6 Tips Adobe After Effect untuk Bekerja Lebih Efisien

Jika Anda seorang pengguna awal Adobe After Effects, maka mengerti tentang tips untuk mempercepat proses kerja pastinya sangat bermanfaat.

Berikut 6 cara untuk menghemat waktu dan membuat bekerja lebih efisien.

1. Tingkatkan Kualitas Preview
Jika persentase pembesaran gambar pada komposisi tidak berada dalam angka yang genap (misalnya 66,7%), maka Anda akan mendapatkan sudut-sudut yang kasar pada preview. Daripada memakan waktu dengan mengubah tingkat persentase pembesaran tiap kali Anda mengalaminya, ubah saja pengaturannya. Anda dapat meningkatkan kualitas preview dengan memilih opsi "More Accurate" pada bagian Zoom Ouality pada menu Viewer Quality. 
2. Mengubah Lokasi □isk Cache
Untuk meningkatkan performa pada After Effects, Anda disarankan untuk memindahkan disk cache dari drive yang berisi sistem (C:). Pada Preference, akses Media & Disk Cache>Disk Cache. Lalu ubah ke drive lain yang menyediakan kapasitas penyimpanan lebih lega. Jika Anda memiliki sebuah SSD akan lebih baik lagi. 

3. Ubah Mask Agar Memiliki Warna Berbeda
Secara default pada After Effects, semua mask memiliki warna yang seragam. Tentunya hal ini akan membingungkan Anda saat memiliki banyak komposisi. Solusinya atur agar tiap mask yang berbeda memiliki warna yang berbeda juga. Pada Preferences>Appearance, centang opsi Cycle Mask Colors. 

4.  Atur Durasi Auto Save
Tak seperti Adobe Premiere Pro, fungsi Auto-Save tidak aktif secara default pada After Effects. Pada Preferences>Auto-Save, centang opsi Auto-matically Save Projects. Ubah juga durasi fitur ini berjalan, bisa 5 menit sekali, atau bahkan 10 menit sekali. 

3. Tambahkan Sebuah Clip ke Composition
Salah satu proses yang biasa dilakukan pada After Effects adalah menambahkah sebuah footage atau menukar foootage dalam sebuah composition. Terdapat 2 shortcut untuk membuatnya cepat dan mudah. Daripada men-drag footage dari project ke composition, gunakan shortcut CTRL+/. Untuk menggantikan sebuah layer pada composition dengan footage yang berbeda, pilih layer pada composition, kemudian pilih layer pada project, dan tekan CTRL+ALT+/. (Gb 5)

5. Interpret Footage
Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa fungsi dengan file media. Pilih bagian dari footage pada panel Project lalu klik ikon di sudut kiri bawah dengan bentuk seperti 2 buah kaset. Pada jendela Interpret Footage, Anda dapat mengubah frame rate dari clip, yang dimana sangat bermanfaat untuk footage yang akan ditampilkan dalam slow mo-tion. Jika Anda memiliki sebuah klik dengan framerate 60 fps yang ingin diputar dalam 24 fps, klik opsi "Conform to frame rate" lalu ubah frame rate ke 24 fps. Ingin mengulang (loop) sebuah clip? Inputkan berapa kali perulangan pada boks Loop.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :