iklan space 728x90px

Memahami Peran Penting Cloud Service Saat Ini


Apakah saat ini penggunaan cloud service sangat penting? Jika Anda adalah orang yang berkecimpung di dunia digital, tentu jawabannya adalah ya. Terutama di zaman sekarang ini ketika kolaborasi dalam setiap pekerjaan membutuhkan teknologi cloud service yang telah terbukti menjadi solusi bagi banyak perusahaan. Dengan cloud service, pekerjaan menjadi lebih fleksibel, terutama terkait waktu, dan interaksi dengan rekan kerja pun menjadi lebih praktis meskipun saling berjauhan.

Bagi Anda yang belum memahami cloud service, berikut akan dijelaskan lebih detail, mulai dari pengertian, fungsi, tipe, dan juga jenis yang tersedia saat ini.

Cloud service dapat dikatakan sebagai layanan untuk setiap pengguna yang saling terhubung dengan koneksi internet dan juga cloud computing. Cloud service bertujuan untuk membuat semua pekerjaan menjadi lebih cepat, praktis, serta terjangkau karena perusahaan tidak perlu lagi membangun infrastruktur yang kompleks. Jika Anda harus membeli server sendiri tentu Anda akan mengeluarkan anggaran yang lebih besar. Sebaliknya, dengan memanfaatkan cloud service Anda akan dapat menghemat anggaran. 

Lalu, seberapa penting dan seberapa besar manfaat yang ditawarkan cloud service? 

Pertama, cloud service membantu bisnis menjadi lebih cepat berkembang. Dengan terpenuhinya infrastruktur yang sudah disediakan cloud service, perusahaan bisa lebih fokus mengoptimalkan pekerjaan lainnya, seperti menghadirkan inovasi produk terbaru. 

Kedua, bisnis dapat melakukan efisiensi biaya karena tidak perlu lagi melakukan perawatan bahkan pembaruan software sekaligus hardware karena sudah menjadi fasilitas yang disediakan oleh penyedia cloud service. 

Ketiga, cloud service menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Ketika bisnis membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang jumlahnya semakin besar, layanan ini dapat langsung menyesuaikannya. 

Setelah memahami peran penting cloud service, mari kita simak jenis-jenis cloud service yang tersedia saat ini. 

Public Cloud

Dengan public cloud, Anda bisa berbagai layanan cloud dengan pengguna lain dan menggunakannya langsung dari pihak ketiga. Kebutuhan yang disediakan oleh cloud jenis ini, antara lain server berkualitas dan kapasitas penyimpanan bersama—yang tentunya memerlukan jaringan internet dan bisa mengakses browser yang ada secara langsung. 

Private Cloud

Jenis private cloud yang hanya dimiliki oleh perusahaan tertentu saja dengan memenuhi kriteria khusus. Biasanya, perusahaan berskala besar yang menyimpan banyak data bersifat sangat rahasia yang menggunakan layanan cloud jenis ini. Sesuai namanya, hanya ada satu pengguna (atau satu perusahaan) yang terdedikasi dengan layanan private cloud ini. Dengan demikian, spesifikasi cloud disesuaikan hanya untuk kebutuhan pengguna tunggal tersebut. 

Hybrid Cloud

Jenis ketiga adalah hybrid cloud yang memungkinkan bisnis, baik skala kecil maupun skala besar, untuk mengintegrasikan atau menghubungkan private cloud dengan infrastruktur yang ada pada public cloud. Layanan ini bisa ditemukan pada perusahaan cloud service terbaik, seperti neuCentrIX, yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dengan jaminan jangkauan yang sudah lebih luas karena terhubung dengan kapasitas dan kapabilitas Telkom Group.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Memahami Peran Penting Cloud Service Saat Ini"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.