iklan space 728x90px

Ingin Meningkatkan Penjualan? Manfaatkan Sistem Point of Sales

Ingin Meningkatkan Penjualan Manfaatkan Sistem Point of Sales

Sudah memilih aplikasi kasir terbaik untuk bisnis Anda? Berbeda dengan mesin kasir konvensional dimana catatan transaksi perlu dilakukan secara manual. Kini fitur kasir sudah dilengkapi dengan Point of Sales atau POS. 

POS adalah sistem yang memudahkan transaksi jual beli dengan lebih cepat, aman serta sistematis. Versi modern dari mesin kasir ini tidak hanya mencatat saja tetapi juga bisa membuat laporan penjualan secara detail. 

Sebagai pemilik usaha Anda harus mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan laporan dari POS ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan agar usaha semakin berkembang. 

Tips Optimasi Penjualan dari Sistem Point of Sales 

Ada banyak kemudahan yang didapatkan dari POS pada aplikasi kasir seperti proses pemesanan jadi lebih mudah. Transaksi akan lebih terstruktur sehingga  inventory pun jadi lebih mudah untuk diatur. 

Semua kelebihan tersebut bisa Anda dapatkan pada aplikasi Majoo yang memiliki sistem POS terlengkap dan mudah digunakan untuk semua jenis usaha. Anda yang berencana untuk optimasi penjualan dengan POS dari Majoo pun tak akan kesulitan. 

Berikut ini tips mudah untuk mengoptimalkan penjualan usaha dari sistem POS. 

1. Menjadwalkan Promo agar Tidak Terlupakan

Hal pertama yang bisa Anda dilakukan adalah merancang promosi untuk meningkatkan minat konsumen dalam membeli. Promo ini bisa berbagai macam bentuknya seperti diskon, buy one get one, promo bundling dan masih banyak lagi. 

POS bisa mempermudah Anda dalam membuat promosi dan memasukkannya ke dalam sistem sehingga kasir tinggal menawarkan kepada konsumen. Setiap promo akan otomatis aktif sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. 

Misalnya saja Anda hendak membuat promo setiap hari Senin dan Minggu atau promo di hari tertentu. Tinggal masukan saja jenis promonya dan atur sesuai dengan jadwal yang diinginkan.  

2. Manfaatkan Program Loyalty 

Anda yang sudah membangun usaha cukup lama tentu memiliki konsumen loyal yang sering membeli. Khususnya jika Anda menjual produk kepada reseller atau dropshipper maka akan lebih banyak lagi produk yang cepat terjual. 

Hanya saja untuk bisa meningkatkan penjualan, program loyalty tentu saja perlu diberlakukan. Program ini bisa dilaksanakan dengan mudah memanfaatkan sistem yang dimiliki oleh POS. 

Anda bisa merancang promo apapun khusus untuk pemilik akun khusus. Data akan konsumen loyal pun bisa Anda dapatkan untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya. Dalam hal ini tentu POS berperan besar untuk meningkatkan penjualan. 

3. Membuat Jadwal Pemesanan Produk ke Supplier

Aplikasi kasir dengan POS kini tak hanya merekap penjualan namun juga terhubung dengan fitur data penyimpanan. Melalui data yang Anda dapatkan ini, bahan yang sudah habis bisa segera diketahui setiap harinya. 

Anda pun perlu merencanakan pemesanan produk bahan kepada supplier supaya tidak kehabisan. Langkah ini dibutuhkan agar usaha Anda tidak kehabisan produk yang mungkin saja diminati oleh konsumen. 

Mengetahui mana produk yang harus dipesan terlebih dahulu khususnya untuk hari-hari saat pesanan naik. Langkah ini bisa membantu Anda bersiap-siap ketika orderan meningkat. 

4. Evaluasi dari Laporan Penjualan POS

Penjualan bisa meningkat jika Anda terus menerus melakukan evaluasi. POS akan memberikan data laporan penjualan dan aplikasi kasir akan merekap semua data tersebut setiap hari, minggu dan bulannya. 

Laporan ini tentunya sangat penting bagi Anda untuk menentukan strategi penjualan di bulan berikutnya. Anda akan tahu produk apa saja yang paling laku dan tidak. Bahkan sampai waktu penjualannya secara detail tercatat. 

5. Mengelola Inventory dengan Benar 

Demi penjualan berjalan lebih baik dan terus meningkat, Anda membutuhkan meningkatkan kualitas dalam sistem inventory. Barang yang habis sehingga membuat Anda tidak bisa lagi berjualan adalah kesalahan yang sangat fatal. 

Hadirnya POS akan membuat Anda tidak pernah lupa soal stok, bahkan stok mana yang harus dikeluarkan lebih dulu dan tidak. Anda juga bisa lebih mudah mengecek data antara sistem dengan stok di gudang. 

Cocokkan data setiap harinya untuk mengurangi kesalahan dalam pencatatan data setiap bulannya. Stok lancar penjualannya pun bisa meningkat. 

POS adalah sistem yang tampaknya sepele bagi usaha kecil bahkan skala besar. Namun disisi lain peranannya sangat penting dan mudah untuk dimanfaatkan. 

Follow Warta Iptek di Google News

0 Response to "Ingin Meningkatkan Penjualan? Manfaatkan Sistem Point of Sales "

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif! Terima kasih.