedap, maka keputihan bisa dikatakan normal. 


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Seperti Ingus"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.