Review Spesifikasi iPhone 12 Pro 2020


iPhone 12 Pro adalah flagship dari Apple yang kehadirannya itu sangat dinantikan banyak orang. Pasalnya iPhone ini mengusung desain yang membuatnya lebih berbeda dari generasi generasi sebelumnya. Lalu yang menjadi pertanyaannya, apa yang membuat flagship terbaru Apple di tahun 2020 kemarin berbeda jika dibandingkan dengan seri iPhone 11 Pro?

Untuk menemukannya, kamu harus simak review spesifikasi iPhone 12 Pro 2020 dibawah ini :

1. Desain

Apple melalui iPhone 12 Pro series sepertinya ingin mengkombinasikan bahasa desain smartphone modern mereka dengan seri lamanya seperti iPhone 4/5. Sehingga hadirlah iPhone 12 Pro dengan sisi ramping yang dibuat flat, tidak lagi rounded atau melingkar. Beberapa orang mengira jika sudutnya yang tajam itu akan menyebabkan rasa tidak nyaman di telapak tangan. 

Tetapi saat digenggam akan terasa nyaman nyaman saja seperti layaknya memegang iPhone 5 (versi besar), meski memang dimensinya tergolong kecil untuk standar smartphone flagship masa kini. Meski layarnya lebih besar, namun iPhone 12 Pro hanya lebih lebar 0,1 mm serta lebih tipis di 7,4 mm, berkat desainnya yang baru dan bezel layarnya yang dibuat lebih ramping. 

2. Layar

Sebenarnya tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada layar iPhone 12 Pro dibandingkan dengan seri Pro generasi sebelumnya. Keduanya sama sama menggunakan layar Super Retina XDR OLED, 1170p dengan kerapatan 460 ppi. Dimensinya 6,1 inci yang menyerupai iPhone 11, namun dengan dimensi fisik yang sama seperti pada iPhone 11 Pro. 

Apple juga memberikan perlindungan ekstra pada kaca depannya dengan lapisan keramik yang lebih tahan gores serta tahan pecah saat terjatuh. Layar yang digunakannya mendukung standar Dolby Vision, HDR 10 dan kecerahan hingga 1200 nits. 

3. Kamera

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dari desain kamera iPhone 12 Pro jika melihatnya dari luar. Tapi jika dilihat secara baik baik, maka akan ditemukannya sensor tambahan yang ada disudut bawah kanan bingkai kamera, yaitu LiDAR Scanner yang memberikan fungsi tambahan. 

Tidak hanya itu, yang baru dari iPhone 12 Pro dalam kemampuannya mengambil foto adalah adanya mode malam yang bisa Anda aktifkan saat menggunakan sensor ultra-wide (dan sensor kamera depan), dan juga mode potret malam hari dengan memanfaatkan LiDAR Scanner.  

4. Fitur

iPhone 12 Pro yang menjalankan iOS 14 ini ingin menawarkan fitur yang kurang lebih sama seperti yang ada pada beberapa generasi sebelumnya, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan. Kini tampilan menunya bisa dikustomisasi dengan widgets, serta panggilan FaceTime Video telah mendukung fitur picture-in-picture (PiP),  sehingga meski Anda mengakses aplikasi lainnya namun masih bisa tetap lanjut menatap lawan bicara. 

Peningkatan yang cukup krusial pada iOS 14 adalah pada fitur keamanan, dimana Anda akhirnya bisa memilih aplikasi peramban (browser) serta email default ke aplikasi selain milik Apple. Ada juga petunjuk berupa titik diatas kanannya yang menandakan jika aplikasi sedang akses kamera atau mikrofon, sehingga Anda sebagai penggunanya akan lebih aware. Selain itu ada fitur baru yang hadir eksklusif di iPhone 12 Pro series yaitu MagSafe.                        

Soal harganya, yang termurah adalah varian memori 128GB seharga Rp. 17 jutaan. Sedangkan untuk dua kapasitas lainnya yaitu 256GB dan 512GB dibandrol dengan selisih harga Rp. 2 hingga Rp. 3 jutaan. Sementara iPhone 11 Pro 64GB dibandrol dengan harga Rp. 15 jutaan.  


Share this article / Bagikan Artikel Ini! :