San Diego Hills Tawarkan Solusi Jitu Untuk Penuhi Kebutuhan Tempat Pemakaman


Sebagian besar orang mendengar San Diego Hills pastinya akan langsung menduga bila itu adalah sebuah nama tempat di luar negeri. Padahal ini merupakan nama sebuah kompleks pemakaman di Indonesia. San Diego Hills bukanlah sembarang pemakaman karena ia adalah area pemakaman eksklusif yang menjadi favorit hunian masa depan orang-orang berada.

Saat pemakaman lain biasanya cuma dipadati oleh barisan kuburan yang terlihat penuh sesak selepas mata memandang dan suasana angker serta menyeramkan yang timbul saat malam tiba, San Diego Hills justru sebaliknya. Pemakaman luas ini didominasi hamparan pemandangan hijau yang lebih menyerupai lapangan golf daripada sebuah lokasi peristirahatan abadi manusia.

San Diego Hills Karawang merupakan suatu pemakaman super mewah yang ada di daerah Karawang, Jawa Barat. Tidak seperti kuburan pada umumnya, kawasan ini malah dipenuhi oleh rumput-rumputan yang rapi, taman nan asri, pohon-pohon yang rimbun sejuk, sampai air mancur yang indah komplit dengan beberapa patung yang memiliki nilai seni tinggi. Hidangan panorama ini barangkali bisa agak mengurangi suasana duka banyak orang yang ditinggalkan.

Berapa sih besaran tarif di lahan kuburan ini? Harganya ternyata tergantung dari tipe lahan dan fasilitas yang ditawarkan. Anggaran yang harus Anda sediakan untuk memesan lahan di pemakaman super mewah ini adalah sebagai berikut.

Lahan Makam Tipe Single Burial
Harga mulai Rp39 jutaan
Lahan tipe ini tak mempunyai pembatas apa saja antara unit makam yang satu dengan unit makam lainnya. Lahan tipe ini berupa lahan makam biasa saja atau standar sehingga bisa dibilang tipe ekonomis. Ukurannya pun kecil karena hanya untuk memuat 1 jenazah saja dengan lebar 1,1 meter dan panjang 2,6 meter.

Lahan Makam Tipe Semi Private
Harga mulai Rp360 jutaan
Lahan makam ini dibangun di bawah tanah untuk dua orang secara berdampingan. Pada samping kiri kanan dan bagian kepala makam terdapat pembatas, baik dari tanaman ataupun tembok.

Lahan Makam Tipe Bongpay
Harga mulai Rp360 jutaan
Lahan makam ini diperuntukkan buat dua orang saja. Pembatasnya berbentuk tembok keliling. Batu nisannya diletakkan rata dengan tanah atau miring 45 derajat maupun tegak lurus. Tipe ini memiliki lahan seluas 26 - 39 m2. 

Lahan Tipe Private
Harga Mulai Rp600 jutaan
Lahan makam ini dibangun di bawah tanah untuk empat orang atau lebih. Pembatasnya berbentuk tembok yang dilengkapi bangku dan pot bunga. Lahan tipe ini terdiri dari private estate tembok (pembatas tembok), private estate shrub (pembatas tanaman), dan private ornamen patung  ( tidak ada di area Muslim)

Lahan Makam Tipe Paviliun
Harga mulai Rp1,3 Milyar
Lahan makam tipe paviliun memiliki kapasitas untuk berdua berdampingan, termasuk bangunan paviliunnya dengan luas lahan sekitar 49 m2.

Lahan Makam Tipe Peak Estate
Harga mulai Rp2,8 Milyar
Untuk Anda yang tidak cocok dengan desain bangunan yang telah tersedia, pihak pembeli dapat meminta membangun sesuai keinginan pembeli dengan desain yang telah disetujui terlebih dulu oleh pihak pengelola, yakni PT. Sandiegohills memorial park. Lahan ini adalah lahan kosong yang siap bangun. Makamnya dibangun di bawah tanah dalam sebuah kawasan khusus dengan luas bervariasi. 

Lahan pemakaman ini terdiri dari dua jenis yakni peak estate dan peak of the peak. Peak estate umumnya lahannya berukuran cukup kecil 30 - 60 m2 dan dilarang membangun gazebo atau bangunan tinggi lainnya. Tipe peak of the peak umumnya lahannya berukuran cukup besar kirakira 200 m2. Berada di puncak bukit dan pihak pembeli diperbolehkan mendirikan gazebo atau bangunan tinggi lainnya.

Apabila dibandingkan dengan area TPU (Tempat Pemakaman Umum) memakamkan kerabat atau keluarga di Sandiego Hills tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Antara lain si empunya makam tidak perlu sempit-sempitan lagi atau terkena gusur jika suatu saat lahan itu akan dijadikan jalan atau didirikan suatu bangunan di atasnya. Selain itu para kerabat yang berziarah pun lebih nyaman dan tidak perlu membayar biaya perawatan setiap bulan.

Share this article / Bagikan Artikel Ini! :