iklan space 728x90px

Cara Daftar Lowongan Kerja Pegadaian


Pegadaian merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebuah lembaga keuangan yang telah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Adapun sebagai bagian dari lembaga milik negara, PT Pegadaian memberi manfaat bagi masyarakat sebagai berikut:

1. Membantu program pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya golongan menengah ke bawah dengan memberikan solusi keuangan yang terbaik melalui penyaluran pinjaman skala mikro, kecil, dan menengah atas dasar hukum gadai dan fidusia.

2. Memberikan manfaat kepada pemangku kepentingan dan melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten.

3. Melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya.

Bagi para pejuang loker, saat ini PT Pegadaian membuka rekrutmen karyawan Pegadaian terbaru bagi para fresh graduate maupun yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Lowongan ini ditujukan baik untuk pekerja umum dan juga penyandang disabilitas.

Adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan diri di Pegadaian yaitu sebagai berikut:

1. Surat Lamaran/Cover Letter, Curriculum Vitae (CV) dan Portofolio 

Berkas lamaran kerja yang sangat vital bagi seorang pencari kerja adalah surat lamaran kerja. Dalam surat lamaran ini biasanya memaparkan tentang maksud dan tujuan calon pekerja serta informasi ringan mengenai identitas diri. Selain surat lamaran kerja, penting menyertakan curriculum vitae (CV) yakni daftar riwayat hidup yang berisi mengenai calon pelamar. CV ini berisi nama lengkap, alamat email, telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi serta skill yang dimiliki. Portofolio juga berisi pengalaman kerja yang bisa menjadi acuan bagi tim HR dalam tahap seleksi.

2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip nilai

Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi ijazah beserta transkrip nilai. Ini sebagai keabsahan bahwa pencari kerja benar-benar pernah kuliah di universitas yang ditulis di CV serta prestasi akademik yang ada sesuai dengan apa yang diakui pihak kampus. Pastikan keduanya sudah dilegalisir oleh pihak kampus.

3. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan Pas Foto Terbaru

Berkas yang satu ini harus disiapkan terlebih jika sudah mencapai beberapa tahap dalam proses melamar pekerjaan. Untuk Kartu Keluarga (KK), biasanya bersifat opsional sehingga tak menjadi sebuah keharusan. Adapun pas foto terbaru berukuran 3×4 dan 4×6 biasanya masih perlu disiapkan. 

4. Sertifikat dan Surat Pengalaman Kerja.

Apabila memiliki sertifikat atau piagam penghargaan, dokumen ini juga dapat disertakan. Salah satu sertifikat penting adalah bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS) dan pendidikan informal lainnya. Adapun bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja, ada baiknya menyiapkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat referensi kerja. 

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, dan Tidak Buta Warna.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dibutuhkan sebagai antisipasi kebutuhan saat melamar kerja untuk melihat apakah calon pekerja tidak memiliki catatan yang buruk saat melamar pekerjaan di PT Pegadaian. Surat keterangan sehat dan tidak buta warna juga perlu ditunjukkan sebagai bukti bahwa pekerja yang melamar dalam keadaan sehat fisik dan mampu memikul tanggung jawab pekerjaan. 

Untuk melamar di PT Pegadaian, cari tahu informasi resmi selengkapnya terkait cara daftar rekrutmen di Pegadaian lewat website resmi Pegadaian. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas yang diminta sehingga bisa lolos pada tahap rekrutmen yang ditentukan. Semoga sukses dalam pencarian kerja Anda.


Sumber:

https://tirto.id/apa-itu-pegadaian-berikut-tugas-dan-jenisnya-gagx

https://www.99.co/blog/indonesia/berkas-lamaran-kerja/


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Cara Daftar Lowongan Kerja Pegadaian"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.