iklan space 728x90px

Kenali Definisi Switch dan Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer Sebelum Membelinya

Istilah switch tentu sudah tidak asing bagi Anda yang menggeluti dunia IT. Pasalnya switch merupakan salah satu komponen dalam jaringan komputer yang mempunyai fungsi cukup penting. Sedangkan jaringan komputer ialah sekelompok komputer yang dihubungkan satu sama lainnya dengan memakai protokol komunikasi lewat media komunikasi atau media transmisi sehingga bisa saling berbagi data informasi dan program di komputer serta penggunaan bersama perangkat keras seperti printer.

Sebenarnya switch bisa dikelompokkan ke dalam jenis perangkat keras jaringan komputer serupa dengan router dan hub. Router merupakan hardware jaringan yang digunakan untuk transmisi paket data, mengatur lalu lintas jaringan dan menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama atau berbeda. Sementara itu hub merupakan alat jaringan yang dipakai untuk menguatkan transmisi sinyal pada sebuah jenis workstation tertentu. Hub menjadi perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik digabungkan menjadi sebuah jaringan.


Perbedaan antara switch dengan router dan hub terletak pada sistem kerjanya. Switch dinilai jauh lebih pintar ketimbang sistem kerja router dan hub meskipun harganya pun agak lebih mahal.

Definisi Switch

Pengertian atau definisi switch adalah hardware jaringan komputer berperan sebagai penghubung dalam upaya membangun suatu jaringan komputer yang jauh lebih luas dan besar. Selain itu, untuk menjalankan perannya switch membutuhkan bandwidth yang memiliki ukuran besar.  

Dibanding router dan hub, switch bekerja jauh lebih terkendali, efisien sekaligus langsung mengarah ke alamat tujuan. Hal ini berfungsi baik dalam upaya pertukaran data, pemrosesannya sampai pengiriman. Switch dapat mendeteksi yang berhubungan dengan  tujuan data. Ini memungkinkan terdapatnya pencegahan timbulnya tabrakan saat data sedang dikirim.

Bila dilihat menurut sistem keamanan, hub tak mempunyai pemeriksaan data yang telah dikirim. Hal ini tentunya berbeda dengan switch. Dari sisi keamanan data, switch pasti akan lebih unggul daripada hub. Hali ini lantaran penerima tak akan memperoleh data-data yang meragukan.

Cara kerja switch sesungguhnya demikian mirip dengan hub. Cuma kenyataannya switch jauh lebih efisien daripada hub. Dalam pelaksanaannya, switch akan menerima data yang datang dari perangkat lain dengan syarat mesti terhubung sebelumnya. Kelak switch akan mendeteksi dan menyesuaikan alamat MAC perangkat tujuan.

Fungsi Switch

Switch memiliki fungsi luas selaku suatu konsentrator yang bisa menerima dan membagikan data antarbeberapa perangkat komputer. Selain itu, ada beberapa fungsi switch yang penting Anda ketahui, antara lain:

Mempelajari MAC Address 

Switch berperan mencatat MAC address antarperangkat jaringan yang sedang terkoneksi. Saat switch tengah menerima data, maka akan mencatat MAC address pengirim dan mengamati ke arah mana data yang dimaksud akan dikirim.

Meneruskan paket data frame

Switch dapat dimanfaatkan untuk memfilter dan melanjutkan data frame ke alamat yang sedang dituju. Di samping melanjutkan data ke alamat yang dituju, penerusan data frame pun akan dilanjutkan ke AC address dan port khusus. Dengan begitu akan meminimalisir terjadinya tabrakan dalam proses transfer data.

Mencegah looping

Looping merupakan perputaran data yang berlangsung pada port switch saja. switch bisa dimanfaatkan untuk menghindari timbulnya looping ketika penerimaan data tak dikenali tujuannya. Data yang sudah diterima kemudian bisa dilanjutkan ke  alamat IP tujuan dengan jalan memberhentikan pada salah satu port yang tersambung dengan perangkat yang lainnya.

Menghubungkan Banyak Host

Umumnya sebuah switch menyediakan beberapa port untuk koneksi kabel yang memungkinkan untuk routing topologi bintang sehingga bisa menghubungkan banyak PC ke dalam suatu jaringan.

Mengatur Lalu Lintas

Switch dalam jaringan bisa mengatur lalu lintas, baik yang masuk maupun keluar jaringan serta bisa menghubungkan perangkat seperti PC dan akses point dengan mudah.

Menjaga Supaya Sinyal Listrik Tidak Terdistorsi

Saat sebuah saklar meneruskan sebuah bingkai, hal itu menghasilkan kembali sinyal listrik persegi yang tak terdistorsi.

Alcatel-Lucent Enterprise telah memproduksi berbagai macam tipe switch yang bisa diselaraskan dengan keperluan Anda, entah itu industri atau skala bisnis. Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) adalah salah satu perusahaan ternama di industri teknologi informasi dan komunikasi yang menyediakan solusi komunikasi, jaringan, dan awan yang dirancang khusus bagi industri dan skala bisnis untuk bisa terus bersaing di era digital.

Switch adalah salah satu produk yang dibuat Alcatel-Lucent Enterprise di segmen jaringan komputer. Anda sebaiknya menggunakan switch berkualitas terbaik seperti OS6450 (seri OS6450-48 dan OS6450-P24) produksi Alcatel-Lucent Enterprise. Rangkaian perangkat network switch tersebut memberikan solusi jaringan yang aman, hemat, dan sederhana sehingga mengoptimalkan kinerja jaringan komputer dan internet di perusahaan Anda . 

Produk tersebut menyajikan perlindungan dan fleksibilitas investasi yang amat baik dengan penyebaran, pengoperasian, dan pemeliharaan yang cukup mudah. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai switch OS6450-48  dan OS6450-P24 atau beberapa produk Alcatel-Lucent Enterprise yang lainnya, silakan kunjungi website-nya di alamat alcatelkomunikasi.com.


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Kenali Definisi Switch dan Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer Sebelum Membelinya"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.