Mengenal Uniknya Pembagian Tugas dalam Keluarga Meerkat

WartaIptek.com - Meerkat adalah hewan yang cerewet tapi sangat setia terhadap teman-temannya. Meerkat punya nama sains, Suricata suricatta. Tubuhnya mungil, hanya sepanjang 29 cm ditambah panjang ekor 19 cm. Beratnya tak lebih dari 1 kg. Mamalia sejenis musang ini larinya sanggat cepat, bisa mencapai 32 kilometer per jamnya.

Dalam bahasa Indonesia, meerkat disebut juga garangan. Meerkat termasuk hewan omnivora yang artinya memakan tumbuhan dan hewan. Tentunya yang dimakan adalah daging hewan-hewan yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya seperti kumbang, ulat, laba-laba, atau kalajengking. Meerkat juga makan tumbuhan nih, misalnya buah-buahan dan rerumputan.


Hewan berkaki empat ini asli dari Botswana, Afrika. Itu karena habitat mereka adalah gurun pasir yang banyak terdapat di Botswana.

Dikutip dari laman Natgeokids, meerkat juga hewan yang senang berkelompok, dalam bahasa Inggris kelompok meerkat disebut mobs, gang, atau dan. Kelompok mereka bisa mencapai 50 ekor, lho.

Setiap anggota kelompok punya peran masing-masing. Ada yang bertugas mengumpulkan makanan, menjaga makanan dari predator, atau menjaga bayi-bayi mereka.

Rupa hewan meerkat ini benar-benar menggemaskan. Mukanya kecil, tetapi matanya besar. Raut wajahnya kerap tampak ramah dengan gigi-gigi besar dan panjang. Mereka juga punya rambut tubuh yang berantakan dan berwarna kecokelatan.

Tempat tinggal meerkat adalah di bawah tanah. Tujuannya agar terhindar dari predator seperti burung elang dan serigala. Bunker mereka biasanya sepanjang 5 meter yang terdiri atas area masuk, lorong, dan ruang-ruang kamar. Satu kelompok meerkat bisa memakai lima bunker sekaligus.

Meerkat juga termasuk hewan diurnal alias hewan yang beraktivitas lebih banyak pada siang hari. Setiap pagi, meerkat yang bertugas pencari makanan keluar sarang dan mengumpulkan makanan. Mereka menggunakan indera penciumannya untuk mengendus sumber makanan.

Tugas paling sulit adalah para penjaga bayi meerkat. Itu karena sepanjang hari mereka tidak boleh menjauh sedikit pun dari bayi-bayi karena takut dimangsa predator. Kasihan ya. Tetapi tenang saja, tugas ini dilakukan bergantian kok.

Kelompok meerkat juga punya petugas penjaga keamanan sarang! Satu atau lebih meerkat akan mencari area yang lebih tinggi di sekitar sarangnya, ia pun akan berdiri dengan kedua kaki belakangnya. Tugasnya adalah memindai situasi langit, berjaga-jaga jika ada elang mendekat. Atau mengendus kehadiran serigala dengan baunya. Jika bahaya mendekat, meerkat akan memekik keras sebagai tanda bahaya dan peringatan agar kelompoknya bersiap-siap atau pergi.

Jika harus berhadapan dengan predator, meerkat akan membuat wajahnya terlihat menakutkan. Berdiri dengan dua kaki, lalu menunjukkan gigi dan cakarnya.

Jika satu kelompoknya sama-sama terancam, mereka akan berdiri bersamaan dengan dua kaki belakang, menegakkan punggungnya, mengangkat kedua kaki depannya, lalu saling berdesis untuk mengusir musuh. Tujuannya, agar predator mengira kumpulan meerkat itu seekor hewan utuh berukuran besar dan bersuara nyaring.

Hingga saat ini, meerkat tidak termasuk hewan yang terancam punah. Namun, mereka hidup dengan situasi sulit di gurun Afrika. Selain terancam oleh predator dan kelompok lain yang jadi rival, mereka juga terancam oleh kekeringan di Afrika atau sarang yang kebanjiran jika musim hujan tiba. [Eva Fahas/PRM/23022020]

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :