Skyworld TMII dan Taman Legenda Keong Mas, Dua Objek Wisata Edukasi dan Budaya Terfavorit di Indonesia


Wisatawan, khususnya yang tinggal di Jakarta tentu sudah tak asing lagi dengan salah satu objek wisata ini. Ya, kawasan wisata TMII yang legendaris ini berada di wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dan terkenal sebagai destinasi wisata edukasi mulai dari era 1990-an. Tempat wisata ini untuk pertama kalinya diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto, istri mantan Presiden Soeharto yang selanjutnya diresmikan pada tanggal 20 April 1975 lalu. Dalam kawasan wisata ini ada beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi dan salah satunya adalah Skyworld TMII.


Among Putro Skyworld TMII


Skyworld TMI merupakan salah satu tempat wisata eks Taman Among Putro yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah yang memiliki lahan seluas 20.000 km2 yang di dalamnya menyediakan banyak sekali tempat atraksi dan edukasi dengan membawa tema antariksa dan aeronautika yang bisa dilihat oleh para wisatawan yang mengunjungi lokasi wisata ini. Di lokasi itu pun, ada berbagai edukasi penjelajahan ruang angkasa yang amat mumpuni.

Saat anda bertandang ke tempat ini terdapat beragam spot wisata yang dapat dinikmati dengan keluarga tercinta diantaranya adalah:

Ruang eksibisi

Di dalam ruang pameran ini tersedia dunia antariksa. Di sini kaum pelancong dapat berfoto selfie dan melihat sejumlah teknologi dan sejarah dari teknologi itu sendiri. Di tempat ini pun ada berbagai replika miniatur, artivisual, dan foto dokumentasi.

Planetarium

Sebuah bangunan berbentuk kubah ini ia akan menyajikan hiburan untuk para pengunjung. Salah satu diantaranya adalah melihat film edukatif berhubungan dengan seluk-beluk dunia antariksa yang tentunya akan meningkatkan nilai edukasi untuk para pengunjung.

5D cinema

Untuk anda yang senang berpetualang di dunia antariksa, maka 5D cinema akan menyuguhkan sebuah teknologi kekinian yang tak apat anda temui di tempat lainnya dan tentunya amat menghibur.

Foto 3D

Anda sekalian dapat mengabadikan banyak sekali foto yang instagramable sekali di objek wisata ini. Kemudian anda pun dapat berfoto selfie di beberapa booth foto 3D yang amat menarik dan dapat menjadi foto kenangan anda bertandang di skyworld TMII.

Untuk waktu kunjungannya taman edukasi ini dibuka sejak pagi hingga sore. Hari Senin hingga Jumat dari mulai pukul 09:00 - 17:00 WIB, Sabtu, Minggu, dan Hari Libur mulai pukul 08:00 -  17:00 WIB dengan harga tiket reguler mulai Rp80.000,-


Taman Legenda Keong Mas


Di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah bukan cuma terdiri dari gedung, museum dan anjungan rumah adat belaka, namun ada pula aneka wahana permainan yang menarik lainnya, terutama yang ada di Taman Legenda Keong Mas.

Taman Legenda Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat rekreasi yang memiliki unsur budaya dan edukasi, menjadikan objek wisata ini sebagai wahana bermain dan belajar.

Taman Legenda Keong Mas TMII adalah hasil pengembangan dari Taman Bunga Keong Mas yang telah didirikan sejak 20 April 1986 lalu dengan penambahan beberapa wahana di dalamnya dan sejak Desember 2015 silam tempat wisata ini mulai dibuka untuk umum. 

Di Taman Mini Indonesia Indah ini dipenuhi dengan berbagai wahana yang banyak disukai masyarakat, salah satu diantaranya ialah Taman Legenda. Di dalam Taman Legenda ini sendiri ada beragam wahana yang bisa dinikmati pengunjung antara lain museum asmat, anak tirta (taman air khusus anak), ular selur, roller coaster, mobil tanjak, kapal bajak laut, nirwata kisar (komidi putar 2 lantai), mata legenda (bianglala) dan petualangan dinosaurus.

Petualangan Dinosaurus adalah wahana yang menjadi favorit pengunjung. Di wahana ini pengunjung dapat melihat beberapa miniatur dinosaurus yang bisa bergerak sehingga menarik perhatian pengunjung, khususnya anak-anak, seperti Tyranosaurus Rex (T-Rex),  Parasaulorophus, Pachycephalosaurus, Dilophosaurus, Carnotaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat mengunjungi Taman Legenda Dinosaurus TMII ini para wisatwan diwajibkan membeli tiket mulai dari harga Rp20.000,00 untuk hari Senin - Jumat (Pkl. 10.00-17.00 WIB) dan Rp30.000,00 untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur (Pkl. 10.00 - 18.00 WIB). Disamping itu, untuk tiket wahana yang lainnya akan dikenakan tarif tiket mulai dari Rp15.000,00.

Kecuali banyaknya wahana yang dapat dikunjungi wisatawan di TMII, di sini pun ada beberapa fasilitas seperti toilet, pendopo melati, bale bengong, tempat gathering, tempat ibadah, dan tempat makan.


Share this article / Bagikan Artikel Ini! :