Empat Tips Mengelola Bisnis Untuk Para Pemilik Usaha Kecil

Saat ini, sudah ada banyak orang yang menggeluti usaha kecil untuk menambah penghasilan bulanan mereka. Ada banyak ragam usaha kecil yang bisa dipilih, mulai dari bisnis pakaian, makanan hingga bisnis minuman kekinian. Bisnis-bisnis ini bisa dibuka oleh semua orang, namun tidak semua orang bisa mengelola bisnisnya dengan baik.

Salah satu faktor penting untuk mengelola bisnis adalah pengelolaan keuangan yang baik. Sebelum membuat sebuah usaha, kamu harus menentukan di bank mana kamu akan mengelola uang dari usaha tersebut. Ada banyak bank yang tentunya bisa dipilih, salah satunya adalah BRI. Mengapa memilih bank ini? Yang paling utama adalah kamu tidak akan menemukan Penipuan Bank BRI, sehingga bank ini dijamin aman untuk pengelolaan uang kamu. Nah, selain pengelolaan keuangan, apa lagi yang harus dilakukan?

1. Bayar tagihan tepat waktu
Kamu harus melakukan pembayaran kartu kredit, cicilan serta pajak tepat pada waktunya. Jika kamu telat membayarnya, maka kamu sendiri yang akan rugi karena akan terkena sanksi berupa denda. Semakin menumpuk denda yang harus dibayarkan semakin sulit kamu mengatur keuangan usaha.

2. Jangan lupakan dana darurat
Ada banyak hal yang tidak bisa diprediksi di masa depan. Untuk meminimalisir kerugian di masa mendatang akibat keadaan yang tidak menentu, kamu harus memiliki dana darurat. Dana ini akan menjaga bisnis kamu agar tidak kolaps dengan cepat ketika usaha kamu tidak berjalan dengan baik atau ketika ada situasi yang buruk. Dana darurat ini juga bisa mengurangi beban usaha Anda saat menngalami kerugian.

3. Selalu awasi arus kas
Meski sulit dilakukan, arus kas harus diawasi secara berkala. Jika mengatur arus kas terlalu sulit untuk kamu, kamubisa loh menggunakan jasa administrator untuk mengontrol arus kas tersebut. Seorang administrator akan menetapkan prosedur keuangan yang baik untuk usaha kamu. Di masa sekarang, bahkan kamu bisa menggunakan software akuntansi online untuk mengontrol aliran kas tersebut.

4. Pisahkan rekening pribadi dan rekening usaha
Meski sangat dasar, banyak juga loh yang melupakan hal satu ini. Padahal, dengan memisahkan dua rekening ini, kamu bisa mengatur keuangan usaha dengan lebih mudah. Kamu juga bisa melihat pertumbuhan usaha kamu dengan jelas.

Meski terkesan mudah dan bisa dilakukan banyak orang, nyata usaha sekecil apapun butuh pengelolaan yang baik. Jadi, usahakan untuk melakukan beberapa hal di atas agar usaha kamu bisa berkembang dengan baik. Buat kamu yang baru memulai usaha, jangan lupa untuk mempertimbangkan empat hal di atas, ya. 

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :