Berikut Cara Gadai BPKB Mobil Perorangan di Bank


Kredit multiguna merupakan jenis kredit atau pinjaman yang mengharuskan nasabah atau calon debiturnya untuk menyertakan barang jaminan, baik itu dalam bentuk sertifikat properti maupun yang lainnya, bahkan untuk kendaraan juga bisa dijadikan sebagai agunan atau jaminan. Gadai BPKB mobil perorangan (https://produk.bfi.co.id/jaminan-bpkb-mobil)  ini bisa dilakukan di berbagai lembaga pembiayaan, baik itu bank ataupun non bank, jadi tidak perlu khawatir. Namun akan lebih mudah jika seandainya Anda ambil pinjaman berbasis KMG ke bank. 

Mengingat bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya bank ini menawarkan beragam produk keuangan, yaitu KTA dan juga KMG. Produk pinjaman yaitu kredit multiguna yang ada di bank ini sendiri memungkinkan Anda untuk menggunakan BPKB sebagai jaminan untuk digadaikan. Bahkan nilai pinjaman yang berani diberikan juga relatif besar dibandingkan dengan pinjaman KTA atau kredit tanpa agunan. Hanya saja untuk prosedur atau tata caranya lebih rumit kredit multiguna. 

Bagi Anda yang memang ingin mengajukan gadai menggunakan BPKB kendaraan ini, maka berikut diantara caranya, yaitu: 

1. Memilih bank tempat gadai, hal utama yang harus Anda lakukan adalah memilih bank atau lembaga penerbit gadai tersebut. Apalagi ada begitu banyak diantara lembaga-lembaga keuangan yang menerbitkan produk keuangan tersebut. Namun tidak semuanya menjamin keamanan bagi Anda. Pastikan memilih bank yang benar-benar terpercaya dan juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengajukan kredit.

2. Cek syarat dan ketentuan terlebih dahulu, dengan mengecek syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak bank tersebut. Maka nantinya Anda bisa memenuhi atau melengkapi segala macam syarat dan ketentuan yang berlaku tersebut. Masing-masing bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Itulah mengapa hendaknya jangan sampai ada yang terlewatkan atau nantinya pengajuan atau apply Anda akan ditolak oleh pihak bank.

3. Isi formulir, jangan lupa untuk mengambil form dan mengisi semua yang ada di dalam form secara lengkap. Khususnya adalah data diri maka harus diisi dengan sebenar-benarnya. Karena jika seandainya dalam mengisi form ini salah atau tidak sesuai dengan kriteria yang diberikan, apalagi jika seandainya melakukan penyalahgunaan data diri bisa berakibat fatal. Karena nama Anda akan masuk kedalam blacklist atau daftar hitam, jadi jangan sekali-kali melakukan penyalahgunaan data.

4. Bawa semua dokumen yang diminta dan form ke bank, setelah itu maka bisa menyertakan dokumen-dokumen penunjang dan juga diminta oleh pihak bank tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan BPKB kendaraan dan juga kendaraan yang akan digadaikan tersebut, karena akan dilihat dan dilakukan tafsir berapa kisaran atau pasaran harganya terlebih dahulu.

5. Ikuti prosedur yang diberikan, setelah mengajukan ke bank, maka nantinya akan ada serangkaian prosedur yang juga harus diikuti. Diantaranya adalah tahap wawancara dan juga survey, yaitu melakukan penafsiran harga untuk menentukan berapa besarnya nilai limit atau plafon pinjaman tersebut. Karena semakin mahal harga jual kendaraan, maka akan semakin tinggi plafon pinjaman yang diberikan.

Itulah diantaranya prosedur atau cara gadai BPKB mobil perorangan di bank. Pastikan juga untuk menentukan jumlah pinjaman dan juga tenor secara tepat. Semakin panjang tenor yang Anda pilih, tentunya akan mempengaruhi besar kecilnya nilai cicilan bulanan tersebut. Jangan sampai lupa untuk membayar cicilan setiap bulannya. Karena jika tidak maka barang yang diagunkan atau dijadikan sebagai jaminan tersebut nantinya disita oleh pihak bank.


Share this article / Bagikan Artikel Ini! :