9 Inspirasi Peluang Usaha Online Terbaru Nyaris Tanpa Modal

Mempunyai bisnis atau usaha merupakan dambaan semua orang, tetapi bagaimana bila tidak mempunyai modal untuk memulainya? Tenang saja,  Anda tidak usah cemas lagi sebab ada bisnis yang dapat dijalankan nyaris tanpa memerlukan modal. Peluang usaha online nyaris tanpa modal adalah solusi untuk Anda yang takut rugi, belum memiliki modal atau ingin terlebih dulu mencoba usaha. 

Kehadiran internet saat ini sudah melahirkan beberapa jutawan baru. Mereka yang sebelumnya cuma memakai bisnis konvensional atau bisnis offline, kini telah go online. Bisnis online menawarkan target pasar yang luas yang memungkinkan konsumen atau pembeli datang dari mana saja, baik lokal maupun mancanegara, dan kapan saja.

Peluang bisnis online yang sangat tepat buat para pemula adalah yang dapat dilakukan tanpa modal. Tanpa modal di sini bukan artinya tidak mengeluarkan uang sedikit pun karena sesungguhnya tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal. Namun dengan bisnis online Anda dapat memulai usaha dengan modal yang teramat minim, bahkan nyaris tanpa modal bila Anda dapat mengkombinasikan etos kerja, keterampilan, dan pengetahuan di bidang marketing.

Berikut ide 9 peluang bisnis online nyaris tanpa modal dengan penghasilan ratusan juta. 

1. Selebgram
Sebetulnya menjadi selebgram itu tidak butuh modal banyak, tidak perlu pakaian maupun kamera yang bagus. Untuk menjadi selebgram pun tidak mesti cantik/ganteng, keren dan lain sebagainya. Ada pula yang jenisnya komedi, quotes, atau yang modalnya cuma nekat. Penghasilan bisnis ini dapat diperoleh dari endorse, promote payment, kemitraan berbayar, dll.

2. YouTuber
Zaman sekarang menjadi YouTuber itu tidaklah sulit, Anda tidak perlu studio, kamera DLSR, komputer/laptop karena Anda pun dapat menggunakan smartphone yang telah Anda miliki. Bila Anda telah berhasil mendapatkan 2000 subscriber atau viewers, maka Anda dapat memonetisasi video yang ditayangkan di channel/saluran Anda tersebut sehingga Anda dapat memperoleh pendapatan dari YouTube. Jika Anda ingin menjadi YouTuber, konsistensi adalah satu hal yang mesti dipegang teguh. Sementara itu, untuk inspirasi konten bisa dimulai dari apa yang Anda senangi dan dilakukan sehari-hari, lakukan secara konsisten hingga disetujui untuk mendaftar AdSense Youtube.

3. Reseller atau Dropshipper
Reseller atau dropshipper ialah salah satu usaha online dengan modal nol, cuma menggunakan akun sosial media saja. Misalnya Anda menjual sepatu atau pakaian kepada teman-teman sosmed Anda dengan cara mem-posting barang atau produk yang ingin dijual. Bila ada transaksi pembelian Anda cukup menghubungi pihak supplier/pemilik barang untuk mengirimkan barang yang dipesan pembeli. Anda dapat mengatur sendiri besar keuntungannya dan yang pasti ini minim resiko lantaran Anda tidak butuh stok barang.

4. Penulis Konten
Anda dapat menjual jasa penulis artikel atau copywriting bagi media online yang tengah membutuhkannya jika Anda hobi menulis. Untuk memulainya Anda dapat menggunakan komputer atau laptop yang telah Anda miliki. Anda bisa mendapatkan job nulis dengan mencarinya di website  seperti Vira, SosiaGo, RajaBacklink, Sociabuzz, dll.

5. Blogger atau Vlogger
Mengawali bisnis ini Anda sama sekali tidak memerlukan modal, tetapi memang Anda mesti mempunyai kemampuan dalam membuat konten yang menarik. Penghasilan dapat Anda peroleh dari content placement, PPC Google Adsense, guest posting, space iklan, dll.

6. Affliliate Marketing
Asalkan Anda telah mempunyai trafik pengunjung yang tinggi di internet, baik dari sosial media, blog maupun akun YouTube, Anda bisa menjadikanmya sumber penghasilan jutaan sampai  ratusan juta dengan memasangnya link affiliate. Affiliate produk yang saat ini banyak peminatnya antara lain Bukalapak, JD.id, Lazada, BliBli, dll.

Dalam ranah offline, affiliate ini tak ubahnya makelar barang. Mereka bertugas cuma memberitahu saja bila terjadi transaksi penjualan (sales) dan akan memperoleh komisi menurut kesepakatan sebelumnya. 

7. Translator
Apabila Anda menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Jerman, China, Mandarin, dll,  maka Anda dapat menggunakannya sebagai bisnis jasa translator atau penterjemah. Peluang bisnis online ini masih sangat menjanjikan karena sampai saat ini tidak sedikit perusahaan atau individu yang memerlukan jasa penterjemah bahasa asing. .

8. Jasa Design Grafis
Andai Anda senang iseng-iseng membuat desain-desain yang bagus dan keren dan memiliki skill desain grafis yang mumpuni, cobalah membuat jasa desain grafis secara online dengan memanfaatkan website atau akun sosial media. Lumayan besar lho bayaran untuk jasa desain grafis saat ini.

9. Produk Digital
Produk digital merupakan produk yang dapat dikirim dan disimpan melalui PC/laptop, handphone dan jaringan internet, seperti e-book, file foto (JPG), template (PDF), Slide Power Point, Mobile Apps, Online Course atau file apa saja yang dapat Anda simpan di dalam sebuah PC/laptop maupun smartphone.

Salah satu cara yang terbilang paling praktis dan tidak ribet untuk menghasilkan pendapatan secara online adalah berjualan produk digital marketing. Pasalnya hingga saat ini banyak perusahaan bahkan personal yang ingin menguasai atau memahami masalah dunia marketing. Banyak tool, tutorial, e-book tentang marketing diburu demi keberhasilan bisnisnya.

Bisnis online ini tidak ribet sebab Anda tidak perlu mengemas barang dan mengirimkannya kepada pembeli. Ketika transaksi pembelian terjadi Anda cukup mengirimkan link download kepada pembeli. Cuma bermodal smartphone dan beberapa klik saja Anda dapat menuntaskan transaksi secara sederhana, mudah dan praktis.

Demikianlah 9 inspirasi peluang usaha online nyaris tanpa modal yang menjajikan penghasilan ratusan juta rupiah. Inspirasi manakah yang akan Anda pilih dan jalani?  

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :