iklan space 728x90px

Cara Membuat dan Restore System Image Backup pada Windows 8.1


Sistem operasi besutan Microsoft yakni Windows 8.1 telah menghilangkan salah satu fitur backup. Hal ini tidak sepenuhnya benar, sedangkan sistem grafis antarmuka untuk membuat sistem image telah dihapus, tetapi sebenaranya Anda masih dapat membuat sistem image dengan PowerShell cmdlet.

Ini adalah kabar bagus bagi sistem administrator karena memungkinkan mereka untuk membuat dan mengembalikan backup sistem image tanpa harus pindah atau menggunakan perangkat dari pihak ketiga seperti Norton Ghost. Sistem image berbeda dengan backup image yang dibuat dengan recimg karena mengandung snapshot penuh dari sistem hard drive, termasuk" user files and settings".

Bikin Backup Sistem Image

Langkah pertama adalah, Anda harus menghubungkan drive eksternal pada sistem yang nantinya akan berfungsi sebagai drive cadangan. Anda juga bisa membuat backup ke folder bersama melalui jaringan. Namun, Anda tidak dapat menyimpan backup sistem image ke sistem drive atau drive backup yang lain.

Selanjutnya, buka jendela PowerShell sebagai administrator. Untuk melakukannya, tekan Windows Key + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) dalam menu yang muncul. Anda juga dapat mencari PowerShell dari layar. Start, klik kanan, dan pilih "Run as Administrator". 


Pada jendela PowerShell, jalankan perintah seperti yang berikut ini untuk memulai backup:

"wbAdmin start backup -backupTarget:E: -include:C: -allCritical -quiet"

Perintah di atas memberitahu Windows untuk membuat backup drive C: ke drive E:, termasuk semua volume yang mengandung sistem State. Semua ini akan dijalankan dengan memberitahu cmdlet untuk berjalan secara otomatis.

Tentu saja, Anda harus mengganti nilai dengan nilai-nilai pilihan sendiri. Alih-alih "E:" untuk target backup, menggunakan nama drive yang ingin digunakan untuk menyimpan sistem image. 

Jika Anda ingin membuat backup beberapa drive atau partisi dalam sistem image, Anda akan memasukkan mereka sebagai daftar dipisahkan koma:

"wbAdmin start backup -backupTarget:E: -include:C:,D;,F: -allCritical -quiet"

Anda juga bisa kembali ke folder bersama melalui jaringan:

"wbAdmin start backup -backupTarget: WremoteComputerWFolder –include:C: -allCritical -quiet"

Untuk informasi lebih lanjut tentang sintaks cmdlet ini, Anda bisa berkonsultasi Wbadmin.

Anda juga dapat menjalankan wbAdmin unutk memulai backup tanpa switch guna melihat opsi perintah itu. 

Perintah ini memerlukan waktu untuk menjalankan. Setelah itu dilakukan, Anda akan menemukan folder "WindowsImageBackup" yang berisi backup image Anda pada drive backup yang telah ditentukan.

Restore System Image Backup

Backup sistem image tidak dapat dipulihkan dari dalam Windows karena mereka akan menimpa (overwriting) seluruh sistem Windows. Untuk mengembalikan backup sistem image, Anda akan perlu boot dari media instalasi Windows 8.1, recovery drive, atau system repair disc.

Masukkan media instalasi atau drive recovery dan reboot komputer. Ketika proses instalasi mulai, klik link "Repair your Computer". 



Klik tile Troubleshoot untuk mengakses opsi pemecahan masalah. 


Klik tile Advanced Options untuk mengakses opsi yang ditujukan untuk pengguna yang lebih mahir. 


Pilih opsi System Image Recovery untuk re-image komputer Anda dari image sistem. 

Selanjutnya Windows akan memandu Anda untuk melakukan restore system image backup. Hubungkan drive eksternal yang berisi backup image sistem ke komputer Anda jika Anda belum melakukannya. 



Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Cara Membuat dan Restore System Image Backup pada Windows 8.1"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.