iklan space 728x90px

Drama yang Sering Terjadi Antara Kandidat dan Recruiter Saat Proses Recruitment

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses penerimaan karyawan seringkali terjadi drama maupun permasalahan antara kandidat dengan pihak recruiter itu sendiri. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan tool untuk recruiter terbaik masa kini. 

Drama/Masalah yang Sering Terjadi Antara Kandidat dan Recruiter Saat Proses Recruitment

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa drama maupun permasalahan bisa saja terjadi sejak awal mula melakukan recruitment. Bahkan diantara sekian banyak kemungkinan masalah, ada beberapa yang menjadi paling sering terjadi antara pihak kandidat dengan recruiter, seperti:

1. Pendataan Kandidat yang Cenderung Kurang Efektif 

Salah satu hal yang paling sering menjadi masalah saat proses peneriman karyawan adalah pendataan karyawan yang cenderung kurang efektif. Biasanya ini akan dialami oleh pihak recruiter. Banyaknya calon kandidat membuat pihak recruiter harus jeli dan cermat dalam melakukan pendataan kandidat. 

Banyaknya jumlah kandidat tersebut juga menyulitkan recruiter untuk menemukan kandidat terbaik dan yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam waktu dekat. Jika terburu-buru, maka hal tersebut bisa berbahaya karena dapat menimbulkan kesalahan. 

2. Terlalu Lambat Melakukan Follow Up Kandidat Potensial 

Keterlambatan dalam melakukan follow up terhadap kandidat potensial tentunya bisa menjadi bom waktu yang bisa segera meletus. Bukannya bisa mendapatkan kandidat terbaik justru kehilangan kesempatan tersebut hanya karena keterlambatan saja. 

Jika sudah begini, siapa yang akan merugi? Pastinya perusahaan akan kehilangan kandidat seperti itu. Lambatnya melakukan follow up hanya akan membuat kandidat potensial memilih untuk mengundurkan diri dan mencari lowongan pekerjaan serupa di perusahaan lainnya.

3. Banyaknya Jumlah Kandidat 

Tidak selalu banyaknya jumlah pelamar kerja menjadi hal menguntungkan bagi perusahaan. Bahkan seringkali hal tersebut justru memicu persoalan atau drama lainnya. Banyaknya jumlah kandidat tidak jarang yang membuat recruiter kewalahan.

Guna mengantisipasi hal tersebut, maka Anda perlu memutar otak untuk mencari solusi. Misalnya, dengan menggunakan bantuan dari software tambahan. Jangan lupa memilih software terbaik yang bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan recruitment kandidat perusahaan.

4. Proses Recruitment yang Rumit 

Rumitnya proses recruitment juga bisa menciptakan drama maupun permasalahan lainnya yang terjadi antara pihak recruiter dengan kandidat. Tentu tidak jarang dijumpai perusahaan yang terlalu banyak memberikan kualifikasi untuk mengisi suatu posisi jabatan tertentu. 


Banyaknya kriteria kualifikasi tersebut bisa membuat banyak kandidat tidak lolos pada tahapan seleksi awal. Tentu cukup sulit menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi tersebut. Apalagi jika terlalu banyak kualifikasi yang dibutuhkan.

Tools Recruiter Terbaik Saat Ini 

Demi mempermudah proses recruitment kandidat baru untuk suatu perusahaan, maka tidak ada salahnya menggunakan Shortlyst. Ini adalah tools recruiter yang akan membantu Anda dalam proses penerimaan kandidat baru bagi suatu perusahaan.

Tools ini mempunyai segudang keunggulan yang sangat menguntungkan bagi Anda. Beberapa keunggulan tersebut, diantaranya:

1. Mudah Diintegrasikan ke Banyak Platform 

Salah satu keunggulan Shortlyst yang belum tentu dimiliki oleh software lainnya adalah sangat mudah untuk diintegrasikan ke berbagai macam platform. Mulai dari email, WhatsApp, LinkedIn, Slack dan masih banyak lagi yang lainnya. 

2. Dilengkapi Teknologi Canggih 

Dapat dikatakan bahwa Shortlyst menjadi salah satu terobosan software terbaru yang sangat membantu recruiter dalam menemukan kandidat sesuai kualifikasi. Hal ini karena software Shortlyst sudah dilengkapi dengan AI yang cerdas sekaligus efisien. 

3. Harga Terjangkau dengan Fitur Komplit 

Menariknya lagi, tools recruiter ini sudah dilengkapi dengan segudang fitur komplit yang mampu mendukung proses recruitment agar lebih mudah. Di samping itu, harga tools ini juga begitu terjangkau untuk kantong. 

Tidak perlu bingung dan risau lagi dalam menemukan software atau tools recruiter terbaik masa kini. Hanya dengan Shortlyst seluruh proses recruitment kandidat bisa berjalan dengan lancar, mudah, efektif sekaligus efisien. 

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Drama yang Sering Terjadi Antara Kandidat dan Recruiter Saat Proses Recruitment"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.