Kelebihan dan Kekurangan Wire Rope yang Harus Dikenali Sebelum Membelinya

Wire rope atau kawat sling baja adalah kawat baja yang dipilin guna menghasilkan tali berbahan baja supaya bisa dipakai dalam keperluan mengangkat atau menarik sebuah beban yang mempunyai berat atau gaya yang besar.

Saat ini tidak sedikit perusahaan yang jual wire rope karena wire rope telah banyak sekali digunakan oleh beragam macam industri yang ada. Pada saat awal penemuannya memang wire rope itu dirancang untuk mengangkat berbagai barang hasil tambang, tetapi kini telah dimanfaatkan di beragam industri seperti industri manufaktur, kelistrikan, konstruksi, dermaga, industri perkapalan, industri minyak dan gas serta masih banyak lagi.

Manfaat atau Kegunaan Wire Rope
Berikut beberapa fungsi Wire Rope di berbagai bidang industri :
1. Industri Perkapalan
  • sebagai komponen crane supaya bisa beroperasi guna mengangkat beban, seperti kontainer.
  • untuk menambat atau mooring supaya kapal bisa bersandar di pelabuhan atau galangan.
  • untuk menarik (towing) kapal atau kapal tongkang yang sedang mengalami kerusakan, dll.
  • untuk membantu proses pengerukan (dredging).
  • untuk mengikat barang di kapal atau tongkang.
2. Industri Perikanan
Wire rope bisa dipakai untuk menarik jala penangkap ikan atau trawl.

3. Industri Migas (Minyak dan Gas)
Di bagian pengeboran wire rope dipakai pada drilling line untuk menarik dan mengulur bor.

4. Industri Mining (Pertambangan)
  • wire rope dijadikan sebagai shovel.
  • dapat pula dijadikan grab atau clamshell.
5. Industri Konstruksi (Bangunan)
  • sebagai pegangan jembatan.
  • dapat dibuat untuk tower crane.
  • sebagai pengangkat sekaligus penurun elevator.
  • membantu mengangkat alat-alat paku bumi.
6. Industri Telekomunikasi
Di industri telekomunikasi wire rope dimanfaatkan sebagai guy wire untuk menjaga keseimbangan antene atau tower.

7. Industri Kayu (Logging)
Industri kayu banyak memanfaatkan wire rope untuk menarik serta mengikat kayu-kayu.

8. Industri Gondola
Industri pembuatan gondola pun memakai wire rope yang memiliki ukuran besar untuk mendirikan gondola.

Manfaat atau kegunaan dari wire rope yang demikian banyak menjadikannya sebagai salah satu bahan primadona yang banyak diperlukan. Wire rope yang dipasarkan di pasaran mempunyai peranan dan  bawaan yang berlainan sehingga bila keliru dalam memilihnya maka akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

Kelebihan dan Kekurangan Wire Rope 
Sebelum Anda membeli wire rope sebaiknya cobalah untuk terlebih dahulu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Dalam hal ini kelebihan yang dapat menjadi pertimbangannya adalah soal kekuatannya dalam mengangkat beban yang memiliki bobot yang berat.

Anda tidak usah ragu lagi kalau wire rope yang jadi bahan baku dari wire rope seling ini memiliki daya tahan dan kekuatan yang amat baik. Kelebihan yang lainnya yang dimiliki dari wire rope ini adalah ukuran panjangnya dapat diselaraskan berdasarkan keperluan angkat serta tarik itu sendiri. Disamping itu besar ukuran wire rope pun bisa disesuaikan menurut beban yang akan Anda angkat.

Tak cuma kelebihannya yang dimiliki oleh wire rope karena tentunya pula memiliki kelemahan atau kekurangan. Kekurangannya dalam hal ini adalah adanya gemuk. Dengan adanya gemuk ini akan menjadikan barang menjadi lebih cepat kotor sehingga taraf kebersihan mesti Anda  lebih perhatikan dan umumnya lebih cepat berkarat.

Dari uraian diatas, Anda tentunya sudah mengetahui bagaimana wire rope menjadi salah satu alat yang amat dibutuhkan di dunia industri, khususnya dalam hal menarik atau mengangkat barang/benda yang memiliki bobot yang berat.

Apabila saat ini Anda berencana membeli wire rope, Anda bisa mendapatkannya di Megajaya.co.id. Megajaya.co.id adalah distributor wire rope terpercaya yang juga menjadi produsen (principal) dari brand global ternama Toyo dan Powertec.

Mega Jaya (lengkapnya Sumber Mega Jaya) merupakan perusahaan yang telah berjualan lifting & marine equipment mulai dari tahun 1983 lalu. Perusahaan ini berada di kawasan Glodok yang menjadi pusat berbagai alat kebutuhan industri.  Mega Jaya hadir sebagai solusi yang akan menunjang Anda mendapatkan wire rope dengan kualitas terbaik. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :