iklan space 728x90px

6 Manfaat Nanas Madu yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh


WartaIptek.com - Manfaat nanas madu amat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan pula bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi. Hal itu lantaran banyak terkandung nutrisi di dalamnya seperti bromelain, antiinflamasi, antioksidan, kalium, serat, dan masih banyak lagi.

Dengan beragam nutrisi itu sebenarnya manfaat nanas madu yang penting ialah memelihara imunitas atau kekebalan tubuh. Di samping itu masih banyak terdapat manfaat baik nanas madu lainnya yang bisa didapat. Berikut ini ragam manfaat nanas madu yang baik bagi kesehatan:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk yang mempunyai tekanan darah tinggi, ada baiknya memperbanyak mengkonsumsi nanas madu. Karena ada kandungan kalium di dalamnya yang berperan selaku penurun tekanan darah. Di samping itu, nanas madu pun mengandung enzim bromelain yang pula berfungsi untuk mengurangi tekanan darah. Resiko penyakit yang lainnya karena darah tinggi dapat dihindari dengan memakan buah nanas.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Bromelain pada nanas madu nyatanya pula berperan sebagai pengurai molekul protein. Yakni memecahnya dalam peptisida dan asam amino sehingga usus halus dapat mencerna makanan dengan lebih cepat. Nanas madu pun dapat menghindari sembelit sebab kandungan air serta serat di dalamnya. Dengan demikian saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan stabil dalam memproses asupan yang masuk.

Manfaat ini amat membantu untuk pengidap insufisiensi pankreas. Yakni gangguan kesehatan dimana organ pankreas sudah tak sanggup lagi menghasilkan cukup banyak enzim pencernaan. Dengan adanya bantuan dari khasiat dan manfaat nanas madu, maka pencernaan pengidap itu akan lebih lancar.

Kandungan seratnya yang tinggi dan rendahnya kalori pada nanas madu dapat pula dijadikan untuk membantu program diet. Karena bisa menjadikan perut merasa kenyang lebih lama. Tetapi mesti dibatasi pula mengkonsumsinya dan tidak boleh berlebihan.

3. Mencegah Penyakit Asma

Penyakit asma umumnya karena stres dan polusi udara. Hal itulah yang mengakibatkan peradangan sehingga menyebabkan saluran pernapasan menyempit. Dengan muatan beta karoten dalam nanas madu dapat menghindari hal itu.

Di samping itu pun ada efek antiinflamasi yang mempunyai peran penting dalam menghindari peradangan. Sehingga untuk pengidap asma boleh banyak mengkonsumsi buah ini supaya penyakitnya jarang kumat.

4. Mencegah Kanker

Nanas madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal itu bisa menghindari risiko penyakit kanker. Antioksidan itu berperan untuk menghindari masuknya radikal bebas dan meminimalisir peradangan. Bromelaian adalah nutrisi yang lainnya yang bisa menghindari penyakit kanker. Hadirnya beta karoten yang juga terdapat dalam nanas madu dapat membantu dalam menekan pertumbuhan kanker usus.

5. Menguatkan Tulang

Nanas madu dapat dimanfaatkan untuk upaya pencegahan osteoporosis. Karena ia pun berperan dalam menguatkan tulang dengan kandungan kalium dan fosfor yang tersimpan di dalamnya. Tetapi, untuk orang yang berumur lanjut mesti dibatasi jumlah konsumsinya.

Hal itu lantaran terdapat muatan gula yang relatif tinggi ketimbang nanas pada umumnya. Buah ini amat cocok untuk para atlet yang memang memerlukan otot dan tulang kuat. Dengan demikian kondisi kesehatan tulang pun bertambah baik.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya dari nanas madu yakni memelihara kesehatan jantung. Kandungan vitamin C, serat dan kalium di dalamnya yang mempunyai peran dalam hal ini. Malahan, bukan cuma itu, kalium pun dapat mengurangi risiko penyakit stroke dan menurunkan pembentukan batu ginjal.

Demikianlah beragam manfaat dari nanas madu. Di samping manfaat di atas, manfaat nanas madu pun bisa mengurangi nyeri ketika haid. Kandungan antioksidan sanggup menurunkan peradangan yang menyebabkan perut kram. Sementara itu, bromelain berperan untuk mengendurkan otot seputar perut.

Walau kaya akan manfaat, tetapi tetap disarankan bagi Anda untuk melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi nanas madu guna menangani masalah kesehatan khusus. Dengan demikian Anda dapat memakan nanas madu secara lebih aman.  

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "6 Manfaat Nanas Madu yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.