iklan space 728x90px

5 Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Merencanakan keuangan masa depan adalah hal yang signifikan bagi banyak orang. Sayangnya, banyak hal tak terduga yang sering kali membuat Anda harus memiliki dana lebih. Pada saat itulah, pinjaman uang pribadi bisa menjadi solusi yang ideal. Terlebih lagi jika layanan pinjaman tersebut tidak dikenakan jaminan. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Pinjaman Pribadi Melalui Saudara atau Teman

Sebelum mengajukan pinjaman pribadi ke lembaga keuangan, umumnya orang terlebih dahulu melakukan pinjaman kepada saudara atau teman. Bagi yang dalam keadaan terdesak, tentu cara ini menjadi solusi yang terbaik.


Ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan melalui cara mengajukan pinjaman yang satu ini. Pertama, si peminjam tidak perlu menyiapkan rentetan persyaratan yang rumit. Kedua, tidak dikenakan bunga seperti layanan pinjaman di lembaga keuangan. 

Disamping itu jangka waktu pengembalian juga lebih fleksibel. Apabila belum mampu melunasi keseluruhan pinjaman, pihak peminjam bisa memusyawarahkannya kembali dengan pihak yang dipinjami..

Pinjaman Pribadi Melalui Bank

Lembaga perbankan menjadi opsi sebagian besar orang untuk mengajukan pinjaman pribadi. Namun sebelumnya calon debitur harus memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk menjaminkan aset. 

Tidak punya aset sebagai jaminan? Kini sejumlah bank sudah memiliki layanan Kredit Tanpa Agungan (KTA), yang memungkinkan debitur untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan. Tetapi tanpa dikenakannya jaminan justru meningkatkan risiko yang dihadapi oleh pihak debitur.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap suku bunga yang ditetapkan. Sebab itulah, penting untuk memahami betul apa itu KTA. Anda pun juga harus selektif dalam memilih mana bank yang terpercaya dan mana yang menawarkan suku bunga pinjaman yang rendah.

Pinjaman Pribadi Melalui KSP

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) merupakan lembaga non-bank yang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan pinjaman uang pribadi. Umumnya hanya anggota koperasi saja yang berhak mengajukan pinjaman. Seiring perkembangannya, layanan pinjaman tersebut kini bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Sejumlah koperasi tertentu bahkan menawarkan layanan pinjaman tanpa jaminan. Jenis pinjaman ini sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan dana namun tidak memiliki aset. Disamping itu mekanisme pinjaman juga relatif lebih mudah dibanding lembaga perbankan.

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya untuk memastikan bahwa koperasi tersebut mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keungan. Pastikan pula lembaga tersebut sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk menghindari terjadinya penipuan.

Pinjaman Pribadi Melalui Lembaga Syariah

Meningkatnya kecemasan sejumlah masyarakat mengenai halal tidaknya suatu pinjaman mendorong beberapa lembaga menciptakan sistem pinjaman berbasis syariah. Tak jauh berbeda dengan lembaga konvensional, penyedia layanan finansial berbasis syariah juga memiliki produk pinjaman tanpa jaminan.

Lembaga seperti inilah yang kini banyak digandrungi mereka yang membutuhkan dana cepat. Tak perlu khawatir jika proses pengajuan pinjamannya akan berbelit. Syarat pengajuan kredit di lembaga berbasis syariah juga tidak jauh berbeda dengan lembaga keuangan konvensional. 

Namun ada baiknya Anda untuk tetap selektif. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai lembaga yang menawarkan pinjaman syariah. Dengan begitu Anda tahu persis kelebihan dan kekurangan setiap produk pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga keuangan berbasis syariah tersebut.

Pinjaman Pribadi Melalui Fintech

Fintech atau pinjaman online merupakan penyedia jasa keuangan yang diakses melalui situs resmi atau aplikasi. Layanan yang satu ini bisa menjadi pilihan terakhir atau bahkan utama bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana tanpa jaminan. 

Pengajuan pinjaman di fintech terkenal dengan prosesnya yang tidak berbelit. Anda cukup mengunduh aplikasinya dan menyertakan beberapa dokumen, seperti KTP, slip gaji, atau NPWP. Dalam hitungan hari atau bahkan jam, dana akan langsung cair ke rekening Anda.

Namun sebelum mengajukan pinjaman, lakukan riset terlebih dahulu mengenai layanan yang akan Anda pilih. Pastikan fintech tersebut terdaftar di OJK untuk menghindari terjadinya tindak penipuan. Selain itu pilihlah layanan yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah.

Itu tadi lima cara mendapatkan pinjaman uang pribadi tanpa jaminan. Tentunya setiap opsi di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "5 Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.