iklan space 728x90px

Cara Merawat Jam Tangan Agar Awet, Lakukan 6 Langkah Ini!

Jam tangan bukan cuma berguna selaku penunjuk waktu. Tetapi ia pun bisa menunjang penampilan seseorang. Sama halnya dengan aksesori lainnya, jam tangan pun butuh dirawat supaya penggunaannya lebih awet atau tahan lama. Oleh karena itu, penggunaan jam tangan jangan sembarangan, di samping tentu saja tegantung pada perawatannya. Bila perawatannya tepat tentu akan menjadikan Anda merasa nyaman saat mengenakannya. Lantas, tahukah Anda bagaimana sih cara merawat jam tangan agar awet

Sekarang jam tangan telah menjadi salah satu benda atau fashion item yang penting kita miliki. Pasalnya kecuali berperan sebagai penunjuk waktu, tidak dimungkiri jam tangan memang merupakan salah satu aksesori untuk menunjang fashion, baik pria ataupun wanita. Nah, agar jam tangan favorit Anda awet dan tahan lama, maka jam tangan tersebut amat penting untuk dirawat. 

6 Cara Merawat Jam Tangan

Enam cara berikut ini bisa diterapkan untuk merawat jam tangan agar awet dan tetap kinclong.

1. Gunakan Sesuai Kegiatan

Jam tangan adalah salah satu item fashion. Jadi sebaiknya dipakai sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.  Untuk lebih awetnya, jauhi memakai jam tangan dengan bahan stainless saat Anda tengah berolahraga. Keringat bisa menyebabkan karat pada stainless. Bila Anda tengah berolahraga, sebaiknya pakai jam tangan berbahan karet karena selain tahan dari juga dapat menjaga jam tangan Anda dari benturan atau goncangan yang bisa menimbulkan lecet pada jam tangan.

2. Simpan di Tempat Kering atau dalam Kotak Khusus

Air atau keringat bisa merusak jam tangan  kesayangan Anda. Selian itu menyimpan jam tangan di tempat yang tidak cocok pun akan mengurangi umur jam tangan itu. Oleh sebab itu hindari suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Alangkah baiknya simpan jam tangan di tempat kering atau dalam suatu kotak khusus supaya lebih aman dan terlindungi. 

3. Bersihkan Secara Rutin

Merawat jam tangan mesti cermat. Anda perlu secara rutin membersihkannya. Membersihkan jam tangan tidak sulit, Anda cuma memerlukan tisu basah. Di samping itu Anda pun dapat menggunakan cairan khusus pembersih jam tangan guna membilas kotoran atau bekas keringat yang melekat. Gunakanlah kain lembut seperti halnya kain untuk membersihkan lensa kacamata untuk menggosoknya secara pelan-pelan. Tetapi bila Anda tak mempunyai cairan khusus itu, Anda dapat membersihkannya dengan baby wipes dan mengeringkannya dengan bantuan kain lembut yang kering.

4. Bersihkan Tali Jam Tangan

Ada berbagai model dan jenis jam tangan. Demikian juga dengan bentuk talinya. Ada yang memakai karet (plastik), kain (kanvas), kulit, dan stainless. Tali jam tangan tersebut perlu dibersihkan secara rutin. Setiap jenis tali itu pun mempunyai cara perawatan yang berbeda-beda .

Jam tangan bertali karet dan bertali kain (kanvas) membersihkannya dengan menggunakan sabun dan sikat kecil untuk melenyapkan sisa-sisa keringat yang melekat supaya tak menimbulkan bau tak sedap dan jamur. Di samping itu gunakan kertas koran supaya lebih cepat kering. 

Sedangkan untuk jam tangan dengan tali dari bahan stainless steel membersihkannya bisa dengan cara menyikatnya, terutama untuk di area celah-celah tali jam tangannya. Sementara itu untuk jam tangan dengan tali berbahan kulit membersihkan talinya dengan menggunakan kain setengah basah lalu dikeringkan lagi dengan memakai kain kering. Oleskan selalu cairan berbentuk lotion pada tali jam tangan seminggu sekali supaya lebih awet.

5. Jauhkan dari Medan Magnet

Menyimpan jam tangan berdekatan dengan benda-benda yang mengandung gelombang elektromagnetik seperti microwave, kipas angin, lemari es, dan televisi akan memengaruhi perputaran jarum jam sehingga jam tangan Anda tidak bisa menunjukkan waktu dengan benar. Untuk itu jauhkanlah jam tangan milik Anda dari benda-benda tersebut.

6.  Alasi dengan tisu

Bila Anda orang yang gampang berkeringat, khususnya di bagian pergelangan tangan, sebaiknya alasi dulu jam tangan dengan tisu lembut. Hal ini bertujuan supaya jam tak bersentuhan langsung dengan kulit tangan Anda. Pasalnya kandungan garam pada keringat yang melekat pada tali jam tangan bisa menyebabkan karat atau korosi pada jam tangan. Apalagi bila jam tangan Anda dibuat dari bahan stainless steel yang mudah berkarat.

Bagaimana? merawat jam tangan ternyata tidak sulit, bukan? Ada baiknya lakukan perawatan jam tangan setidaknya satu kali dalam seminggu guna memelihara kualitas jam tangan itu. Dengan demikian jam tangan kesayangan Anda akan awet. Bahkan dapat tahan hingga beberapa tahun. Anda pun akan lebih percaya diri untuk mengenakannya di setiap kesempatan. 


Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Cara Merawat Jam Tangan Agar Awet, Lakukan 6 Langkah Ini!"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.