iklan space 728x90px

Solusi Cepat Saat Sakit Kepala Menyerang

Solusi Cepat Saat Sakit Kepala Menyerang

Beberapa waktu lalu komedian Tukul Arwana dilarikan ke RS PON (Rumah Sakit Pusat Otak Nasional) di Cawang, Jakarta Timur karena mengalami pendarahan otak. Namun sebelumnya Tukul ini sempat mengalami sakit kepala yang mendadak lho.

Sakit kepala memang dapat menandakan sebuah kondisi penyakit tertentu atau respons tubuh pada rasa yang tidak aman. Sakit kepala dapat menjadi tanda peringatan kalau terdapat sesuatu yang salah di dalam tubuh. Dan rasa sakit ini dapat berlangsung saat ada gangguan antara apa yang diperlukan otak dan apa yang diberikan oleh sistem pembuluh darah.

Apa Itu Sakit Kepala?

Kamu pernah merasakan sakit kepala? Saat sakit kepala bisa jadi kamu akan langsung berpikir untuk meredakan rasa sakit dan nyeri yang diderita. Pasalnya, sakit kepala ini akan terasa cenat cenut, tidak enak, dan mengganggu aktivitas. Untuk meredakannya kita harus mengetahui penyebab dan jenis sakit kepala yang kita alami supaya mudah menyembuhkannya. 

Menurut laman Health Grades, sakit kepala merupakan salah satu dari bentuk rasa sakit yang paling umum dan bisa  menyerang siapa pun tanpa pandang jenis kelamin dan batasan usia, baik tua atau muda, bahkan anak-anak sekalipun.

Apa Penyebab Sakit Kepala?

Sakit kepala merupakan rasa nyeri pada bagian sekitar kepala dan leher yang diakibatkan oleh beragam penyebab. Sakit kepala terjadi karena gangguan pada beberapa struktur yang sensitif pada nyeri di area kepala dan leher, yakni saraf-saraf di kepala, tenggorokan bagian atas, sinus, gigi, telinga, mata, pembuluh darah, otot-otot kepala dan leher, jaringan bawah lemak kepala, dan kulit kepala.

Kebanyakan sakit kepala yang terjadi tidak parah dan dapat ditangani dengan mudah, seperti dengan lebih banyak istirahat, minum air putih yang cukup, dan meminum obat pereda sakit kepala seperti Saridon. Tetapi ada beberapa jenis sakit kepala yang membutuhkan penanganan ekstra sebab berkepanjangan atau malah ada yang dapat membahayakan jiwa.

Jenis-jenis Sakit Kepala

Sakit kepala terdiri dari dua macam yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer berarti masalahnya ada pada sakit kepala itu sendiri, bukannya sakit kepala yang menjadi gejala dari masalah medis yang lainnya. Sedangkan sakit kepala sekunder adalah sakit kepala sebagai gejala dan kondisi medis yang mendasarinya kadang-kadang bisa gawat.

Sakit kepala primer terdiri dari nyeri kepala akibat gangguan saraf pada wajah, nyeri kepala tipe klaster, nyeri kepala tipe tegang, dan migren. Sakit kepala tipe tegang merupakan sakit kepala primer yang paling kerap ditemukan.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat?

Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit kepala? Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat dicoba untuk mengatasi sakit kepala.

Kompres dingin

Salah satu diantaranya adalah dengan memakai kompres dingin atau cold pack di kepala selama sekitar 15 menit untuk meredakan migrain.

Bantal penghangat

Gunakan bantal penghangat atau heating pad di daerah leher bagian belakang serta di bawah kepala.

Menghindari tekanan yang ketat di kepala

Meredam tekanan luar di kepala pun bisa membantu. Tekanan luar ini dapat bersumber dari kacamata renang yang terlalu ketat, pemakaian headband, penggunaan topi atau ikatan rambut yang terlalu ketat.

Mengatur pencahayaan

Caranya adalah dengan meredupkan cahaya ruangan. Cahaya yang kedap-kedap atau terang bisa menyulut timbulnya migrain. Jika memungkinkan, gunakan juga antiglare pada monitor PC/laptop yang sering digunakan.

Konsumsi Kafein

Mengonsumsi sedikit kafein pun bisa membantu mengurangi sakit kepala. Namun jaga supaya tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan sebab hal ini bisa mendorong kesulitan tidur yang kelak bisa mengakibatkan jenis sakit kepala yang lain.

Mengunyah

Mengunyah terlampau sering pun hendaknya dijauhi, misalnya saja kebiasaan mengunyah permen karet. Beberapa upaya lainnya yang bisa membantu ialah membatasi atau menjauhi konsumsi alkohol dan melakukan yoga.

Lantas, adakah solusi cepat saat sakit kepala menyerang? 

Saat sakit kepala datang menyerang, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi obat sakit kepala bernama Saridon. Obat sakit kepala buatan Bayer ini diklaim bisa cepat meredakan sakit kepala gak pakai lama sehingga tidak mengganggu aktivitas. Oleh karena itu obat sakit kepala yang satu ini cocok sekali dijadikan solusi untuk gaya hidup aktif. 

Kini Saridon terdiri dari dua varian, yakni Saridon dan Saridon Extra. Saridon mengandung zat aktif paracetamol (250 mg), propyphenazone (150 mg), dan kafein (50 mg). Sedangkan Saridon Extra mengandung zat aktif utama paracetamol (500 mg) dan kafein (50 mg). Jangan lupa, untuk konsumsinya satu tablet sekali minum, ya!

Beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari kandungan itu di antaranya adalah meringankan sakit kepala, meredakan sakit gigi, mengurangi nyeri otot dan nyeri sendi, serta menurunkan demam. Kabar baiknya, obat ini pun ampuh mengobati demam dan nyeri setelah menjalani vaksinasi Covid-19.   

Nah, bila kamu membutuhkan Saridon bisa langsung mendapatkannya di apotek-apotek di sekitar tempat tinggalmu. Untuk informasi lebih lengkap tentang Saridon dan sakit kepala, silakan kunjungi laman website www.saridon.co.id.

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Solusi Cepat Saat Sakit Kepala Menyerang"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.