Tips Memilih Layanan Sewa Gudang atau Warehouse yang Tepat untuk Kebutuhan Bisnis


Saat bisnis Anda terus berkembang, perusahaan juga akan memerlukan lebih banyak ruang untuk tempat menyimpan bahan-bahan baku atau produk-produk yang akan dipasarkan. Oleh karena itu telah saatnya bagi perusahaan untuk mulai mencari ruang penyimpanan baru. Dapat dengan membeli gudang baru atau sewa gudang saja.

Kali ini kita akan membahas tentang tips untuk Anda agar dapat memilih tempat yang tepat dalam hal penyewaan gudang atau warehouse yang pas di kantong. Apa saja sih kiatnya? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Utamakan fungsi gudang tersebut

Hal penting yang butuh dipertimbangkan sebelum Anda menyewa gudang ialah kegunaan atau fungsinya. Karena setiap bisnis mempunyai tujuan yang berbeda-beda ketika memakai gudang. Contohnya bila Anda ingin membuat ruang penyimpanan itu sebagai pusat distribusi pakaian dan sepatu ke beberapa toko di wilayah tengah kota, alangkah baiknya untuk memilih gudang yang berada di perkotaan yang tidak jauh dengan toko-toko itu. Demikian juga saat ingin menyewa gudang untuk menyimpan makanan ataupun bahan-bahannya, ada baiknya jika memilih bangunan yang berdekatan dengan kafe atau restoran yang menjadi tempat usaha.

Letak gudang yang dekat dengan target pelanggan atau tempat usaha akan menunjang perusahaan dalam menghemat pengeluaran, khususnya untuk urusan transportasi. Bisnis juga akan berlangsung dengan baik. Anda cukup fokus guna mengembangkannnya.

2. Pastikan pemilik bangunan memiliki dokumen resmi bangunan itu

Hal kedua yang mesti dipertimbangkan sebelum memilih sewa gudang yang tepat ialah legalitas atau keabsahannya. Sebelum Anda membuat kesepakatan dengan pihak yang akan menyewakan gudang, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dokumen-dokumennya seperti surat pendirian usaha, perizinan IMB, kepemilikan sertifikat hak milik, dan beberapa jenis dokumen pendukung lainnya yang meresmikan terhadap status kepemilikannya.

Hal itu pun berlaku bila ternyata Anda menemukan gudang itu sudah mempunyai perjanjian dengan pihak yang lain. Maka upayakan untuk Anda meminta pihak ketiga itu menulis surat yang mengatakan tidak keberatan bila bangunan itu disewakan. Kesahan berbagai dokumen dari si pemilik gedung demikian penting sebab Anda tidak perlu khawatir bila kelak mesti berurusan dengan hukum.

3. Ketahui lingkungan sekitarnya

Bila telah mendapatkan gudang atau warehouse yang tepat dan selaras dengan fungsinya, maka langkah seterusnya adalah mengetahui kondisi lingkungan sekitarnya. Setiap wilayah memiliki aturan yang berbeda. Demikian juga dengan warganya yang mempunyai kebiasaan tak sama antardaerah. Makanya pastikan Anda mengetahui karakter mereka dan mengenali apa pun yang dilarang dan diizinkan di daerah itu.

Contohnya saja, ada suatu daerah perumahan yang tak memperbolehkan untuk membuka bisnis apa saja dalam radius 500 meter dari pemukiman warga. Sehingga Anda jangan memaksakan diri untuk mencari persewaan gudang di seputar sana cuma karena mempunyai wilayah yang strategis.

4. Pilih yang memberikan layanan tambahan

Tujuan seseorang menyewa gudang ialah mempunyai ruang penyimpanan khusus untuk mengamankan barang-barang yang akan dipasarkan atau bahan-bahan baku produksi. Tetapi, akan lebih baik bila Anda mencari persewaan gudang yang menyajikan layanan ekstra yang dapat menunjang mengembangkan bisnis.

Misalnya perusahaan persewaan gudang yang memberikan layanan sebagai customer service yang akan membantu Anda mengelola persoalan online order toko Anda. Sejak dari pencatatan pesanan, packing atau pengemasan, sampai pengiriman ke alamat pemesan atau pelanggan. Alhasil Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan tambahan guna menulis seluruh pesanan pembeli dan mengurus packing serta pengiriman atau delivery.

Demikianlah 4 tips yang penting Anda pertimbangkan sebelum menetapkan tempat yang tepat untuk sewa gudang. Bila ingin memakai jasa pengiriman barang dan sewa gudang terpercaya Anda dapat menggunakan Shipper. Shipper menjadi solusi cerdas untuk pengiriman barang dan jasa pergudangan yang praktis, aman, dan nyaman guna memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Kenapa sih mesti menggunakan warehouse Shipper? Pasalnya Shipper sudah mempunyai pengalaman dalam hal layanan penyimpanan, pengemasan, sampai pengiriman produk bisnis. Selain itu Warehouse Shipper pun mempunyai lokasi yang strategis dan terletak di pusat-pusat kota yang gampang diakses dari mana saja. 

Saat ini jaringan gudang milik Shipper telah berada di Medan, Batam, Palembang, Legok Karawaci, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Pasuruan, Surabaya, Bali, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, dan Papua.

Keuntungan lainnya, dengan menggunakan jasa sewa gudang Shipper adalah Anda dapat menentukan sendiri paket layanan yang selaras dengan keperluan bisnis Anda. Tunggu apalagi? Penuhilah segala kebutuhan bisnis Anda tanpa mesti ribet dengan menggunakan layanan logistik dan warehouse Shipper.


Share this article / Bagikan Artikel Ini! :