Tanda-tanda Hamil yang Penting Diketahui Kaum Wanita


Bagi wanita yang tergolomg baru menikah dan belum pernah hamil, tentunya juga masih awam dengan tanda-tanda hamil. Kehamilan merupakan hal yang sering ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Kehamilan tak cuma ditunggu-tunggu oleh kedua pasangan saja, namun pula oleh keluarga besar mereka. 


Bicara soal kehamilan, sudahkah Anda mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan? Agar tidak bingung dan dapat lebih meyiapkan diri, mari disimak terlebih dulu tanda-tandanya berikut ini!

1. Telat Menstruasi
Telat menstruasi adalah tanda awal kehamilan yang paling umum dan jelas. Bila seorang wanita biasa mengalami menstruasi dengan teratur, adanya keterlambatan lebih dari seminggu mesti diteliti, cobalah untuk menjalankan tes uji kehamilan. Tes uji kehamilan ini bisa dilaksanakan dengan alat-alat yang dipasarkan bebas di apotek-apotek maupun supermarket.

Namun untuk wanita yang memang kerap tidak teratur menstruasi, mungkin keterlambatan ini karena stress, pola makan tidak teratur maupun terlampau lelah. Tetapi tak ada salahnya pula untuk teratur melaksanakan tes kehamilan bila telat menstruasi guna menghindari hal-hal yang tak diharapkan.

2. Morning Sickness
Morning Sickness ialah perasaan tak nyaman di pagi hari. Gejala ini dirasakan oleh kebanyakan wanita hamil. Penyebabnya yakni terjadinya perubahan hormon di dalam darah yang menyebakan rasa nyeri pada lapisan perut dan mengakibatkan rasa mual.

Rasa mual ini umumnya berlangsungg pada trimester pertama kehamilan dan akan lenyap seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Walaupun ini disebut morning sickness, pada realitanya mual dan muntah bisa timbul pada siang serta malam hari.

3. Sering Buang Air Kecil
Waktu hamil berlangsung perubahan hormon di dalam darah yang mengakibatkan peredaran darah di dalam tubuh naik. Hal ini membuat ginjal bekerja lebih keras sehingga menghasilkan urine lebih banyak.

Semakin besar sebuah kehamilan akan semakin besar juga ukuran janinnya sehingga menekan beberapa organ yang ada di dalam tubuh wanita atau ibu hamil seperti kandung kemih misalnya. Lantaran kapasitas kandung kemih jadi lebih sempit membuatnya lebih cepat penuh dan menjadikan wanita hamil lebih kerap ingin buang air kecil. Namun, kerap buang air kecil bukanlah suatu hal yang berbahaya. Untuk itu janganlah mengurangi konsumsi air supaya tidak mengalami dehidrasi.

4. Cepat Lelah
Cepat merasa lelah ketika hamil disebabkan oleh bertambahnya kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Hormon progesteron merupakan depresan alami untuk sistem saraf pusat yang membuat wanita hamil cepat merasa ngantuk. Disampingg itu pada trimester pertama ini tubuh akan bertugas jauh lebih kencang memompa hormon dan membuat lebih banyak darah supaya nutrisi janin tercukupi.

5. Rasa Aneh di Mulut
Perubahan hormon ketika hamil pun memengaruhi indera perasa dan penciuman. Terkadang timbul rasa ganjil seperti rasa logam di dalam mulut. Perubahan ini menjadikan wanita hamil tidak menyenangi makanan khusus.

6. Perubahan pada Payudara
Perubahan paling tampak ketika hamil ialah perubahan tubuh. Salah satu dari tanda-tanda awal kehamilan yang paling umum yakni perubahan pada bagian payudara. Kecuali ukurannya yang jadi lebih besar dari sebelumnya, payudara itu pun terasa lebih berat, nyeri, dan sakit, bila dipegang.

Disamping itu, daerah kecokelatan (areola) di seputar puting payudara akan semakin melebar dan menghitam. Perubahan ini terjadi akibat adanya peningkatan pembuatan hormon progesteron dan esterogen serta sebagai persiapan buat memproduksi ASI untuk si Kecil kelak.

Itulah tanda tanda kehamilan yang tidak boleh disangsikan atau diremehkan demikian saja. Namun bila Anda masih ragu dan ingin mengetahui lebih dalam tentang tanda-tanda kehamilan, Anda dapat membaca informasi seputar kehamilan dan berkonsultasi langsung dengan dokter umum maupun dokter spesialis kandungan di Halodoc.

Halodoc adalah platform kesehatan yang memberikan layanan telekonsultasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Melalui aplikasi Halodoc yang dapat Anda unduh di Play Store dan App Store, Anda bisa berkonsultasi dengan para dokter secara online. Anda bisa meminta saran dan petunjuk dari mereka. Lewat aplikasi buatan PT. Media Dokter Investama ini Anda dapat menemukan dokter dan rumah sakit yang Anda butuhkan melalui fitur Cari Dokter dan Cari Rumah Sakit. Tidak rugi jika Anda menginstal aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia ini di ponsel Anda karena banyak sekali manfaatnya.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :