Asal Usul Danau Toba Menurut Ilmu Geologi

WartaIptek.com - Alkisah, ada ikan besar yang dipancing seorang lelaki di sungai yang menjelma menjadi perempuan cantik. Keduanya lalu menikah dengan perjanjian asal-usul sang perempuan tidak akan dibicarakan lagi. Keduanya pun memiliki anak lelaki yang karena dimanja ibunya menjadi memiliki karakter yang pemalas.

Singkat cerita, sang anak disuruh ibunya memberikan bekal nasi ke ayahnya di ladang. Tapi di perjalanan, bekal itu dimakan oleh sang anak sampai tak tersisa sedikit pun. Sang ayah marah. Ia pun menyatakan bahwa perilaku anak itu akibat dia keturunan seekor ikan.


Sang anak pun mengadu kepada ibunya. Sang ibu pun marah mendengarnya. Ia lalu menyuruh anaknya menaiki sebuah pohon, sedangkan ia kembali ke sungai dan berubah lagi menjadi ikan. Hujan lebat pun turun sampai semua dataran tergenang dan menenggelamkan sang ayah. Hujan itu membentuk danau yang sangat luas, sedangkan sang anak menjelma menjadi sebuah pulau persis di tengah danau.

Ingat dongeng tadi? Ada yang bisa menebak, itu adalah dongeng yang menceritakan asal-usul apa? Ya, betul sekali! Itu adalah legenda asal-usul Danau Toba yang lokasinya berada di Provinsi Sumatra Utara.

Secara keilmuan geologi, ceritanya berbeda lagi, lho! Kalau dibaca di berbagai situs ilmiah, salah satunya volcano.oregonstate.edu, Danau Toba itu ternyata bisa terbentuk karena empat kali erupsi besar. Banyak juga, ya?

Erupsi atau letusan besar pertama terjadi 1,2 juta tahun yang lalu. Sebelumnya, bentuk tanah di sana tuh menonjol karena ada magma yang banyak di bawah permukaan bumi. Erupsi gunung api superbesar itu membuat bentuk kawah.

Nah, terjadi lagi ledakan pada 800.000 tahun yang lalu. Kemudian, ketiga pada 500.000 tahun yang akibatnya, dasar kawah semakin dalam. Pada erupsi keempat pada 74.000. tahun yang lalu, kawah semakin luas dan dasarnya pun semakin tertekan ke dalam. Nah, kawah besar itu pun akhirnya terisi penuh dengan air hujan dan berbagai sumber mata air.

Lalu, kalau Pulau Samosir bagaimana bisa terbentuk, ya? Itu ternyata jadi rasa penasaran para ilmuwan lho. Beberapa penelitian menyebutkan, setelah letusan terjadi, sesuatu terjadi di bawah, tempat asal mula magma.

Nah, para peneliti mengatakan, ada tekanan dari bawah yang membuat dasar kawah menonjol ke atas membentuk sebuah pulau. Istilah ilmiahnya sih disebut resurgence yang masih juga menjadi pembahasan di antara para peneliti.

Anda ada yang bercita-cita menjadi peneliti geologi? Nanti bisa mendalami lagi ya fakta dan data tentang Danau Toba yang memang memiliki pemandangan indah sekali.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :