Kuliner Khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta memang terkenal sekali akan berbagai macam sajian kuliner yang di milikinya, banyak sekali kuliner dan masakan khas dari kota istimewa tersebut, dan kali ini saya akan memberikan sedikit contoh makanan khas dari yogyakarta beserta dengan penjelasan nya, oke langsung saja kita ke resep buka puasa anak kos khas jogja yang pertama.

1.GUDEG
Makanan khas dari jogja yang pertama adalah gudeg, bagi semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas joga yang satu ini, makanan yang terbuat dari buah nangka ini memiliki citarasa yang begitu lezat saat memakanya, ada tiga jenis gudeg yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg manggar, dari semua jenis gudeg tersebut semuanya memakai bahan bahan yang sama tetapi memiliki citarasa yang berbeda.

2.ANGKRINGAN JOGJA
Makanan khas dari kota jogja selanjutnya adalah angkringan jogja, makanan yang satu ini sangat populer di berbagai macam daerah di indonesia, yaitu dengan salah satu menu andalanya adalah nasi kucing, yaitu nasi polos yang berisi oseng tempe, oseng teri dan sambel pedas, membuat nasi kucing sebagai makanan primadona bagi masyarakat jogja, citarasa yang tersaji pun begitu lezat dengan dominan rasa pedas dan gurih yang pastinya rasa tersebut akan membuat lidah bergoyang saat sedang menyantapnya.

3.OSENG MERCON
Oseng mercon yang terdiri dari bahan tetelan sapi dan akan dimasak dengan bumbu bumbu khas seperti cabai rawit, cabe merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, gula merah dan bahan bahan lainya. Untuk kalian yang suka dengan makanan yang dominan dengan citarasa pedas, oseng mercon sangatlah tepat untuk anda nikmati, karna memang citarasa dari oseng mercon sendiri sangatlah pedas dan dengan perpaduan rasa gurih yang akan membuat lidah bergoyang saat sedang memakanya.

4.SATE KLATHAK
Makanan khas jogja selanjutnya adalah sate klathak, terbuat dari bahan utama yaitu daging kambing, sate klathak tidak lah berbeda dengan sate pada umumnya hanya saja yang membuatnya berbeda adalah penusuk yang di gunakan di sate klathak adalah jeruji dari sepeda. Bahan yang di gunakan pun bisa di bilang sangat simpel yaitu dengan menggunakan garam saja dan cara mengolahnya dengan membakar sate kambing yang sudah di lumuri oleh garam.

5.LOTEK
Makanan khas jogja yang kelima adalah lotek, jika anda tahu pecel nah makanan khas jogja yang satu ini sangat mirip dengan pecel, dan bahan yang digunakan untuk membuatnya pun sama yaitu dengan menggunakan sayuran rebus dan dilumuri dengan sambel kacang, yang membuatnya berbeda dengan pecel adalah, dengan adanya tambahan makanan lain seperti tempe, tahu dan juga bakwan.

6.BAKPIA
Nah kalau dengan makanan khas jogja yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bukan?, yaaa bakpia atau biasa disebut dengan nama pia, bakpia adalah jenis kue yang terbuat dari tepung, gula dan isian rasa untuk bakpia. Ada banyak varian rasa dari bakpia seperti, rasa kacang ijo, coklat, durian, nanas dan lain lain, citarasa bakpia sendiri lebih dominan dengan rasa manis serta gurih, dan sangat cocok dinikmati saat sedang waktu santai atau bisa juga sebagai teman teh atau kopi.

Nah itu tadi lah sedikit contoh makanan dan masakan khas dari kota yogyakarta yang memilki citarasa lezat dan pastinya sangat mengugah selera, sebenarnya masih banyak sekali makanan khas jogja lainya yang tidak kalah lezat dengan makanan lainya yang ada di indonesia.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :