Cermati 3 Hal Penting Ini Sebelum Anda Membeli Karpet Badminton


Karpet badminton adalah salah satu perlengkapan lapangan bulutangkis yang amat diperlukan. Sesungguhnya banyak sekali jenis karpet yang dapat Anda pilih untuk melapisi lapangan badminton. Dengan mengenali spesifikasi karpet mana yang cocok untuk jenis lapangan tertentu, maka Anda tidak akan merasa kesulitan dalam memutuskan satu jenis karpet yang akan dibeli. 

Di samping itu, pastikan Anda mengetahui dengan tepat ukuran lapangan badminton yang akan dilapisi karpet. Karena bila ukuran karpet yang dibeli tak sesuai, kelak dapat menyulitkan Anda pada waktu pemasangan. Sementara itu pemasangan karpet pada lapangan badminton bertujuan untuk mempermudah pemain serta untuk mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh pemain tersebut. Lapangan yang telah berstandar internasional BWF umumnya selalu dilapisi dengan karpet karet untuk mengurangi risiko terjadinya cedera pada pemain atau atlet. Namun sebelum Anda membeli karpet badminton berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan dengan baik. 

1. Usahakan Pilih Karpet Badminton yang Sesuai dengan Lampu Penerangan

Sebelum Anda jadi membeli karpet badminton, Anda wajib mengetahui keadaan lampu penerangan pada lapangan. Anda mesti memperhatikan warna lampu terlebih dulu, baru menentukan jenis dan warna karpet yang akan dipergunakan nanti. Keserasian warna penerangan dan karpet dibutuhkan supaya pemain tak kesulitan saat melihat arah pergerakan kok. Dengan karpet dan penerangan yang serasi menyebabkan pemain dapat melihat pergerakan kok secara jelas dan tak silau. Anda dapat memilih warna yang soft sebab jenis warna ini umumnya sesuai dengan beragam jenis penerangan. Warna yang umumnya dipilih dalam karpet badminton ialah warna biru, hijau atau warna butir pasir. 

2. Pilih Karpet yang Mempunyai Daya Tahan Kuat dan Daya Cengkeram Kuat

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika memilih karpet yang dipakai untuk lantai lapangan badminton ialah sifat karpet itu. Upayakan untuk memilih jenis karpet yang mempunyai daya tahun yang kuat. Karpet yang mempunyai daya tahan yang kuat ialah tahan dari gesekan dengan sepatu pemain. Di samping daya tahan yang kuat, Anda pun perlu untuk memilih karpet dengan daya cengkram yang baik. Tentu saja hal ini akan menjadikan keselamatan pemain terjamin. Karpet yang mempunyai daya cengkraman yang kuat akan menyebabkan pemain terlepas dari kejadian tergelincir, entah waktu melompat maupun berlari. 

3. Pilih Jenis Karpet yang Bersifat Elastis, Bisa Menyerap Kejutan dan Kedap Suara

Sifat lentur atau elastis dan dapat menyerap suara atau kedap suara akan menyebabkan stamina pemain tetap terjaga. Dengan demikian tentu saja membuat stamina pemain pun menjadi tidak cepat lelah. Kemampuan menyerap kejutan pun akan menjadikan pemain tidak tertekan sendinya sebab terlampau sering melompat. Karpet pun harus mempunyai kemampuan meredam suara gesekan yang timbul antara lantai dan sepatu pemain. Dengan adanya suara gesekan, tentu saja akan mengganggu konsentrasi pemain. Nah, maka dari itu suara gesekan antara lantai dan sepatu mesti diredam atau dikurangi supaya pemain bisa mati-matian ketika bermain.  

Tips-tips tersebut di atas amat penting dilakukan supaya karpet badminton sesuai dengan kenyamanan ketika pemain bermain. Lantaran bagaimanapun juga karpet adalah salah satu peralatan utama dalam lapangan bulutangkis atau badminton. Nah, untuk mendapatkan harga karpet lapangan badminton yang berkualitas dengan harga terjangkau, coba Anda berkunjung ke www.karpetbadminton.id. Di sana tersedia berbagai macam dan jenis karpet badminton berstandar BWF hingga jasa pemasangan lantai bulutangkis.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :