iklan space 728x90px

Mengenal Jira, Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik yang Mudah Digunakan


Jira adalah salah satu aplikasi manajemen team terbaik yang mudah digunakan saat ini. Jira menjadi salah satu software yang bisa membantu setiap pengelolaan pekerjaan dan pengagendaan Anda secara baik. Anda dapat mengatur, merencanakan, serta menelusuri seluruh proyek yang diinginkan dengan menggunakan aplikasi manajemen ini.

Aplikasi manajemen Jira diciptakan dengan fokus utamanya pada manajemen proyek. Atlassian membuat dan mengembangkan Jira dengan menawarkan berbagai pilihan dalam pengaturan tugas suatu proyek. Dengan demikian tidak heran bila ada berbagai fitur menarik yang diberikan pada aplikasi kepada para penggunanya. 

Menurut laman BRI Tech, Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu pengguna setia Jira. Divisi Digital Center of Excellence atau Divisi DCE yang merupakan salah satu divisi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) berperan mengembangkan aspek bisnis dan layanan digital banking. Dalam tugasnya, Divisi DCE ini menggunakan kolaborasi dari berbagai aplikasi dan Jira menjadi pusatnya aplikasi manajemen proyek Divisi DCE BRI.

Sesungguhnya ada berbagai macam aplikasi atau tools yang bisa Anda gunakan. Jira adalah salah satu dari banyak pilihan yang bisa Anda gunakan. Beragam fitur yang terdapat di dalamnya akan mempermudah Anda dalam mengerjakan sebuah proyek, berkomunikasi dengan tim, hingga mengawasi perkembangannya. Apa saja yang ditawarkan oleh Jira untuk penggunanya? 

Manfaat Jira

Sebagaimana telah dikatakan di awal, aplikasi ini bisa memudahkan Anda dalam menangani berbagai macam proyek yang sedang dijalankan.

Mengutip informasi dari website resmi Jira, yakni www.atlassian.com, semula Jira cuma software untuk menemukan bug maupun permasalahan dalam sebuah perangkat lunak.

Akan tetapi dalam perkembangannya, Jira sudah berubah menjadi software untuk mengelola berbagai macam kebutuhan, terutama pengembangan aplikasi.

Tersedianya berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan merupakan hal yang membedakan Jira dengan aplikasi sejenis lainnya.

Jira bisa memberikan user experience yang baik. Hal ini dibuktikan dengan jarangnya timbul masalah saat dalam penggunaannya.

Tidak cuma bagi tim, Jira pun berguna untuk manajemen guna mengetahui kemajuan dari sebuah proyek.


Fitur-Fitur Unggulan Jira

Apa saja fitur-fitur unggulan yang ditawarkan Jira? Berikut ini 6 fitur unggulan yang fungsional dalam Jira. 

1. Task assignment

Task assignment menjadi fitur wajib untuk aplikasi atau tools pada manajemen proyek. Fitur task assignment pada Jira dilengkapi dengan antarmuka tentang alur kerja yang sedang dijalankan. Ini akan menjadikan seluruh anggota tim, malahan tim yang lainnya bisa mengetahui sudah sampai sejauh mana perkembangan dari sebuah proyek yang sedang digarap. 

2. Scrum dan Kanban boards

Dalam manajemen proyek ada sebuah metode yang bisa digunakan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Metode tersebut dinamakan Scrum dan Kanban.

Tersematnya fitur Scrum dan Kanban boards pada Jira merupakan salah satu kelebihan Jira dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Dengan adanya fitur ini membuat sebuah tim bisa lebih mudah melakukan brainstorming. Setiap anggota tim bisa saling berkolaborasi untuk menentukan prioritas kerjanya karena fitur ini terbilang cukup intuitif.

Tidak cuma itu, anggota tim pun bisa mengetahui berbagai masalah dari anggota lainnya yang didapat selama proyek berlangsung. 

3. Roadmaps

Adanya fitur roadmaps bisa membuat anggota tim mengetahui gambaran ke depannya. Dengan hadirnya peta jalan, anggota tim akan lebih fokus pada segala apa yang dikerjakannya. Malahan pemimpin tim bisa mengontrol penuh terhadap berbagai macam pekerjaan yang dikerjakan.

Lewat roadmaps, pemimpin tim bisa melihat gambaran proyek secara utuh sehingga memudahkan pengambilan ketentuan. 

4. Kustomisasi

Kustomisasi adalah fitur penting yang diperlukan supaya bisa lebih nyaman mengoperasikan aplikasi. Software Jira juga menyediakan fitur kustomisasi. Adanya kustomisasi emoji merupakan salah satu keunikan kustomisasi yang diberikan Jira. Ini akan menjadikan task atau message yang diberikan akan lebih spesifik. 

5. Konektivitas dengan Aplikasi Lainnya

Diandalkan untuk digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia menyebabkan Jira kian berkembang dengan menyediakan dukungan untuk beragam aplikasi.

Dukungan untuk berbagai macam aplikasi ini bisa memudahkan proses pengerjaan sebuah proyek. Karena tidak bisa dimungkiri, dalam sebuah proyek memerlukan satu atau lebih aplikasi supaya maksimal hasilnya. Dengan tersedianya fitur ini maka tugas yang diberikan di Jira akan terasa menjadi lebih intuitif dan tidak sulit.

6. Pelaporan (Reporting)

Adanya laporan atau reporting adalah salah satu fitur penting dalam aplikasi manajemen proyek.

Tidak cuma penting sesudah proyek selesai digarap, namun pula ketika prosesnya. Jira menawarkan fitur pelaporan dengan pencitraan yang menawan sehingga memudahkan pemegang kepentingan mengetahui hasilnya.

Di samping itu hal ini pun akan memudahkan pemimpin tim menyusun kebijakan ke depan pada pengerjaan sebuah proyek.

Demikianlah hal-hal yang mesti Anda ketahui mengenai Jira. Anda dapat menjadikan software atau aplikasi  ini sebagai salah satu tools untuk manajemen proyek Anda.



Sumber Referensi:

https://idcloudhost.com/jira-aplikasi-manajemen-team-terbaik-dan-mudah-selain-trello/

https://appkey.id/pembuatan-aplikasi/cross-platform/jira-software/


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Mengenal Jira, Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik yang Mudah Digunakan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.